Perkembangan teknologi yang cepat ini membuat kegiatan transfer antar bank bisa dengan mudah dilakukan siapa saja. Meski demikian, ternyata masih banyak orang yang mengalami kesulitan transfer antar bank melalui ATM, Mobile Banking ataupun E-Banking lho! Kesulitan transfer antar bank tersebut disebabkan oleh kebiasaan masyarakat yang masih saja transfer uang antar bank dengan cara konvensional yaitu melalui teller bank.

ATM (Automated Teller Machine) dan Mobile Banking sengaja diciptakan untuk mempermudah transaksi perbankan masyarakat. Dengan adanya fasilitas perbankan tersebut kita bisa melakukan transaksi perbankan di manapun serta kapanpun. Tidak hanya melakukan transfer antar bank, melalui ATM, Mobile Bank dan E-Banking kita bisa melakukan pembayaran tagihan bulanan seperti BPJS, PLN, hingga menerima kiriman uang dari bank lain. Bisa dibayangkan bukan betapa mudahnya transaksi perbankan menggunakan fasilitas perbankan yang telah disediakan?

Lalu, bagaimana cara melakukan transaksi antar bank BNI maupun bank lainnya melalui ATM dan Mobile Banking? Simak penjelasan berikut ini:

transfer antar bank
Cara Transfer Antar Bank BNI Lewat ATM

1. ATM (Automated Teller Machine)

Seperti yang sudah dibahas, sebenarnya menggunakan ATM sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang tertera di layar ATM.

  • Masukkan kartu ATM BNI kamu. Pastikan posisi kartu ATM BNI kamu sesuai petunjuk yang tertera di mesin ATM.
  • Pilih bahasa, sebaiknya pilih ‘Bahasa Indonesia’ agar lebih mudah dipahami.
  • Masukkan PIN kartu ATM BNI. Jangan lupa untuk menutupi PIN untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Pilih ‘Menu Lain’ lalu pilih ‘transfer’
  • Setelah itu kamu akan diberi pilihan ‘dari rekening giro’ dan ‘dari rekening tabungan’. Pilih ‘dari rekening tabungan’
  • Untuk transfer ke sesama BNI, kamu harus memilih “ke rekening BNI”, atau jika kamu ingin transfer uang antar bank pilih “ke rekening bank lain”. Ingat, untuk transfer antar kamu akan diminta memasukkan kode bank.
  • Masukkan nominal yang ingin kamu transfer.
  • Setelah itu akan muncul layar konfirmasi, pastikan data-data yang kamu masukkan benar dan pilih ‘ya’.
  • Tunggu hingga transaksi berhasil dan keluar struk dari ATM.
  • Setelah itu ambil ATM kamu.

2. Mobile Banking

Transfer antar bank
Transfer Antar Bank BNI Lewat Mobile Banking

Mobile Banking merupaka salah satu fasilitas perbankan yang memudahkanmu dalam bertransaksi ke manapun, di manapun dan kapanpun. Berkat Mobile Banking, kamu tidak perlu pergi ke ATM ataupun cabang bank BNI terdekat untuk melakukan transaksi perbankan. Berikut tata cara transaksi antar bank BNI atau bank lainnya melalui Mobile Banking BNI:

  • Login ke BNI Mobile dengan memasukan UserID dan MPIN. Untuk mendapatkan UserID dan MPIN kamu harus melakukan pendaftaran di cabang bank BNI terdekat.
  • Pilih menu ‘Transfer’ lalu pilih ‘Antar BNI’.
  • Setelah itu pilih ‘Input Baru’ lalu masukkan rekening tujuan dan email penerima jika ada.
  • Masukkan nominal yang ingin di transfer, tambahkan keterangan transfer jika ada lalu pilih ‘lanjut’.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan untuk memasukkan password, jika sudah benar klik ‘lanjut’.
  • Tunggu hingga transaksi berhasil
transfer antar bank gratis
Transaksi Antar Bank Melalui OY!

Itu dia beberapa cara transaksi antar bank BNI atau bank lainnya yang bisa kamu lakukan. Cara-cara tersebut lebih memudahkanmu dalam bertransaksi antar bank BNI atau bank lainnya. Namun perlu diingat, jika ingin melakukan transfer antar bank selain bank BNI, kamu harus memasukkan kode bank. Daftar kode bank bisa dilihat di sini. Nah, selain itu transfer antar bank juga membutuhkan biaya admin, biaya admin per transaksi pun berbeda-beda.

Tapi, ada satu cara lagi nih buat kamu yang tidak ingin repot-repot memasukkan kode bank saat transaksi antar bank yaitu dengan memakai aplikasi transaksi antar bank gratis! Nih ada rekomendasi aplikasi transaksi antar bank gratis, aman, real time dan nggak perlu masukin kode bank!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android