yang benar harus diketahui semua orang. Apalagi bagi pekerja yang memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Meski sering dianggap sebagai hal yang mudah, faktanya masih banyak orang yang kesulitan dalam menyisihkan penghasilannya.

Terkadang ada saja pengeluaran yang harus dibayarkan setuap bulannya. Belum lagi biaya nggak terduga seperti datang ke undangan teman atau menjahit baju bridesmaid

Jika gaji selalu dihabiskan untuk hal-hal yang nggak terlalu penting, bisa-bisa kamu nggak akan punya tabungannya di hari tua. Nah, kalau nggak mau mendadak miskin atau bangkrut, kamu harus mengubah kebiasaanmu dan mulai mencoba menabung.

Cara menabung sebenarnya nggak pernah berubah sejak pertama kali kamu diajarkan menabung oleh orang tuamu. Namun, kalau merasa cara menabung kamu saat ini belum efektif, coba simak penjelasan mengenai berikut ini.

Cara menabung yang benar dengan membuat tujuan

cara menabung yang benar

Menabung tanpa tujuan rasanya lebih susah ketimbang kita telah memiliki tujuan untuk apa kita menabung. Biasanya orang menabung ketika mempunyai sebuah keinginan, misalnya ingin membeli rumah atau mobil.

Nah, kalau sampai saat ini kamu masih belum punya tujuan, coba pikirkan tujuan yang jelas dan dapat diukur pencapaiannya. Gunakan tujuan tersebut sebagai motivas kamu untuk selalu menabung. Misalnya, kamu bisa menargetkan dalam dua tahun kamu sudah bisa membayar DP rumah.

Menabung Rp20 ribu

Cara menabung yang benar adalah dengan menentukan nominal uang yang harus disisihkan setiap bulannya. Jika menyisihkan uang setiap bulan dianggap terlalu berat, coba dengan cara menabung Rp20 ribu sehari.

Meski nominalnya sedikit, cara ini tentunya sangat efektif buat kamu yang selama ini nggak bisa mengatur keuangan. Masukkan Rp20 ribu ke dalam celengan yang sudah disediakan khusus.

Kalau kamu konsisten melakukan setiap hari, dalam sebulan kamu bisa mendapatkan Rp600 ribu. Itu artinya dalam setahun kamu sudah bisa mengantongi Rp7,2 juta.

Kalau mau cepat kaya, kamu bisa menambah angkanya menjadi dua kali lipat, yaitu Rp40 ribu. Pokoknya, kamu harus menabung dengan kelipatan Rp20 ribu. Tentunya cara ini sangat ampuh untuk kamu yang cenderung malas menabung.

Cara menabung terbalik tanggal

cara menabung yang benar

Ingat, menabung itu bukan penyisihan uang sisa, tapi menyisihkan uang sebelum digunakan. Nah, kalau mau konsisten dalam menabung, coba lakukan cara menabung satu ini.

Padal tanggal muda, kamu harus menyisihkan uang dengan nominal yang besar, kemudian saat tanggal tua, kamu bisa menyisihkan uang dengan nominal yang lebih kecil. Semakin mendekati akhir bulan, kamu bisa menabung hingga nominal yang terkecil.

Sebagai contoh, misalnya di tanggal 1 kamu menabung sebesar Rp40 ribu, lalu di hari berikutnya kamu bisa menabung Rp39 ribu, dan seterusnya. Dengan cara menabung yang benar seperti ini, nantinya kamu bisa mengumpulkan sebesar Rp775 ribu. Walau nominalnya nggak seberapa, tanpa disadari kamu jadi bisa menabung, kan?

Mengumpulkan uang receh

cara menabung yang benar

Siapa bilang uang receh itu nggak ada harganya? Tanpa pecahan Rp100, kamu nggak bisa dapat Rp1.000. Maka dari itu, jangan pernah remehkan uang receh. Ingat saja kata pepatah yang mengatakan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Nah, dari pepatah tersebut bisa kita pelajari bahwa setiap uang receh yang kita kumpulkan satu per satu setiap harinya akan terkumpul menjadi nominal yang besar. Untuk itu, sediakan saja celengan ayam dengan ukuran yang besar khusus untuk menabung uang receh.

Saat ini, ada banyak sekali orang yang menggunakan uang receh untuk membeli sesuatu. Bahkan ada yang sampai membeli motor dengan uang receh, lho. Meski sedikit, hal ini pasti akan berdampak besar untuk kehidupanmu kelak.

Cara menabung yang benar adalah melunasi semua utang

Masih punya utang tapi pengin mulai menabung? Menabung memang penting, tapi melunasi utang jauh lebih penting. Sebelum mulai menabung, sebaiknya lunasi dulu semua utang yang kamu punya. Sebab, utang akan menjadi beban pikiran tersendiri apabila nggak langsung dilunasi.

Selain itu, keuangan juga semakin tercekik. Nah, biar kamu bisa menabung dengan bebas, sebaiknya segera lunasi semua utang piutang termasuk cicilan. Dengan terbeas dari segala kewajiba membayar utang, kamu juga bisa semakin fokus dalam menyisihkan uang untuk ditabung.

Itulah cara menabung yang benar dan efektif. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan cara menabung seperti yang telah dijelaskan di atas?

Lebih baik untuk nggak menunda menabung karena banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan di masa mendatang bila dari sekarang kamu menerapkan kebiasaan baik ini. Nggak percaya? Makanya mulai menabung!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android