Paling Menguntungkan – Saat ini semakin banyak orang yang mulai memahami pentingnya berinvestasi. Kondisi ekonomi yang naik turun membuat mereka harus mencari cara untuk berinvestasi, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Seperti yang kita tahu, jenis investasi pun bermacam-macam dan masing-masing jenisnya memiliki keuntungan yang menggiurkan.

Meksipun terdengar menjanjikan, investasi juga tetap mempunyai risiko. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin berinvestasi harus hati-hati saat memilih instrumen investasi. Tujuannya jelas agar investasi yang dilakukan benar-benar bisa menguntungkan.

Nah, kalau kamu penasaran jenis investasi apa saja yang paling menguntungkan, simak ulasannya berikut ini.

Tanah dan properti

investasi paling menguntungkan

Investasi paling menguntungkan dan kemungkinan turunnya sangat kecil adalah tanah dan properti. Nilai investasi dari tanah maupun bangunan nggak akan pernah turun, yang ada justru meningkat setiap tahunnya selama demand masih tinggi.

Daya beli masyarakat akan kebutuhan properti saat ini pun juga luar biasa tinggi. Untuk itulah mengapa harga properti di seluruh daerah terus melonjak tajam.

Kalau kamu punya properti berupa rumah, jangan sia-siakan hal tersebut. Kamu bisa memanfaatkan rumahmu sebagai tempat usaha, misalnya dijadikan kos-kosan. Lebih untung lagi kalau kamu bisa memanfaatkan sisa ruang untuk jenis usaha lainnya seperti catering, laundry, dan lain sebagainya.

Emas

Keuntungannya memang nggak seberapa, tapi setidaknya harga jual emas cenderung naik. Walau ada inflasi sekali pun, nilai nggak akan terpengaruh. Investasi emas juga cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sebab modal yang dibutuhkan nggak begitu besar sehingga siapa saja bisa investasi emas. Terlebih lagi, emas mudah dijual atau diuangkan.

Meski begitu, investasi emas juga berisiko walaupun tingkat resikonya nggak terlalu besar. Emas yang ada wujudunya dinilai kurang praktis untuk disimpan karena butuh tempat yang ekstra aman untuk menyimpan semua emas milikmu. Apalagi kalau kamu punya emas batangan yang ukurannya besar sehingga nggak bisa disimpan di brankas yang kecil.

Saham

Saham jadi investasi paling menguntungkan sekaligus paling populer di kalangan masyarakat. Keuntungannya yang lumayan besar membuat orang tergiur untuk mencoba bermain saham. Bahkan, kalau kamu berinvestasi saham secara langsung, kamu juga dikatakan sebagai pemilik dari perusahaan tersebut.

Namun porsi kepemilikannya tentu disesuaikan dengan investasi yang kamu lakukan di perusahaan tersebut. Jadi, kalau perusahaan yang kamu tanamkan modalnya berjalan baik, kamu juga akan mendapatkan nilai keuntungan yang tinggi.

Sebagai pemilik saham, kamu akan mendapatkan keuntungan melalui du acara, yaitu lewat capital gain dan dividen. Capital gain artinya kamu akan mendulang rupiah ketika menjual saham di harga yang lebih tinggi daripada saat kamu membelinya. Sementara dividen kurang lebih sama seperti konsep bagi hasil di mana kamu akan mendapatkan sebagian porsi keuntungan perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang kamu miliki.

Reksadana

Investasi yang Cocok untuk Milenial

Kalau kamu melek finansial pasti sudah nggak asing dengan reksadana. Jenis investasi satu ini juga masih banyak dipilih masyarakat karena minim risiko, keamanan yang terjamin, serta mudah dipantau. Dalam prosesnya, kamu juga nggak akan bertindak sendirian karena ada manajer investasi (MI) yang siap membantumu dalam mengelola reksadana.

Nantinya, kamu hanya perlu menyerahkan semua uangmu ke manajer investasimu. Selanjutnya, kamu tinggal memantau pergerakan reksadana milikmu saja. Tentunya invetsasi ini sangat disarankan untuk kamu yang baru mulai nyemplung di dunia investasi.

Soal keuntungannya, profit dari reksadana memang nggak sebesar keuntungan bermain saham. Namun perlu kamu ketahui bahwa keuntungan yang dihasilkan reksadana nggak bergantung dari besar atau kecilnya pembelian awal investor, melainkan bergantung pada kemampuan manajer investasi dalam mengelola reksadana tersebut.  

Peer-to-peer (P2P) Lending

investasi paling menguntungkan

Nggak mau investasi terlalu lama? Kamu bisa mencoba investasi jangka pendek seperti Peer-to-peer Lending atau biasa disebut P2P Lending. Investasi ini punya banyak keuntungan, antara lain praktis karena dapat dilakukan secara online serta keuntungannya yang cukup besar.

Selain itu, platform investasi P2P Lending juga dirasa lebih aman dan nggak memberikan risiko yang besar. Jadi, cocok buat kamu yang mau memulai investasi.

Itu dia pilihan investasi paling menguntungkan yang bisa kamu pertimbangkan. Jadi, sudah putuskan mau investasi apa?

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android