Di era teknologi seperti saat ini, mengirim uang bukan lah hal yang merepotkan lagi. Kalau dulu kamu harus ke ATM atau pergi ke bank, mengambil antrian dan menunggu untuk dipanggil teller, kini semuanya bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. sekarang udah beda banget deh!

Ya, apalagi kalau bukan dengan memanfaatkan fasilitas electronic banking yang disediakan oleh pihak bank maupun penyedia jasa lainnya. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, kamu bisa transfer uang, cek saldo maupun melakukan berbagai macam pembayaran.

Nah, kamu tahu nggak sih, macam-macam fasilitas electronic banking itu apa saja? Dan apakah betul kata orang kalau fasilitas-fasilitas ini malah bikin kamu jadi lebih ribet? Yuk kita kupas habis sekarang!

SMS banking adalah fitur perbankan elektronik yang paling sederhana. Hal ini dikarenakan kamu cukup mengirimkan SMS ke nomor yang sudah ditentukan. Oleh karena itu lah sebetulnya cara transfer uang dengan SMS banking ini memiliki kemampuan yang cukup terbatas jika dibandingkan dengan fasilitas e-banking lainnya.

Eits, tapi jangan salah. Dikarenakan kesederhanaannya tersebut, SMS banking praktis bisa digunakan oleh siapapun yang memiliki handphone. Fasilitas ini juga sangat berguna ketika kamu sedang berada di tempat yang tidak memiliki sinyal internet.

Untuk biaya sendiri, biasanya kamu akan dikenai tarif pulsa sesuai dengan yang telah ditentukan oleh bank milik kamu. Beberapa layanan yang bisa diakses dengan SMS banking antara lain adalah:

  • Cek saldo.
  • Cek mutasi.
  • Informasi kurs.
  • Transfer uang.
Cara transfer uang via Internet Banking
Kirim uang sambil meeting? Bisa pakai !

Internet Banking

Fasilitas internet banking muncul ketika internet sudah semakin mudah diakses oleh banyak orang. Fasilitas inipun didesain sebagai upgrade dari SMS banking.

Internet banking memiliki keunggulan pada kelengkapan layanan yang ditawarkan. Semua layanan yang ada di ATM bisa kamu lakukan juga melalui internet banking kecuali tarik tunai. Kamu bisa mengakses fasilitas internet banking di mana saja melalui komputer, laptop atau bahkan handphone, tentunya selama kamu memiliki akses internet.

Yang harus diperhatikan, walaupun pihak bank sudah memastikan bahwa fasilitas ini aman untuk digunakan, kamu tetap harus berhati-hati ya. Sebelum transfer uang dengan menggunakan fasilitas internet banking, pastikan perangkat yang kamu gunakan bebas dari virus serta jaringan internetnya aman dan stabil.

Cara kirim uang lewat mobile banking
Butuh transfer uang on the go? solusinya!

Mobile Banking

Mobile Banking adalah fasilitas primadona dari electronic banking. Jumlah penggunanya pun paling besar diantara fasilitas-fasilitas lainnya. Hal ini tentu didukung oleh semakin canggihnya handphone serta semakin mudah dicapainya akses internet oleh semua orang.

Semua bank pun berlomba-lomba untuk membuat aplikasi perbankan yang bisa diakses melalui smartphone nasabah mereka. Dulu, M-Banking menempel dengan simcard nasabah sementara sekarang sudah nggak perlu lagi repot-repot menggunakan simcard tertentu.

Layanan yang bisa diakses lebih sedikit dibandingkan dengan internet banking tapi jauh lebih mudah digunakan ketika kamu sedang dikejar-kejar oleh waktu. Contoh layanan mobile banking antara lain:

  • Kirim uang antar rekening dan antar bank.
  • Membayar tagihan.
  • Cek saldo dan mutasi.
OY! Wallet
Ingin bertransaksi antar bank gratis? Aplikasi seperti ini bisa jadi solusinya!

Aplikasi Transfer Uang Non Bank

Nah, fasilitas satu ini sedang berkembang pesat di tanah air saat ini. Banyak startup bermunculan dan menghadirkan produk-produk perbankan milik mereka dengan kelebihan masing-masing.

Aplikasi-aplikasi ini kebanyakan bukan milik bank namun begitu, mereka punya fitur dan layanan yang mumpuni lho. Banyak yang menawarkan layanan transfer gratis antar bank, transaksi real time, bisa menghubungkan berbagai macam kartu dari bank yang berbeda dalam satu aplikasi hingga rutin memberikan promo serta hadiah bagi penggunanya.

Tentu saja, ada baiknya kamu mencari informasi tambahan sebelum mencoba aplikasi-aplikasi ini. Pastikan kalau yang akan kamu gunakan adalah aplikasi yang aman dan benar. Kamu bisa mulai mencobanya dengan mengunduh aplikasi keren karya anak bangsa satu ini sekarang juga!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android