Pengin liburan tapi nggak mau menghabiskan banyak biaya? Tenang saja, liburan nggak harus selalu mahal, kok. Dengan biaya minim bahkan pas-pasan sekali pun nyatanya kamu tetap bisa liburan ke tempat yang kamu inginkan. Yang terpenting, kamu bisa mengalokasikan dana liburan dengan sebaik-baiknya. Nah, buat kamu yang berencana liburan dalam waktu dekat, ini dia tips liburan hemat yang nggak pake ribet.

Budgeting

Tips Liburan Hemat yang Seru dan Menyenangkan

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah budgeting. Kalau rencana liburanmu masih di akhir tahun ini, kamu bisa mulai belajar mengatur keuangan dari sekarang. Tentukan bujet liburannya terlebih dahulu, lalu buat perencanaan keuangannya secara detail.

Mulai dari berapa uang yang harus kamu sisihkan tiap bulan untuk menabung dana liburan hingga berapa banyak uang yang akan kamu habiskan selama liburan. Semuanya dicatat di satu buku catatan khusus. Dengan menentukan bujet pengeluaran untuk berlibur seperti ini, rencana perjalananmu akan jadi lebih terarah.

Cari tahu tentang lokasi liburan

Tips Liburan Hemat yang Seru dan Menyenangkan

Biar liburanmu nanti nggak pake ribet, sebaiknya cari tahu dulu tentang lokasi liburan yang dituju. Pastikan tempat tersebut sesuai dengan seleramu dan sesuai ekspektasi. Kamu bisa mendapatkan gambaran dari internet, brosur travel agent, ataupun dari buku panduan wisata.

Dengan melakukan survei terlebih dahulu, kamu nggak hanya bisa menyesuaikan bujet liburanmu dengan destinasi tersebut tapi juga berkesempatan untuk mengetahui promo atau diskon yang ditawarkan oleh tempat tersebut. Kamu jadi bisa menghemat bujet, kan?

Lakukan pemesanan jauh-jauh hari

Tips Liburan Hemat yang Seru dan Menyenangkan

Mau dapatkan tiket pesawat dan penginapan yang lebih murah lagi? Cobalah pesan tiket dan penginapan dari jauh-jauh hari. Pada masa itu, kamu akan mendapatkan harga lebih murah dibandingkan dekat dengan hari H apalagi go-show. Bahkan, seringkali ada penawaran-penawaran khusus yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan potongan harga.

Harga tiket pesawat juga lebih murah apabila dipesan pada hari Selasa dan Rabu waktu tengah malam. Karena di dua hari itu, maskapai akan berlomba-lomba memberikan penawaran harga terbaik. Bahkan ada yang sampai memberikan diskon sampai 28 persen, loh.

Selain itu, harga tiket pesawat juga bisa lebih murah apabila kamu menghindari jam-jam sibuk seperti pukul 07.00 – 09.00 dan pukul 16.00 – 20.00. Maka dari itu, belilah tiket pesawat dengan waktu penerbangan pertama pagi hari atau penerbangan akhir malam hari.

Jadi perlu diingat, semakin jauh jarak pembelian dengan tanggal yang diinginkan, maka semakin murah pula harga yang ditawarkan.

Pergi di bukan musim liburan

Pastinya kamu tahu, dong, kalau momen high season seperti musim liburan, akhir pekan, sampai hari-hari sibuk adalah waktu yang paling dilarang untuk mendapatkan tiket pesawat dan penginapan murah. Maklum saja, sesuai dengan hukum ekonomi yang berlaku, semakin tinggi permintaan maka semakin mahal harganya.

Oleh karena itu, pilihlah waktu low season untuk liburan. Berlibur di saat yang lain tidak libur tentunya jauh lebih menyenangkan. Selain lebih murah, tempat wisata pun cenderung lebih sepi. Liburan jadi nggak pake ribet, kan?

Gunakan promo

Jangan pernah melewatkan promo bila ingin liburan hemat. Biasanya di musim liburan seperti libur lebaran dan libur anak sekolah, ada banyak sekali penawaran promo tiket dan hotel, atraksi, hingga aktivitas liburan.

Buka jastip

Mau liburan tetap cuan? Coba pertimbangkan untuk membuka jastip (jasa titip) selama berlibur. Jastip memang terdengar bikin ribet, tapi hanya dengan cara ini kamu bisa balik modal. Nah, biar untung ketika membuka jastip, kenakan tarif yang sesuai dengan pengorbanan saat membeli barang jastip tersebut.

Kalau barang tersebut sulit dicari atau tokonya berada jauh dari lokasi liburanmu, kamu bisa mengenakan tarif yang lebih mahal. Besar kecilnya barang jastip juga bisa menjadi acuan tarif yang akan dikenakan. Meski begitu, kamu juga harus membatasi berapa banyak barang jastip yang kamu terima. Jangan sampai momen liburanmu rusak hanya karena sibuk membeli barang jastip.

Utamakan kenyamanan

Kalau sudah berencana buat liburan hemat, buang jauh-jauh impian liburan mewah. Meski judulnya hemat bukan berarti nggak nyaman, kan? Kamu masih bisa tidur di kasur yang empuk dan lembut  atau berkeliling tempat wisata dengan menggunakan mobil selama kamu bisa mengalokasi bujet liburan dengan bijak.

Ketika memilih tempat menginap, transportasi, dan tempat wisata, kamu harus tetap mengutamakan kenyamananmu biar liburan tetap seru dan berjalan menyenangkan.

Liburan hemat yang nggak pake ribet memang agak tricky karena kamu harus memilih hal apa saja yang paling ingin kamu utamakan. Kalau memang mau menginap di tempat lebih nyaman, kamu harus melebihkan bujet akomodasi dan mengurangi bujet untuk kebutuhan lainnya.

Begitu pun kalau kamu lebih mengutamakan kenyamanan dalam hal transportasi, maka kamu harus mengurangi bujet kebutuhan lainnya agar liburan hemat yang kamu rencanakan dapat berjalan sempurna. Selamat mencoba!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android