Sebelum melakukan melalui ATM, pasti kita akan diminta untuk memasukkan kode bank. Nah, sayangnya kode setiap bank berbeda-beda. yang berbeda-beda ini sedikit menyusahkan kita saat ingin transfer antar bank melalui ATM. Meski di ATM telah disediakan menu pencarian di Indonesia, tapi tetap saja itu memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika antrian ATM itu panjang. Wah bisa-bisa kita diprotes orang yang sedang mengantri di belakang kita, hehehe. Biar nggak bingung dan repot-repot buka menu daftar bank lewat ATM, mending cek berikut ini untuk transfer antar bank:

DAFTAR KODE BANK UMUM DI INDONESIA

NAMA BANKKODE BANK
BANK BCA014
BANK MANDIRI008
BANK BNI009
BANK BNI SYARIAH427
BANK BRI002
BANK SYARIAH MANDIRI451
BANK CIMB NIAGA022
BANK CIMB NIAGA SYARIAH022
BANK MUAMALAT147
BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN)213
JENIUS213
BANK BRI SYARIAH422
BANK TABUNGAN NEGARA (BTN)200
PERMATA BANK013
BANK DANAMON011
BANK BII MAYBANK016
BANK MEGA426
BANK SINARMAS153
BANK COMMONWEALTH950
BANK OCBC NISP028
BANK BUKOPIN441
BANK BCA SYARIAH536
BANK LIPPO026
CITIBANK031
INDOSAT DOMPETKU789
TELKOMSEL TCASH911
Transfer Antar Bank
Transfer Antar Bank Bisa Via ATM Terdekat

Cara Transfer Antar Bank via ATM

Setelah mengetahui kode bank di seluruh Indonesia, sekarang kamu tinggal transaksi antar bank melalui ATM. Buat kamu yang masih bingung gimana caranya transaksi antar bank lewat ATM, simak penjelasan berikut ini:

  1. Datang ke ATM sesuai rekening bank yang kamu miliki.
  2. Masukkan kartu ATM dan PIN ATM. Biasanya pin berjumlah 6 digit. Pin ini kamu dapatkan saat pertama kali membuka rekening bank di cabang setempat. Ingat saat di ATM, pastikan kamu tidak meminta bantuan atau menerima bantuan dari orang asing. Jika ada kendala segera hubungi cabang bank atau meminta bantuan aparat setempat.
  3. Setelah bisa masuk ke menu utama, pilih transfer.
  4. Tentukan nominal yang kamu inginkan.
  5. Masukkan nomor rekening. Jika penerima memiliki rekening yang sama denganmu, kamu tidak perlu memasukkan kode bank. Namun jika penerima memiliki rekening bank yang berbeda, masukan kode bank lalu diikuti nomor rekening.
  6. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman konfirmasi, tekan “Yes/Ya” untuk mengkonfirmasi dan melanjutkan transaksi kamu.
  7. Ketika transaksimu berhasil, kamu akan menerima struk yang keluar dari mesin ATM.

Tapi ada satu hal yang perlu diingat, jika transaksi antar bank melalui biaya kamu pasti akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp6.500. Biaya ini merupakan biaya admin bank. Jadi pastikan saldo kamu tetap cukup meski telah dipotong oleh biaya admin. Pasti sebel kan kalau transaksi antar bank gagal hanya dikarenakan biaya Rp6.500? Hehehe…

Transfer antar bank gratis
Transfer Antar Bank Bisa Gratis. Kok Bisa Ya?

Nah, biar kejadian saldo kurang gara-gara terpotong biaya admin Rp6.500 tidak terulang lagi, mending kamu coba transaksi antar bank menggunakan aplikasi transfer antar bank gratis. Dengan aplikasi ini kamu tidak perlu repot-repot pergi ke ATM, antri dan masukkin kode bank loh! Dan menariknya, kamu bisa transfer antar bank kapan pun, di mana pun, dan jam berapapun! Bisa dibilang 24/ 7 deh. Mantap kan?

Tapi menemukan aplikasi transaksi antar bank gratis yang nyaman, aman dan sesuai dengan kebutuhan saat ini emang tidak mudah! Saking banyaknya aplikasi transaksi antar bank gratis kamu pasti bingung memilihnya. Daripada bingung-bingung, mending cobain rekomendasi aplikasi transaksi antar bank gratis buatan anak bangsa satu ini!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android