Untuk kamu yang sering berkirim uang, bete nggak sih harus selalu kena biaya tambahan sekitar Rp6.500 setiap kali kamu melakukan transfer antar bank? Untungnya, sekarang sudah banyak yang menawarkan jasa transfer uang gratis antar bank. Tapi, apa aja sih yang perlu diketahui tentang jasa seperti?

Bikin Kamu Lebih Hemat Uang

Bayangin kalau dalam sebulan kamu mengirim uang sampai 100 kali, wah, Rp650.000 melayang begitu saja dong! Sayang banget kan!? Padahal uang dengan jumlah segitu bisa dipakai untuk menabung atau jajan dan memanjakan diri kamu loh.

Tidak Perlu Repot ke ATM

Transfer Gratis Tanpa Perlu ke ATM
Ngantri di ATM? Udah nggak zaman dong!

Nah, biasanya jasa seperti transfer uang gratis antar bank itu malah bukan buatan bank-bank yang ada loh. Banyak perusahaan-perusahaan lain, terutama startup yang melihat keresahan di masyarakat terkait isu biaya transfer antar bank yang sering terasa mencekik. Startup-startup ini pun meluncurkan aplikasi mereka sendiri yang bisa kamu unduh ke handphone dan bisa digunakan di mana saja. Nggak perlu lagi deh, repot-repot mengantri di ATM.

Data Keuangan Kamu Aman, asal…

Sebelum kamu buru-buru mengunduh berbagai macam aplikasi supaya bisa langsung transfer uang gratis antar bank, kamu harus memastikan dulu sepak terjang aplikasi yang hendak kamu unduh. Jangan sampai salah unduh, cari lah aplikasi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia. Aplikasi-aplikasi yang sudah terdaftar ini aman untuk kamu unduh!

Keamanan Data Diri

Masih berhubungan dengan keamanan data keuangan, kamu juga tidak perlu curiga ketika baru menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada namun sudah dimintai berbagai macam identitas seperti KTP dan foto diri kamu. Selama aplikasi yang kamu unduh terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia, maka proses yang juga dikenal dengan sebutan KYC (Know Your Customer) ini sudah merupakan standar yang juga ditetapkan oleh BI.

Pastikan Keamanan Data Diri Terjaga Sebelum Transfer Gratis
Jangan asal transfer, pastikan data personal kamu

Pemain Baru

Di atas sudah disebutkan kalau aplikasi-aplikasi yang menawarkan jasa ini kebanyakan merupakan pihak ketiga alias bukan dari pihak bank-bank yang sudah ada. Tapi sekarang ada tren baru loh, beberapa bank pun mulai menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan mencoba untuk menghadirkan servis yang sama. Tentu saja jika kamu adalah pemilik rekening di bank tersebut, kamu biasanya akan mendapatkan keuntungan-keuntungan lebih yang mungkin nggak akan didapatkan kalau kamu bukan nasabah bank tersebut.

Cek Kelengkapan Bank Yang Didukung

Kamu juga perlu memastikan kalau aplikasi yang akan dipakai sudah mendukung bank milik kamu atau belum. Mengingat jumlah bank yang ada di Indonesia sebetulnya sangat banyak dan seringnya, 1 aplikasi belum tentu bisa digunakan untuk semua jenis rekening bank yang ada.

Cek Syarat Penggunaan Aplikasi

Periksa Syarat Aplikasi Transfer Gratis Yang Akan Kamu Pakai
Jangan asal pakai aplikasi, baca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu ya!

Setiap aplikasi pastinya akan memiliki syarat-syarat yang berbeda. Ada beberapa aplikasi yang memberikan limit transfer gratis di mana pengguna hanya bisa menggunakan fitur tersebut selama beberapa kali saja dalam sebulan. Ada juga yang memberikan limit transfer tanpa biaya hanya sampai nominal tertentu per hari atau per bulannya.

Banyak Promo Menarik!

Nah, ini kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi-aplikasi penyedia jasa transaksi uang gratis antar bank; ada banyak promo menarik yang bisa kamu dapatkan! Biasanya, untuk menarik calon pengguna, aplikasi-aplikasi ini memberikan berbagai macam promo seperti cashback, diskon serta voucher-voucher lainnya. Kapan lagi, udah transfer gratis, dapat promo gratisan pula!

Itu dia sedikit seluk beluk tentang jasa transaksi uang gratis antar bank yang saat ini sedang booming-boomingnya di Indonesia. Dikarenakan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari jasa seperti ini, tidak ada salahnya untuk mencoba memulai berhemat dengan menggunakan OY!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android