saat ini sudah menjadi salah satu kegiatan sehari-hari masyarakat. Bukti kalau perekonomian kita sebetulnya baik-baik saja. Itu lah kenapa hampir bisa dipastikan kalau deretan mesin ATM sering ramai, apalagi di jam-jam sibuk. Kadang, banyak yang mengantri di ATM hanya karena mereka nggak tahu uang via ATM.

Sejatinya, cara transfer uang lewat ATM itu gampang banget lho. Apalagi sekarang udah banyak mesin ATM bersama yang bisa digunakan oleh berbagai macam nasabah bank, jadi kamu nggak perlu repot mencari mesin ATM bank kamu. Oleh karena itu, hampir semua mesin ATM memiliki alur cara transfer uang yang sama.

Nah, untuk membantu kamu, berikut ada panduan singkat tentang tata cara transfer uang melalui mesin ATM.

Langkah Cara Transfer di ATM

1. Masukkan Kartu ATM

Masukkan kartu ATM
Jangan salah memasukkan kartu ya!

Ingat, saat memasukkan kartu ATM jangan sampai terbalik ya. Bagian yang ada nama dan nomor kartu biasanya menghadap ke atas. Pastikan juga mesin ATM yang digunakan aman dan bebas dari alat perekam. Kalau slot mesinnya mencurigakan atau terlihat mengganjal, lebih baik gunakan mesin lain saja.

2. Pilih Bahasa

Kamu bisa memilih Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris.

3. Masukkan Nomor PIN

Pastikan kamu menutupi tombol-tombol yang kamu tekan dengan tangan sehingga nggak bisa dilihat oleh orang lain ya. Akan lebih baik lagi kalau kamu rajin mengganti nomor PIN secara berkala. Jangan lupa, bank nggak akan pernah meminta nomor PIN kamu.

4. Pilih Menu Transfer

Pilih menu transfer
Pilih menu transfer

Setelah memasukkan PIN, biasanya kamu akan dibawa ke menu utama di mana kamu bisa melakukan penarikan tunai, cek saldo, melakukan pembayaran dan lain-lain. Tentu saja kamu harus masuk ke menu “Transfer”.

5. Pilih Bank Tujuan Transfer

Tergantung tujuan transfer uang yang diingin, cara transfernya pun akan berbeda. Di menu ini biasanya akan muncul 3 pilihan, transfer ke pengguna sesama (ke nasabah bank yang sama), transfer ke bank lain serta kode bank.

Kalau kamu ingin transfer ke bank sesama, kamu tinggal memasukkan nomor rekening tujuan dan pilih tombol “Benar” atau “Lanjut”.

Nah kalau kamu ingin transfer ke bank lain, kamu harus tahu dulu kode bank yang kamu tuju. Kamu bisa mencarinya di menu “Kode Bank” atau bisa juga melihat kode bank umum di sini serta kode bank daerah berikut ini.

Setelah mendapatkan kode bank, masukkan dengan diikuti nomor rekening bank yang dituju dan kembali tekan tombol “Benar” atau “Lanjut”.

6. Masukkan Jumlah Yang Ingin Ditransfer

Masukkan nominal yang ingin ditransfer di bagian ini. Selalu periksa kembali angka yang sudah dimasukkan supaya kamu nggak transfer berlebih ya. Setelah yakin nggak ada yang salah, langsung tekan tombol “Benar” dan transaksi kamu akan langsung diproses.

Mengantri di ATM
Ingat, jangan sampai bikin antrian panjang!

Terakhir akan muncul pertanyaan apakah kamu masih ingin menggunakan mesin ATM tersebut kembali. Kalau kamu masih ingin transfer uang atau menggunakan layanan lainnya, langsung saja tekan “Ya” dan “Tidak” jika ingin menyudahi kegiatan kamu. Jangan lupa ambil struknya ya!

Gampang bukan, cara transfer uang lewat mesin ATM? Yang harus diperhatikan juga adalah jangan terlalu lama ya kalau lagi ramai, karena banyak orang yang akan mengantri di belakang kamu. Nah kalau kamu malas mengantri cuma untuk sekedar transfer uang saja, kenapa nggak nyobain aplikasi transfer uang aja sih?

Transfer lewat OY!
Kalo lewat OY! sih anti ngantri pastinya~

Dengan aplikasi ini, kamu bisa bertransaksi ke bank manapun langsung dari genggaman tangan kamu. Asiknya lagi, kamu nggak perlu pusing mikirin biaya tambahan ketika bertransaksi ke bank yang berbeda! Wih, enak banget kan! Bisa sekalian berhemat dan menabung!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android