Salah satu kendala yang kerap dialami oleh kebanyakan karyawan adalah masalah gaji. Gaji yang nggak begitu besar seringkali menjadi sumber masalah kehidupan. Mau nabung pun terkadang sulit karena sebagian besar uang gaji telah terpakai untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Jangankan untuk menabung, mencukupi kebutuhan hari-hari saja sulit. Tenang, gaji kecil bukan penghambat untuk menabung. Selama kamu cermat dalam mengatur keuangan, maka kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah setiap bulannya.

Kira-kira cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan banyak uang dengan penghasilan yang minim? Berikut dengan gaji kecil yang bisa kamu ikuti.

Rumuskan tujuan

Cara Menabung dengan Gaji Kecil

Biasanya kalau nggak ada hal yang ingin dicapai, orang jadi malas untuk menabung. Untuk itu, buatlah tujuan yang diimpikan sehingga kamu akan terpacu untuk menabung dalam jumlah yang lebih besar.

Misalnya, kalau kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, kamu bisa menabung untuk biaya sekolah anak. Atau, kalau kamu single, kamu bisa menabung untuk membeli rumah atau lain sebagainya. Yang pasti, tetapkan dulu tujuannya karena dengan adanya tujuan yang jelas, kamu dapat termotivasi untuk menabung secara rutin.

Susun target pribadi

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Kecil

Selanjutnya, susun target pribadi untuk mengatur keuangan kamu secara lebih cermat. Tetapkan berapa nominal uang yang ingin kamu keluarkan untuk ditabung. Jumlah uang yang ditabung dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Kalau tujuan menabungnya untuk biaya sekolah anak di masa depan, kamu harus berusaha lebih keras untuk menabung lebih banyak.

Namun, kamu juga harus tetap menyesuaikan jumlahnya dengan kemampuanmu. Pada dasarnya, 10 persen dari gaji kamu harus disimpan sebagai tabungan, tapi kamu bisa memulainya dari jumlah yang kecil terlebih dahulu, misalnya Rp50 ribu. Nah, kalau kamu berhasil menghemat pengeluaranmu, kamu bisa meningkatkan jumlahnya menjadi Rp100 ribu per bulannya.

Menabung setiap hari

Cara Menabung dengan Gaji Kecil

Kalau pengin uang tabunganmu cepat terkumpul, cobalah untuk menabung setiap hari. Nggak perlu jumlah yang besar, kamu bisa menyisihkan Rp10 sampai Rp15 ribu untuk ditabung setiap harinya. Kalau nggak ada halangan, kamu bisa mengumpulkan uang Rp300 sampai Rp450 ribu selama sebulan.

Cara mudah untuk menyisihkan Rp10 ribu per harinya adalah dengan menghemat biaya pengeluaranmu. Buat kamu yang terbiasa membeli makan siang di sekitar kantor, cobalah untuk membawa bekal dari rumah. Atau, kalau kamu terbiasa menggunakan ojek online, ubah kebiasaan tersebut dengan memanfaatkan transportasi umum.

Dengan melakukan penghematan seperti itu setiap bulannya, dijamin jumlah tabungan kamu bisa terkumpul lebih banyak. Penghematan luar biasa, kan?

Punya dua rekening yang berbeda

Cara Menabung dengan Gaji Kecil

Ketika waktu gajian, sebaiknya pisahkan uang untuk ditabung sebelum menggunakan sisanya untuk kebutuhan lain. Pindahkan uang tersebut ke dalam rekening yang berbeda.

Dengan adanya dua rekening, kamu bisa membatasi pengeluaran harian dan pengeluaran bulanan. Tentunya cara ini akan membuat kamu lebih teratur dalam mengelola penghasilanmu.

Nah, untuk menyimpan uang yang ingin ditabung, pilih rekening yang memiliki potongan kecil atau bahkan rekening yang memang nggak ada potongannya sama sekali. Kalau perlu, pilihlah rekening bank yang nggak menyediakan kartu ATM sehingga membantu kamu untuk menghemat pengeluaran.

Memang, sih, cara ini terdengar sedikit memaksa. Namun, demi kebaikan, nggak ada salahnya untuk membatasi pengeluaran kamu yang berlebihan.

Jangan gunakan

Cara Menabung dengan Gaji Kecil

Bukan hanya kartu ATM, penggunaan kartu kredit juga harus dibatasi. Kalau perlu, jangan gunakan kartu kredit sama sekali bila uang tabunganmu ingin cepat terkumpul. Kartu kredit hanya akan membuatmu boros.

Misalnya saja, ketika kamu sedang kere tapi tergoda untuk membeli suatu barang. Hasrat ingin memiliki barang tersebut pasti akan terkalahkan dengan komitmen kamu untuk menabung. Pada akhirnya, kamu akan memanfaatkan kartu kredit untuk membeli barang yang kamu inginkan padahal belum tentu kamu membutuhkan barang-barang tersebut.

Sebenarnya kartu kredit nggak sepenuhnya buruk, kok, selama kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran bukan alat berhutang. Namun, kalau kamu adalah tipe orang yang lebih senang menerapkan gaya hidup konsumtif, alangkah baiknya untuk menghindari penggunaan kartu kredit.

Itu dia tips menabung dengan gaji kecil. Meski penghasilan minim, kamu masih tetap bisa menabung secara rutin. Jadi, kapan kamu mau mulai menabung?

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android