Biaya , parkir, selalu beli air mineral dan sebagainya bisa membuat pengeluaranmu membengkak!

Pernah merasa nggak beli apapun, tapi pengeluaranmu membengkak? Jika pernah, berarti kamu sudah saatnya untuk mengecek semua pengeluaran dan riwayat transaksi.

Sebenarnya mengecek pengeluaran dan pemasukkan uang bisa kamu lakukan saat kamu menerima gaji loh! Karena mengecek pengeluaran dan pemasukan sangat penting dan bisa memudahkan kamu untuk menganalisa keuangan. Hal ini juga bisa mengendalikan keinginanmu untuk membeli barang yang nggak dibutuhkan. Nggak pengen kan gaji kamu tiba-tiba habis? Hehe.

Biar nggak bingung lagi kenapa gaji cepat habis, mending cek 5 hal berikut yang siapa tahu bisa membuat pengeluaranmu membengkak.

1. Biaya Transfer Antar Bank

transfer antar bank
Sering belanja? Ingat rekening kamu

Biaya transfer antar bank ini sangat sulit dihindari, apalagi buat kamu yang suka banget belanja. Ada baju atau barang lucu dikit di Instagram, hasrat ingin membeli langsung muncul. Padahal jika dipikir-pikir baju atau barang itu tidak terlalu penting. Biasanya tidak semua online shop di Instagram menyediakan jenis bank yang sama dengan rekening bank kamu. Alhasil kamu harus rela transfer pembayaran ke berbeda bank dan terkena biaya admin deh!

Kalau sekali dua kali dalam satu bulan sih nggak masalah terkena biaya admin transfer antar bank untuk bayar belanjaan online shop, tapi kalau setiap ada barang lucu dan kamu membelinya? Bisa-bisa pengeluaranmu membengkak bukan karena membeli barangnya tapi karena terkena biaya admin transfer antar bank loh!

Nah, daripada hobi belanja kamu nggak bisa terpenuhi karena ribet harus cek kode transfer antar bank dan terkena biaya admin transfer antar bank, mending kamu pakai aplikasi transfer antar bank gratis! Di Indonesia saat ini pun sudah bertebaran aplikasi transfer antar bank gratis.

Tapi daripada kamu bingung memilih aplikasi transaksi antar bank gratis yang sudah dipastikan aman, real time dan mudah, cobain aplikasi OY! deh. Kamu juga bisa download aplikasi OY! di sini.

2. Ongkos parkir

transfer antar bank
Jangan remehkan ongkos parkir!

Jaman sekarang parkir udah menjadi hal yang lumrah, apalagi buat kamu yang ke mana-mana selalu pakai kendaraan pribadi. Kalau diibaratin nih, parkir, e-Money dan kendaraan pribadi nggak bisa terpisahkan.

Tapi.. coba ingat-ingat kembali dalam sehari kamu sudah menghabiskan berapa banyak ongkos parkir? Meskipun ongkos parkir berkisar Rp2.000 hingga Rp10.000 perjamnya, tapi bisa membengkakkan pengeluaran kalau kamu sering berpergian menggunakan kendaraan pribadi dan pergi ke banyak tempat.

Sebagai contohnya saja, jika kamu menggunakan motor dan pergi ke suatu pusat perbelanjaan, minimal kamu parkir 2-3 jam berarti Rp2.000 x 3 jam = Rp6.000, jika kamu menggunakan mobil Rp5.000 x 3 jam = Rp15.000 itu hanya di satu tempat dan selama 3 jam.

Bayangkan jika kamu dalam sehari berpindah-pindah tempat dan waktu yang kamu habiskan di setiap tempatnya minimal 2 jam. Cukup mahal bukan? Oleh karena itu, agar pengeluaranmu tetap terjaga, yuk biasakan untuk menggunakan transportasi umum yang terjangkau. Selain mengurangi ongkos parkir kamu juga bisa membantu mengurangi kemacetan bukan?

3. Selalu Membeli Air Mineral Saat Berpergian

transfer antar bank
Selalu bawa air minum saat berpergian

Tanpa kamu sadari selalu membeli air mineral saat berpergian juga bisa membuat pengeluaranmu membengkak loh! Selain bikin pengeluaran membengkak, membeli air mineral juga berpotensi untuk menambah volume sampah plastik. Dan sudah kita ketahui semua, sampah plastik menjadi salah satu permasalahan lingkungan sampai saat ini. Banyak pihak yang telah berusaha untuk mengurangi sampah plastik, salah satunya selalu membawa tumbler atau botol minuman ke manapun kamu pergi. Tidak hanya botol, kamu juga dianjurkan untuk membawa tempat makan agar mengurangi penggunaan styrofoam makanan.

Yuk, biasakan untuk membawa botol minuman dan tempat makan dari rumah saat kamu berpergian 🙂

Nah, itu dia beberapa hal kecil yang perlu kamu perhatikan kembali agar pengeluaran tidak membengkak! Eits, jangan lupa untuk selalu memonitor pengeluaran dan pemasukkan.

Selain bisa transaksi antar bank gratis, di aplikasi OY! kamu juga bisa mengatur beberapa rekening bank kamu melalui satu aplikasi loh! Yuk, download sekarang juga!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android