Ahoy! Kamu merasa hidup kamu begitu-begitu saja? Nggak ada perubahan dari sisi finansial dan terjebak di lingkaran setan hidup hanya dari gaji ke gaji? Ingin punya masa depan yang lebih cerah dan aman secara finansial? Ini saatnya kamu mulai menyisihkan uang! Memang terdengar klise sih, tapi coba deh ikutin di bawah ini. Nggak susah kok!

Tambah Pemasukan Kamu

Kalau kamu merasa gaji yang kamu terima sekarang masih kurang mencukupi, mungkin ini saat yang tepat untuk menambah pemasukan kamu. Ada banyak cara yang bisa kamu coba, misalnya negosiasi ulang kontrak kerja kamu agar bisa mendapatkan benefit yang lebih mantap. Tapi kerjaan kamu harus oke dulu loh!

Simpan Uang Kamu
Jangan boros, ingat untuk menabung biar punya dana darurat!

Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan skill yang kamu miliki dan ambil pekerjaan freelance. Hasil yang kamu terima dari pekerjaan sampingan ada baiknya langsung ditransfer ke rekening tersendiri yang fungsinya memang khusus untuk menabung.

Kamu juga nggak perlu bingung mencari pekerjaan freelance di mana karena sekarang sudah banyak website yang memang mengakomodir para freelancer, sebut saja Projects.co.id atau fastwork.id. Di sini, kamu bisa mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan keahlian serta ketersediaan waktu kamu.

Kurangi Pengeluaran

Sudah pasti dong, walaupun kamu sudah memiliki tambahan pemasukan bukan berarti bisa terus atau malah tambah foya-foya. Itu sama saja bohong jadinya.

Hitung apa saja pengeluaran bulanan kamu dan cari mana yang kira-kira bisa kamu kurangi. Misalnya jika selama ini kamu selalu makan di restoran, coba mulai memasak sendiri dan membawa bekal. Selain bisa menambah keahlian baru yaitu memasak, keahlian seperti ini juga punya keuntungan lainnya loh! Kamu bisa ngedate romantis hemat biaya!

Cara lainnya bisa juga dengan memanfaatkan berbagai macam promo yang ditawarkan oleh berbagai jenis penyedia jasa. Misalnya, cari transportasi online yang sedang menawarkan potongan harga ketika kamu hendak bepergian. Atau cari aplikasi transfer uang yang menggratiskan biaya administrasi walaupun transaksinya berbeda bank.

Transfer gratis lewat OY!
Pakai aplikasi yang bisa membuat kamu berhemat!

Gunakan Rumus 50/30/20

Apa sih, rumus 50/30/20 itu? Rumus ini adalah strategi mengatur penghasilan yang kamu terima setiap bulannya! Ini penting banget biar pengeluaran kamu tetap selalu terkontrol.

Jadi, yang pertama harus dilakukan adalah membagi pengeluaran kamu menjadi 3 bagian; kebutuhan hidup, tabungan/investasi dan gaya hidup. Kalau sudah terbagi seperti ini, kedepannya akan jadi lebih gampang loh.

Nah, setelah mendapatkan penghasilan di awal bulan, langsung transfer uang tersebut ke tiga tempat atau rekening yang berbeda. 50 persen dialokasikan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, 30 persen untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup kamu dan sisanya digunakan untuk tabungan/investasi.

Mulai Berinvestasi

Kalau kamu sudah bisa menabung secara rutin, ini berarti sudah waktunya naik level dan mulai berinvestasi.

Soalnya nih ya, kalau cuma mengandalkan tabungan saja sebetulnya kurang efektif. Ingat, setiap tahun pasti terjadi inflasi. Jadi uang tabungan kamu sebetulnya malah bisa berkurang.

Investasikan uang kamu
Jangan lupa untuk investasikan sebagian uang kamu

Uang tabungan kamu bagus kalau misalnya ada keperluan mendadak yang harus dikeluarkan. Ini lah fungsi utama dari menabung. Kalau kamu ingin kaya, ya saatnya berinvestasi. Biar nggak bingung, ada baiknya kamu menghubungi investment consultant. Atau bisa juga dengan menggunakan jasa startup yang menawarkan produk investasi seperti Koinworks.

Untuk membantu kamu menghemat pengeluaran, coba deh aplikasi yang bisa bikin semua transaksi kamu bebas biaya ini. Nggak cuma itu, kamu juga bisa topup GOPAY, DANA hingga bayar tagihan loh! Semakin kamu rajin mengikuti tips menabung di atas, semakin besar dan cepat kesempatan kamu untuk bebas secara finansial. Tunggu apa lagi!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android