Tips Supaya Bisa Setiap Tahun – Padatnya aktivitas tentu membuat kamu ingin kabur sejenak dan menikmati liburan panjang. Apalagi bagi milenial yang menganggap liburan sebagai kebutuhan. Liburan ke tempat yang nyaman dan menginap di hotel yang mewah pasti jadi angan-angan yang selalu dibayangkan sebelum tidur. Sayangnya, liburan butuh dana yang nggak sedikit, terlebih bila tujuanmu adalah luar negeri.

Meski begitu, dengan perencanaan keuangan yang matang seharusnya kamu bisa liburan tiap tahun. Jangankan pergi ke daerah dalam negeri, pergi ke luar negeri setiap tahun pun bukan lagi mimpi. Lantas, perencanaan keuanga seperti apa yang seharusnya dilakukan milenial agar bisa liburan sampai ke ujung dunia? Berikut tips supaya bisa liburan setiap tahun.

Buat catatan keuangan

Sudah tentukan destinasi liburan yang dituju? Kalau sudah, kamu bisa mulai merencanakan keuanganmu dari sekarang. Namun kalau masih bingung liburan ke mana, kamu bisa menaksir modal liburannya. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam membuat perencanaan keuangan liburan adalah mencatat semua biaya yang dibutuhkan selama liburan.

Catat dari biaya yang paling utama, seperti biaya akomodasi, transportasi, dan konsumsi. Setelah itu, barulah kamu bisa memperkirakan biaya lainnya, seperti biaya belanja di sana dan biaya oleh-oleh. Dengan mengetahui biaya liburan seperti ini, kamu jadi punya bayangan berapa banyak uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya untuk disimpan di dalam pos tabungan liburan.

Buat tabungan berjangka

tips supaya bisa liburan setiap tahun

Kamu mungkin sudah punya cara tersendiri dalam mengumpulkan uang. Namun, nggak ada yang tahu apakah cara yang kamu lakukan selama ini benar atau nggak. Kalau uang yang kamu kumpulkan nggak menunjukkan adanya penambahan, bisa dipastikan cara yang kamu lakukan kurang tepat. Nah, supaya keuanganmu mengalami peningkatan, cobalah buat tabungan berjangka.

Tabungan berjangka bisa dibilang menjadi penyelamat untuk kamu yang mengalami kesulitan dalam mengumpulkan uang. Cara kerja tabungan berjangka adalah dengan mengambil uangmu setiap bulan secara rutin dalam kurun waktu tertentu, mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

Jadi, kamu nggak perlu meluangkan waktu untuk menyisihkan uang setiap bulan karena sistem bank akan melakukannya untukmu. Selain itu, kamu juga bisa menambahnya sendiri ketika mendapatkan bonus atau penghasilan tambahan. Ketika jatuh tempo, kamu akan merasa seperti dapat uang kaget karena tanpa disadari selama ini kamu telah menabung dalam jumlah yang lumayan besar.

Kumpulkan uang receh

Jangan pernah menyepelekan uang receh karena tanpa adanya uang Rp500, kamu nggak bisa mengumpulkan Rp1 miliar. Mengumpulkan uang receh dari hasil belanja atau sisa parkir bisa menjadi salah satu cara untuk menabung uang liburan. Meski hanya berupa recehan, tapi kalau dikumpulkan terus-menerus bisa menghasilkan nominal yang besar. Kelak, uang recehan yang kamu kumpulkan bisa digunakan untuk menambah modal liburan.

Kurangi kebutuhan yang nggak penting

tips supaya bisa liburan setiap tahun

Kalau kamu sudah bertekad untuk liburan setiap tahun, coba perbaiki kondisi finansialmu. Jangan melulu nongkrong di cafe atau order makanan lewat layanan online karena tanpa disadari uangmu akan habis hanya untuk dua hal itu. Prioritaskan kebutuhan yang lebih penting dan bedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Stop belanja hanya karena tampilannya yang lucu dan menarik padahal sebenarnya kamu nggak butuh barang tersebut. Hindari juga promo cashback yang marak beredar.

Cashback memang terlihat menguntungkanmu tapi ternyata cashback akan membuat orang menjadi lebih konsumtif. Kamu mungkin nggak kepengin membeli sesuatu, tapi karena melihat ada promo cashback, kamu jadi tergiur untuk membelinya dengan alasan harganya lebih murah.

Mencicil akomodasi

Jangan membeli seluruh tiket secara bersamaan karena hal ini akan membuatmu bangkrut. Coba cicil satu per satu dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, bulan ini kamu berencana membeli tiket pesawat pergi dan pulang, lalu di bulan depan kamu booking hotel tempat menginap.

Mencicil seperti sekarang ini tetap membutuhkan biaya yang besar tapi seenggaknya kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang dalam satu waktu yang bersamaan. Bahkan lebih bagus lagi kalau kamu bisa memanfaatkan promo, kamu jadi bisa menghemat bujet liburan.

Itulah tips supaya bisa liburan setiap tahun. Dengan perencanaan keuangan yang matang, dijamin kamu bisa liburan kapan pun dan ke tempat mana pun yang kamu inginkan. Jadi, sudah adakah rencana liburan ke tempat yang mau kmau kunjungi? Jangan lupa untuk ikuti tips mengatur uang seperti di atas, ya!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android