Transfer uang jamak dilakukan oleh orang setiap harinya. Nah, biasanya yang paling sering digunakan untuk mengirim uang adalah dengan menggunakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk transfer uang? Beberapa cara ini bahkan nggak mengharuskan kamu untuk memiliki rekening loh! Cukup menyediakan uang tunai dan kamu bisa transfer uang ke rekening manapun yang kamu mau. Penasaran? Yuk disimak penjelasannya di bawah ini!

1. Transfer Tunai Melalui Bank

Cara Transfer
Langsung setorkan saja uang kamu lewat bank!

Cara ini paling umum digunakan untuk mengirim uang dalam jumlah besar atau bisa juga ketika kamu nggak punya rekening bank. Kalau kamu mengirim melalui bank yang sama dengan bank penerima, biasanya kamu nggak akan dikenakan biaya tambahan.

Cara transfer tunai melalui bank ini pun cukup mudah. Yang harus dilakukan adalah:

  1. Minta nomor rekening, nama penerima serta banknya.
  2. Siapkan uang serta kartu identitas asli.
  3. Datang ke bank yang sesuai dengan rekening si penerima.
  4. Ambil nomor antrian dan isi formulir yang disediakan.
  5. Serahkan formulir ke teller untuk diproses.
  6. Uang akan langsung masuk ke rekening penerima.

Kamu juga bisa menggunakan metode ini untuk mengisi rekening kamu sendiri lho!

2. Transfer Uang Lewat Kantor Pos

Tahukah kamu kalau kantor pos nggak hanya bisa untuk mengirim surat dan paket saja namun juga bisa mengirim uang? Layanan pengiriman uang dari kantor pos ini disebut juga dengan layanan wesel.

Ada beberapa jenis wesel yang bisa dipilih, yaitu:

  1. Weselpos Instan, pengiriman uang paling cepat karena sifatnya real time menggunakan PIN dan NTP (Nomor Transaksi Pusat) yang dikirimkan langsung oleh Pengirim ke Penerima.
  2. Weselpos Kemitraan, adalah jenis wesel hasil kerja sama dengan pihak lain dan tarifnya pun menyesuaikan dengan kesepakatan yang berlaku.
  3. Weselpos Transfer Tunai (Cash To Account), adalah pengiriman uang secara tunai melalui Kantorpos dengan tujuan semua rekening bank secara real time.
  4. Weselpos Prima, adalah layanan wesel yang menggunakan surat pemberitahuan dan diantar oleh Kantorpos Tujuan ke si Penerima.
Cara Transfer Uang Lewat Kantor Pos
Eits, kamu juga bisa kirim uang lewat kantor pos lho!

Kamu bisa datang ke kantor pos terdekat dan isi formulir yang sudah tersedia untuk segera mentransfer uang!

3. Transfer Uang Lewat Alfamart dan Indomaret

Banyak yang nggak tahu kalau selain berbelanja, Alfamart dan Indomaret juga memberikan layanan pengiriman uang. Caranya pun cukup mudah dan nggak memerlukan rekening bank, hanya perlu membawa data diri, mengisi formulir dan uang yang ingin dikirimkan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca cara transfer uang lewat Alfamart dan Indomaret di artikel ini.

4. Gunakan Jasa Western Union

Western Union adalah jasa pengiriman uang yang jaringannya tersebar di seluruh dunia. Oleh karena itu nggak heran layanan transfer uang ini menjadi favorit bagi mereka yang tinggal di luar negeri. Kelebihannya adalah, uang yang kamu setorkan di salah satu cabang Western Union akan dapat langsung diambil di cabang Western Union lainnya di seluruh dunia!

5. Gunakan Aplikasi Transfer Uang

Transfer Uang Lewat OY!
Transaksi bebas ribet pakai OY! aja!

Kamu juga bisa lho transfer uang dengan menggunakan aplikasi third party! Aplikasi-aplikasi sejenis ini biasanya bekerja sama dengan pihak-pihak bank serta Bank Indonesia.

Jenis aplikasi serta layanan yang ditawarkan pun banyak macamnya. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, jika kamu membutuhkan aplikasi untuk bertransaksi beda bank namun nggak mau terkena biaya administrasi tambahan, kamu bisa menggunakan aplikasi satu ini! Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi ini, jadi tunggu apalagi! Download sekarang juga!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android