Bingung cara Rp50 juta dalam setahun? Mempunyai uang puluhan juta untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan yang diperlukan pasti menjadi impian semua orang. Namun, bagi mereka yang memiliki gaji rendah pasti kebingungan untuk mewujudkannya.

Meski begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan uang dalam waktu cepat. Lantas, bagaimana cara mewujudkannya? Biar uang puluhan juta dapat terkumpul dengan cepat, berikut Rp50 juta dalam setahun yang bisa kamu lakukan.

Jangan hanya merencanakan, tapi mulailah sekarang juga

cara menabung Rp50 juta dalam setahun

Kalau ingin mencapai sebuah target, jangan hanya merencanakannya saja tapi juga harus melakukan sesuatu demi mencapai tujuan tersebut. Kebanyakan orang sayangnya hanya berkutat dengan segudang rencana tapi malas untuk menggerakkan diri sendiri.

Padahal terlalu banyak rencana pun nyatanya nggak akan bikin kamu sukses. Maka dari itu, untuk mendapatkan lebih banyak uang, cobalah untuk melakukan hal lebih. Misalnya mencari pekerjaan sampingan atau mulai bisnis kecil-kecilan.

Utamakan prioritas

Selama ini kamu mungkin masih egois dengan diri sendiri. Semua hal ingin dilakukan tapi nggak pernah menengok keadaan dompetmu. Akibatnya, kamu jadi nggak punya tabungan sama sekali karena terus dipakai untuk memenuhi keinginanmu. Kalau memang pengin punya uang puluhan juta, coba fokus pada hal yang paling penting untuk dilakukan.

Salah satu cara menabung Rp50 juta dalam setahun adalah dengan mengutamakan prioritas, yaitu menabung. Kurangi anggaran yang nggak begitu penting dan utamakan kebutuhan yang urgensinya lebih besar. 

Mencatat pendapatan dan pengeluaran

cara menabung Rp50 juta dalam setahun

Cara menabung Rp50 juta dalam setahun berikutnya adalah dengan mencatat pendapatan dan pengeluaranmu selama sebulan. Dengan melacak pendapatan dan pengeluaran memungkinmu untuk mengetahui proses dan kemajuan yang terjadi. Kamu pun bisa memikirkan langkah apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

Misalnya, kalau kamu pengin punya Rp50 juta dalam setahun, kamu bisa menyesuaikan dengan uang atau dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan dengan pemasukan yang nggak tentu di luar pendapatan pasti.

Pengembangan dana

cara menabung Rp50 juta dalam setahun

Kalau penghasilanmu dalam sebulan dirasa masih kurang untuk mencapai angka Rp50 juta di akhir tahun, kamu bisa mengembangkan dana yang kamu punya sekarang dengan cara investasi atau menyimpan uang pada tabungan berjangka seperti reksadana. Untuk investasi, kamu bisa mencoba investasi emas di pegadaian atau di lembaga keuangan resmi aman lainnya.

Atau, kalau kamu nggak ada waktu buat ke pegadaian atau ke lembaga keuangan, kamu bisa mencoba investasi emas online. Selain uangnya aman karena nggak terpakai, uang yang kamu punya sekarang juga bisa dikelola dan diolah agar semakin berkembang. 

Komitmen

Dalam mencapai tujuan, komitmen adalah hal yang paling sulit dilakukan. Begitu pun kalau kamu mau menabung Rp50 juta dalam setahun tapi kamu nggak bisa berkomitmen. Yang ada, uang tabunganmu nggak akan pernah bertambah. Boro-boro dapat Rp50 juta, dapat Rp10 juta saja mungkin sudah menjadi pencapaian yang luar biasa.

Terkadang ada saja kebutuhan dan keinginan yang menghantui kita. Namun, kalau kamu sudah punya target untuk menabung Rp50 juta dalam setahun, kamu jangan mau kalah dengan hal-hal yang justru bisa mengganggu dan membuang uang kamu. Misalnya, kamu sudah menabung susah-susah tapi tiba-tiba kepengin ganti handphone model terbaru. Padahal handphone kamu yang sekarang masih layak untuk digunakan.

Hal seperti itulah yang harus dikalahkan karena hanya akan membuang uangmu saja. Kecuali kalau memang handphone kamu rusak dan benar-benar sudah nggak bisa digunakan sehingga kamu butuh handphone baru untuk mendukung aktivitasmu.

Buatlah tujuan yang jelas

cara menabung Rp50 juta dalam setahun

Tidak ada tujuan untuk menabung terkadang membuat orang jadi malas untuk menyisihkan sebagian penghasilannya. Boro-boro mencari tahu cara menabung yang benar, terbesit pikiran untuk menabung pun rasanya nggak pernah. Padahal menabung adalah satu-satunya cara untuk menjamin kehidupan kita di masa depan, lho.

Nah, maka dari itu, coba, deh, kamu buat sebuah tujuan yang jelas agar kamu bisa mengumpulkan puluhan juta dalam waktu cepat. Misalnya, kamu tujuan untuk membeli rumah, menikah dengan uang sendiri, memberangkatkan haji orang tua, membeli mobil, dan lain sebagainya. Dengan target tersebut, kamu jadi punya solusi supaya uang tersebut cepat terkumpul, baik dengan melakukan investasi maupun menabung.

Minta bantuan teman atau keluarga

Cara menabung Rp50 juta dalam setahun mungkin sudah kamu lakukan semuanya, tapi kalau masih belum konsisten untuk menyisihkan uang, cobalah minta bantuan teman atau keluarga. Meminta bantuan di sini maksudnya adalah mendorong kamu untuk bisa disiplin dalam menabung.

Terkadang sebagian orang sulit menabung karena masih menunggu inisiatif dari sendiri. Nah, kalau misalnya inisiatif tersebut nggak kunjung muncul, kamu bisa langsung meminta bantuan teman atau keluarga untuk memotivasi kamu.

Itulah sederet cara menabung Rp50 juta dalam setahun yang bisa kamu lakukan. Ingat, semua target yang kamu buat bisa kamu raih apabila kamu mau fokus untuk meraihnya. Fokuslah pada tujuan yang sudah kamu buat dan nikmati setiap proses menabung serta lakukan evaluasi guna mengetahui kemajuan yang terjadi. Selamat mencoba!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android