Mulai biasakan untuk menghemat, meminimalisasi biaya , dan buat tabungan bersama agar keuangan setelah menikah bisa terkendali.

Menikah merupakan salah satu tujuan hidup yang dimiliki sebagian besar masyarakat. Akan ada banyak hal kehidupan yang berubah setelah seseorang memutuskan untuk menikah. Mulai dari kebiasaan, kebutuhan hingga keuangan. Biasanya keuangan ini menjadi salah satu hal yang cukup krusial di dalam sebuah pernikahan.

Apalagi setelah menikah, keuangan bukan hanya miliki diri sendiri, melainkan milik sepasang suami istri. Pasangan suami-istri ini harus pintar-pintar dalam membagi keuangan, terutama jika mereka tiba-tiba dikaruniai seorang anak yang membuat kebutuhan semakin meningkat.

Nah, mengatur keuangan sebaiknya dilakukan secepat mungkin setelah menikah, agar perekonomian keluarga tetap terjaga dan semua kebutuhan serta dana darurat terpenuhi. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan setelah menikah:

1. Komunikasikan Mengenai Keuangan Secara Terbuka Bersama Pasangan

transfer antar bank
Terbuka Dalam Berkomunikasi

Setelah menikah, kalian tidak lagi hidup sendiri dan memikirkan diri sendiri. Semua hal yang terkait dengan pernikahan harus dibicarakan secara terbuka bersama pasangan, termasuk masalah keuangan. Setiap individu pun memiliki konsep keuangan tersendiri. Nah, hal ini lah yang harus didiskusikan dengan pasangan.

Contohnya saja; setelah menikah si dia ingin segera membeli rumah secara cash dikarenakan dia tidak ingin menanggung bunga bank yang cukup besar, namun kamu ingin membeli rumah secara cicilan atau KPR karena jika membeli cash uang tabungan akan habis.

Hal-hal seperti itu akan ada solusinya jika kalian berbicara secara terbuka dan disampaikan dengan hati-hati agar tidak melukai pendapat pasangan.

2. Buat Rekening Bersama

Tips smengatur keuangan untuk pasangan baru menikah selanjutnya adalah membuka rekening bank bersama. Daripada menabung di tabungan bank masing-masing, ada baiknya kalian membuka tabungan bersama. Tabungan bank ini bisa atas nama salah satu dari kalian. Menurut seorang Public Accountant bersertifikat di Houston, Texas, Michael Fitzgerald, bagi pasangan yang baru menikah, membuka tabungan bank bersama merupakan langkah paling efektif karena bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran dengan mudah. Selain itu, dengan adanya rekening tabungan bank bersama, kamu dan dia juga bisa membedakan mana kebutuhan untuk keluarga dan kebutuhan pribadi.

Untuk menabung atau memindahkan uang ke tabungan bank bersama, ada baiknya kamu memakai aplikasi transfer antar bank gratis. Melalui aplikasi ini kamu bisa lebih hemat dikarenakan tidak ada biaya admin transfer antar bank. Cek artikel berikut untuk melihat daftar biaya admin transfer antar bank di Indonesia.

3. Catat Semua Pengeluaran dan Pemasukkan

transfer antar bank
Catat Semua Pengeluaran dan Pemasukkan Kamu Bersama Pasangan

Mencatat semua pengeluaran dan pemasukkan itu sangat penting loh! Namun, usahakan untuk mencatatnya dengan sedetail mungkin. Sekecil apapun pengeluaran dan pemasukan harus kamu catat dengan baik. Hal ini bisa membantu kamu menganalisa keuangan keluarga secara tepat. Contoh pengeluaran kecil seperti biaya parkir, biaya admin transfer antar bank, biaya admin bank setiap bulan, biaya admin bank saat belanja menggunakan kartu debit ataupun kedit.

4. Mulailah Berinvestasi

Umumnya membuat sebuah rencana untuk mengatur keuangan tidak hanya sekadar mengatur keluar-masuknya uang. Tapi kita harus mengelola uang dan menyisihkan uang untuk berinvestasi. Investasi ini bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan kalian. Ada banyak investasi yang telah disediakan oleh beberapa bank di Indonesia.


Itu dia beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatur keuangan setelah menikah agar lebih terkendali dan meminimalisasi risiko. Buat kamu yang ingin lebih menghemat pengeluaran, kamu bisa memanfaatkan aplikasi transaksi antar bank gratis. Selain transaksi, kamu juga bisa lebih mudah mengatur beberapa rekening bank kamu hanya melalui satu aplikasi. Yuk, download sekarang di link berikut!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android