Sedang terburu-buru di tengah perjalanan tapi diminta untuk transfer uang ke orang tua? Nggak sempat mampir ke ATM dan takut lupa untuk mengirim uang tersebut? Kamu nggak perlu khawatir, saat ini sudah banyak layanan canggih yang disediakan oleh bank yang bertujuan untuk memudahkan hidup kamu. Salah satunya fasilitas mobile banking dari BCA. Nah, bagaimana sih dengan menggunakan mobile banking BCA? Ini yang perlu kamu ketahui:

BCA Mobile? Apa Itu?

Cara Transfer Uang

BCA Mobile adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh pihak bank BCA bagi para nasabahnya untuk mengirim uang, baik ke sesama bank maupun transfer antar bank. Untuk menggunakan fasilitas ini, kamu nggak perlu datang ke bank atau ke ATM, cukup dari smartphone kamu saja.

Cara Mengaktifkan

Pertama-tama, tentu saja kamu harus mengunduh aplikasi mobile banking BCA ke dalam smartphone kamu. Setelah itu, kamu harus mengaktifkan layanan mobile banking BCA dengan cara melakukan registrasi di bank BCA terdekat. Syarat yang dibutuhkan pun mudah, kamu cukup membawa KTP, buku tabungan serta smartphone yang dimiliki.

Setelah mengambil nomor antrian dan bertatap muka dengan customer service, petugas tersebut akan melakukan registrasi serta mengaktifkan layanan mobile banking BCA. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk membuat kode akses aplikasi. Ketika semuanya sudah selesai, petugas akan menginformasikan kembali ke kamu.

Cara Mendaftarkan Nomor Rekening Tujuan Transfer

Transfer Antar Bank Pakai BCA Mobile
Masukkan nomor rekening di sini

Untuk mulai melakukan transfer uang, kamu perlu mendaftarkan nomor rekening yang menjadi tujuan transfer. Begini caranya:

  1. Masuk ke aplikasi BCA Mobile, kemudian masukkan 6 digit kata sandi untuk masuk ke menu layanan Mobile Banking BCA, pastikan kata sandi yang dimasukkan tidak salah sebanyak 3 kali karena akan membuat layanan mobile banking terblokir secara otomatis. Kemudian masuk ke menu transfer dan pilih menu “Daftar Transfer”.
  2. Terdapat dua pilihan daftar transfer yakni  “Antar Rekening” dan “Antar Bank”. Untuk yang hendak mendaftarkan rekening penerima dana sesama pengguna BCA, bisa mendaftarkan 3 rekening sekaligus, sedangkan untuk pendaftaran penerima dana antar bank, Anda hanya bisa mendaftarkan 1 nomor rekening.
  3. Misal Anda memilih transfer antar rekening, kemudian masukkan nomor rekening penerima, dan klik tombol “Send” untuk mendaftarkan nomor rekening penerima. Secara otomatis handphone Anda akan mengirimkan SMS ke pihak BCA untuk mendaftarkan nomor rekening tersebut. Setiap transaksi SMS pendaftaran penerima dana transfer akan memotong pulsa sebesar Rp1. 500.
  4. Selanjutnya konfirmasi nama penerima dana transfer sesuai dengan data penerima transfer yang akan muncul setelah SMS berhasil terkirim.
  5. Yang perlu diperhatikan, pastikan lampu indikator yang ada di bagian pojok kanan atas berwarna hijau. Hal tersebut menandakan bahwa sinyal dalam keadaan stabil.
  6. Setelah pendaftaran nomor rekening selesai, nomor rekening akan masuk dalam daftar transfer Anda. Pastikan pula data penerima transfer tidak salah agar transaksi aman. Pendaftaran nomor rekening penerima transfer hanya berlaku sekali, selanjutnya nomor rekening tersebut akan tersimpan dan cukup mengakses daftar penerima transfer di menu transfer.

Cara

Untuk yang ingin melakukan transfer antar bank, kamu tinggal masuk ke menu m-Transfer kemudian pilih Antar Bank. Selanjutnya, pilih bank yang pernah didaftarkan sebagai penerima dana transfer lalu pilih nomor rekening yang hendak ditransfer uang.

Kemudian masukkan jumlah dana yang hendak ditransfer. Jika semua informasi telah benar, klik tombol “Send”. Aplikasi m-BCA pun akan mengkonfirmasi kembali mulai dari nama bank penerima, nama penerima dan jumlah dana yang akan ditransfer. Jika sudah sesuai, konfirmasi transaksi dengan menekan tombol “Ok”. Transaksi transfer pun akan segera di proses saat lampu indikator menunjukkan warna hijau. Apabila transaksi transfer berhasil, aplikasi m-BCA akan menunjukkan bukti transfer. Tak perlu kawatir, Anda pun akan mendapatkan bukti transfer di dalam menu inbox m-Transfer.

Transfer Antar Bank Lewat OY!
Bisa juga menggunakan OY!

Untuk transfer uang ke sesama pengguna BCA pun caranya tidak berbeda jauh dengan cara di atas. Nah, tentu saja ada banyak cara mudah lainnya untuk kamu yang ingin bertransaksi dengan menggunakan smartphone kamu. Contohnya adalah aplikasi karya anak bangsa yang memungkinkan kamu untuk bertransaksi gratis tanpa perlu takut kena biaya tambahan walaupun berbeda bank. Enak banget kan? Uangnya bisa ditabung tuh!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android