Siapa di antara kamu yang tengah menanti akhir tahun? Sepertinya, nggak ada satu pun orang yang nggak antusias dengan akhir tahun. Meski begitu, sayangnya akhir tahun seringkali dikaitkan dengan yang paling menguras biaya.

Biaya transportasi dan akomodasi yang melonjak membuat kamu harus bijak dalam merencakan liburan akhir tahun. Jangan sampai uang tabungan habis sepulang dari liburan. Mumpung masih ada waktu menuju pergantian tahun, coba ikuti tips merencanakan di akhir tahun yang nggak bikin kantong kering.

Menentukan liburan

Liburan Hemat AKhir Tahun

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan bujet liburan. Tentukan berapa banyak uang yang mau kamu habiskan untuk liburanmu kali ini. Jangan jadikan liburan sebagai ajang untuk pamer di media sosial, sebaliknya manfaatkan liburan sebagai cara untuk menyegarkan pikiran.

Selain itu, kamu juga harus menentukan sumber dana liburan yang akan kamu gunakan. Sumber uang bisa berasal dari uang bonus akhir tahun atau uang yang memang sudah dikumpulkan dari jauh-jauh hari. Kalau kamu memiliki tabungan khusus untuk liburan, gunakan saja tabungan itu sepenuhnya dan jangan menyentuh tabungan lainnya.

Menentukan destinasi liburan yang sesuai bujet

Liburan Hemat AKhir Tahun

Setelah menentukan bujet, kini saatnya menentukan destinasi liburan yang sesuai dengan bujet yang kamu punya. Kalau uang yang kamu miliki hanya mampu membawamu liburan ke dalam negeri, pilih daerah yang menyuguhkan atraksi wisata menarik, terutama dalam merayakan semarak pergantian tahun.

Daerah wisata seperti Bandung, Jogja, Malang, Semarang, Lombok, dan Bali mungkin bisa jadi rekomendasi tempat liburan akhir tahunmu kali ini.

Selanjutnya kamu harus menentukan kawasan mana saja yang ingin kamu kunjungi selama di sana. Supaya bisa liburan hemat, pilih tempat wisata yang nggak terlalu mahal, yang dekat dengan tempat kamu menginap. Penting juga untuk kamu membuat itinerary.

Nah, sambil membuat itinerary, catat semua biaya yang akan dikeluarkan di masing-masing tempat wisata. Cara ini akan mempermudah kamu dalam memperhitungkan keuanganmu selama liburan.

Nggak hanya tempat wisata saja yang harus kamu masukkan ke dalam daftar perjalananmu, tujuan tempat makan juga harus kamu sertakan di dalam itinerary supaya kamu nggak boros saat makan.

Pilih tempat makan yang enak dan murah. Kamu bisa menggunakan situs wisata travel yang dapat memberikan rekomendasi hotel, tempat wisata, dan masih banyak lagi.

Menentukan prioritas utama dalam memilih akomodasi

Liburan Hemat AKhir Tahun

Konsep liburan hemat adalah win-win solution. Maksudnya, kamu harus bisa memprioritaskan apa yang benar-benar kamu inginkan. Misalnya, merelakan pergi dengan kereta ekonomi, tapi kamu bisa mengalokasikan sisa dana untuk menginap di hotel yang bagus dan nyaman. Atau kamu bisa menghemat bujet hotel untuk kebutuhan lainnya.

Jangan lupa untuk menyisakan uang untuk keperluan makan dan transportasi selama liburan. Yang penting, pilih kombinasi terbaik yang sesuai dengan isi dompetmu, ya.

Lebih banyak berjalan kaki

Liburan Hemat AKhir Tahun

Liburan hemat juga bisa disiasati dengan berjalan kaki. Selagi berjalan kaki, kamu dapat menikmati pemandangan sambil menghirup udara segar. Belum lagi kalau kamu berhasil menemukan gang-gang kecil yang unik. Oleh karena itu, pilihlah lokasi wisata yang dekat dari tempat kamu menginap sehingga kamu bisa berjalan kaki menuju objek wisata tersebut.

Siapkan uang tunai

Liburan Hemat AKhir Tahun

Supaya bujet liburan nggak membengkak, jangan gunakan kartu kredit selama liburan. Upayakan untuk selalu membawa uang tunai ke mana pun kamu pergi. Sesuaikan uang yang akan kamu bawa dengan kebutuhan selama liburan. Walau begitu, kamu harus tetap menyediakan uang tambahan untuk keperluan lain-lain.

Membawa barang-barang penting yang sering terlupakan

Liburan Hemat AKhir Tahun

Ketika liburan, kebanyakan orang lebih fokus terhadap barang-barang esensial seperti baju ganti, sepatu, dan makeup. Padahal barang-barang seperti obat-obatan, peniti, P3K, senter, dan lem juga nggak kalah penting untuk dibawa.

Semua barang tersebut sewaktu-waktu dapat kamu gunakan saat keadaan darurat. Daripada mengeluarkan untuk membelinya di minimarket, nggak ada salahnya untuk membawanya dalam satu pouch kecil. Jadi, menghemat bujet juga, kan?

Jangan membeli oleh-oleh

Liburan Hemat AKhir Tahun

Kalau nggak mau uangmu habis, sebaiknya jangan membeli oleh-oleh. Mungkin, oleh-oleh yang kamu beli hanya berjumlah sedikit tapi secara nggak sadar, hal ini akan membuat pengeluaranmu bertambah. Namun, kalau kamu memang mau menyisihkan uang untuk membeli oleh-oleh, belilah oleh-oleh tersebut secara grosir untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Meskipun bujet sudah kamu tentukan, tapi kalau bisa jangan menghabiskan semua uangmu dalam satu waktu. Alangkah baiknya kalau kamu masih menyisakannya sedikit sehingga uang sisa tersebut bisa ditabung kembali untuk keperluan traveling berikutnya.

Jadi, sudah tentukan destinasi untuk liburan hemat di akhir tahun?

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android