Mengatur gaji bulanan memang nggak mudah buat sebagian orang. Banyak dari mereka yang punya penghasilan bulanan tapi kesulitan dalam mengelola pendapatannya. Boro-boro bisa mengalokasikan gaji bulanan ke beberapa pos tabungan, punya uang hingga akhir bulan saja sepertinya jadi hal yang sulit untuk diwujudkan.

Pengelolaan keuangan yang buruk menjadi penyebab utamanya. Meski hal ini sering terjadi, mau nggak mau kamu harus tetap memaksakan diri untuk belajar mengatur gaji bulanan. Tujuannya jelas, supaya kamu punya kehidupan yang lebih baik nantinya.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa membuat kamu lebih bijak dalam mengatur pendapatan. Lantas, bagaimana caranya? Berikut cara cermat mengelola gaji bulanan dengan lebih jeli.

Buat anggaran

cara cermat mengatur gaji bulanan

Pertama-tama buatlah anggaran bulanan terlebih dahulu. Anggaran ini harus dibuat sedetail dan spesifik mungkin dengan membagi menjadi dua kebutuhan.

Yang pertama adalah kebutuhan primer yang terdiri dari kebutuhan pokok bulanan mulai dari makan, transportasi, tagihan internet, listrik, cicilan rumah, cicilan motor, dan lain sebagainya. Yang kedua adalah kebutuhan tersier yang meliputi anggaran belanja baju, nonton bioskop, nonton konser, traveling, nongkrong di kafe, dan akitvitas lain di luar kebutuhan pokok.

Bayar tagihan sebelum jatuh tempo

cara cermat mengatur gaji bulanan

Kalau kamu nggak mau keuanganmu berantakan, sebaiknya bayar semua tagihan tepat setelah gajian. Tagihan yang dimaksud sini antara lain, tagihan telepon, listrik, internet, air, dan sebagainya. Bagi yang punya cicilan, kamu juga harus membayarnya di awal bulan agar nggak mengganggu biaya kebutuhanmu sehari-hari. Dengan mengutamakan pembayaran semua tagihan dan cicilan, kamu bisa menjadi lebih tenang dalam mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Menyisihkan uang untuk ditabung

cara cermat mengatur gaji bulanan

Setelah melunasi semua cicilan dan tagihan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung. Usahakan untuk menyisihkan 20 – 30 persen uang tabungan dari pendapatanmu. Jika setiap bulannya kamu konsisten menyisihkan uang untuk menabung, kamu jadi punya dana darurat yang bisa digunakan dalam kondisi mendesak.

Lebih baik lagi bila kamu bisa membagi uang tabungan dengan dana darurat. Pembagiannya bisa seperti ini, 30 persen untung tabungan, 20 persen untuk dana darurat, 10 persen untuk biaya kebutuhan tersier, dan 50 persen untuk kebutuhan pokok bulanan.

Buat laporan keuangan harian

Untuk mengatur gaji yang lebih baik, cobalah membuat laporan keuangan harian. Caranya, catat semua pengeluaran kamu, termasuk pengeluaran dengan nominal yang terkecil sekali pun. Tujuan pembuatan laporan keuangan ini adlah agar kamu bisa mengetahui ke mana saja uangmu pergi. Jadi, nantinya kamu bisa menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya nggak harus kamu beli di bulan yang akan datang.

Jika malas mencatatnya di buku catatan, kini sudah banyak tersedia aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu manfaatkan. Kamu tinggal mencarinya di Playstore atau Appastore dan mengunduhnya secara gratis.

Punya dua atau lebih rekening

cara cermat mengatur gaji bulanan

Selanjutnya, buat dua rekening bank yang berbeda. Hal ini dilakukan guna memisahkan uang yang akan digunakan. Dari kedua rekening tersebut, pisahkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan uang untuk ditabung. Bahkan kalau perlu, kamu bisa menambah satu rekening lagi untuk dijadikan tabungan khusus dana darurat.

Bijak menggunakan kartu kredit

Dibandingkan dijadikan sebagai alat pembayaran, kartu kredit lebih sering digunakan sebagai alat untuk berhutang. Padahal jika digunakan dengan bijak, kartu kredit bisa dimanfaatkan untuk membantu mengelola keuangan dengan bijak, lho.

Misalnya memanfaatkan promo kartu kredit untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Atau, kartu kredit juga bisa dialokasikan untuk membayar semua tagihan-tagihan. Meski begitu, jangan lupa untuk melunasi tagihan kartu kredit ketika kamu menerima tagihannya.

Investasi

cara cermat mengatur gaji bulanan

Ketika kamu mendapati fakta yang menunjukkan pengeluaran bulananmu lebih besar daripada pendapatan bulananmu, maka segera ubah cara mengatur gaji bulananmu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berinvestasi. Dengan investasi, kamu jadi lebi bisa memprioritaskan pendapatan untuk masa depan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari investasi yang kamu jalani. Nah, jenis investasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuanmu. Jika ingin investasi jangka panjang tapi takut beresiko, kamu bisa memilih investasi emas. Namun, kalau tujuanmu hanya untuk jangka pendek, kamu bisa investasi dalam bentuk reksa dana.

Itu dia cara mengatur gaji bulanan dengan bijak. Mengelola keuangan dengan tepat sama saja dengan menghargai usaha dan kerja keras yang sudah kamu lakukan hingga saat ini. Jadi, yuk, mulai ubah kebiasaan burukmu dalam mengatur gaji bulanan dengan deretan cara di atas. Selamat mencoba!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android