Masih tinggal di PIM (Pondok Indah Mertua)? Atau masih mengontrak di kosan-kosan? Bagi pasangan yang baru menikah tentunya memiliki impian untuk mempunyai rumah sendiri.

Namun, membeli rumah bukanlah perkara mudah. Kondisi finansial yang belum stabil setelah menikah tentunya jadi hambatan terbesar para pasutri untuk membeli atau pun mencicil rumah.

Walau terdengar sulit untuk diwujudkan, kamu harus tetap yakin kalau nantinya kamu bisa membeli rumah sendiri. Nah, supaya nggak cuma jadi angan-angan semata, yuk, mulai untuk membeli rumah dari sekarang.

Berikut rumah untuk pasangan muda yang baru menikah.

Membuat perencanaan finansial

Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan bersama pasangan adalah membuat perencanaan finansial. Namun sebelum membuatnya, coba cari tahu dulu harga rumah yang ingin kamu beli. Cari referensinya di internet atau kamu bisa bertanya kepada kerabat atau saudara yang lebih berpengalaman tentang urusan ini. Setelah itu, kamu bisa langsung membuat perencanaan keuangannya, seperti dana yang harus dikumpulkan setiap bulannya untuk mencapai target tersebut.

Tekan pengeluaran berdua

Karena rencana beli rumah bukan hal kecil dan membutuhkan dana besar, kamu dan pasangan harus komitmen untuk mewujudkannya. Kalau kamu berdua sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, cobalah untuk menyisihkan 30 persen dari masing-masing penghasilanmu setiap bulannya.

Asumsinya, kalau kamu dan pasangan memiliki gaji masing-masing Rp5 juta, kamu dan pasangan bisa menabung sebesar Rp1,5 juta per bulannya. Selanjutnya, simpan dana tersebut ke dalam rekening bank khusus agar nggak terpakai untuk keperluan lain.

Ingat, kamu dan pasangan harus konsisten dalam menyisihkan uang ini setiap bulannya supaya target membeli rumah segera tercapai. Nggak boleh satu pun dari kalian yang boleh menggunakan uang ini untuk keperluan lain.

Selain itu, kalian berdua juga harus menekan pengeluaran kalian agar semkin besar uang yang terkumpul. Kalau kamu dan pasangan terbiasa malam mingguan di kafe atau di mall, coba ubah kebiasaan konsumtif tersebut. Nggak ada salahnya, kan, kalau kamu hanya menghabiskan waktu akhir pekan di rumah atau sekadar jalan-jalan santai di dekat komplek agar pengeluaran nggak membengkak.

Buat anggaran bulanan

Langkah selanjutnya yang harus kamu dan pasangan lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Susun anggaran bulanan sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, utamakan kebutuhan pokok, seperti uang makan bulanan, uang transportasi, dan uang pulsa dan internet.

Hindari uang keluar untuk membeli barang-barang yang nggak terlalu penting. Anggaran bulanan penting dibuat agar kamu dan pasangan bisa konsisten dalam menabung untuk membeli rumah.

Cari penghasilan tambahan

Tips Menabung Rumah untuk Pasangan yang Baru Menikah

Kalau kamu ingin punya uang banyak dalam waktu cepat, jangan hanya mengandalkan gaji bulanan. Kamu harus mencari side job untuk mempercepat mengumpulkan uang untuk membeli rumah. Sesuaikan side job dengan keahlianmu, seperti menjadi writer, dropshipper, dan lain sebagainya.

Investasi jangka panjang

Tips Menabung Rumah untuk Pasangan yang Baru Menikah

Menabung biasa saja nggak cukup kalau kamu mau cepat beli rumah. Kamu harus putar otak agar pendapatanmu dan pasangan bisa bertambah banyak. Nah, salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan investasi jangka panjang. Ada berbagai macam jenis investasi yang bisa kamu pilih.

Untuk kasus seperti ini, instrumen yang paling memungkinkan adalah reksa dana saham. Perhitungannya masih sama seperti poin sebelumnya. Kalau kamu dan pasangan masing-masing memiliki gaji Rp5 juta per bulan, maka kamu dan pasangan bisa mengalokasikan 20 persen gaji masing-masing untuk investasi reksa dana saham.

Dengan jangka waktu 20 bulan, kamu bisa mendapatkan uang kurang lebih ratusan juta. Nominal tersebut bisa kamu jadikan uang muka dan cicilan beberapa bulan pertama. Ohiya, kamu dan pasangan juga nggak boleh lupa mengevaluasi tabungan dan hasil investasi secara berkala.

Tujuannya supaya kalian berdua bisa menyesuaikan langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk mencapai target membeli rumah impian. Evaluasi ini bisa kamu lakukan setiap tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun sekali. Yang terpenting, kamu harus bisa berpikir cerdas dalam memaksimalkan penghasilanmu.

Nah, tips membeli rumah di atas bisa langsung kamu terapkan dari sekarang. Usaha yang kamu lakukan saat ini tentunya harus diiringi dengan niat yang besar. Selama kamu mengawalinya dengan rencana yang matang, niscaya impian membeli rumah bukan menjadi angan-angan semata.

Yuk, coba lakukan cara di atas!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android