Kamu akhirnya baru saja selesai kuliah dan mendapatkan pekerjaan impian kamu. Setelah sebulan bekerja, kamupun akhirnya mendapatkan gaji pertamamu. Gaji tersebut terasa seperti uang pengembalian atau refund dari biaya kuliah yang sudah kamu bayar selama ini, lalu kamupun berjanji ingin membeli konsol game atau kendaraan terbaru. “Cuma sekali ini” kamu berujar dalam hati.

Tapi percayalah, kalau kamu menghabiskan gaji kamu sekarang, maka kamu akan menghabiskannya lagi di bulan berikutnya. Lalu bulan selanjutnya. Dan seterusnya. Jadi, lebih baik kita hindari jalan tersebut – yang kemungkinan penuh dengan utang – dan menggunakan uang yang kamu terima dengan bijaksana.

Hal terbaik yang bisa dilakukan saat ini adalah segera mulai menabung gaji tersebut. Kamu akan ingin membuka dana darurat sesegera mungkin namun sekarang, mari kita coba tabung 10 juta pertama dari gaji kamu.

Ketahui pengeluaran kamu

Kemungkinan besar, kamu belum memiliki pengeluaran yang besar saat ini. Mulailah menabung sebelum membelanjakan uang kamu untuk barang-barang nggak jelas yang sebetulnya nggak kamu butuhkan juga. Duduk dan siapkan catatan lalu mulai tulis semua pengeluaran kamu dalam sebulan. Mungkin kamu masih perlu membayar uang kos yang sekarang harus kamu bayar sendiri? Atau punya cicilan motor yang belum lunas? Apapun itu, tulis semuanya!

Ingat, kamu harus jujur terhadap diri kamu sendiri. Kita semua tahu lah kalau kita sering membelanjakan uang untuk hal-hal nggak penting dan kamu memang pantas mendapatkannya. Nikmati uang yang kamu terima TAPI belanjakan uang tersebut dengan cerdas. Kebiasaan menggunakan uang dengan cerdas akan sangat membantu hidup kamu kedepannya.

Sisihkan dan kunci sebagian pendapatan kamu

Sisihkan sebagian kecil gaji kamu untuk langsung disimpan ke dalam rekening bank cadangan yang terpisah dari rekening utama kamu. Misalkan kamu mendapatkan gaji sebesar 6 juta sebulan, sisihkan sekitar 500 ribu ke rekening cadangan tersebut.

Akan sangat lebih baik jika rekening cadangan tersebut adalah rekening yang memiliki tingkat bunga tabungan tinggi. Sebetulnya nggak masalah berapa nominal yang kamu simpan selama kamu melakukannya secara rutin setiap bulan. Hal ini akan membantu kamu membentuk kebiasaan menabung. Dan hey, kamu nggak akan merasa kehilangan uang yang dari awal memang sudah nggak bisa kamu pakai kan!?

Tabung uang recehan dalam celengan

Jangan remehkan uang recehan yang biasa kamu dapatkan sebagai kembalian di minimarket! Setiap kamu pergi berbelanja dan mendapatkan kembalian dalam berupa uang receh, segera kumpulkan koin-koin tersebut dan masukkan ke dalam celengan.

Kamu juga bisa membuat kegiatan menabung uang receh menjadi lebih seru dengan hal-hal kreatif lho! Misalnya menggunakan celengan yang berbeda-beda untuk setiap jenis koin yang ada. Nah, kalau celengannya sudah penuh, hitung ada berapa uang yang berhasil kamu tabung lalu tukar ke bank (atau ke minimarket, mereka butuh koin kamu!) lalu masukkan uang tersebut ke rekening cadangan yang kamu miliki.

Sebelum membeli barang, stop dan tunggu dulu!

Begini, punya uang sendiri memang menyenangkan. Kamu pasti berpikir bisa membeli apapun yang kamu mau karena ya itu uang kamu sendiri. Tapi, sering kali apa yang kamu mau beli sebetulnya adalah barang-barang yang nggak kamu butuhkan lho!

Bagaimana cara membedakan antara barang yang cuma kamu sesaat dan nggak perlu kamu beli dengan barang yang kamu tapi perlu kamu beli walaupun nggak kamu butuhkan? Caranya mudah! Kalau ada sesuatu yang benar-benar kamu inginkan, tunggu hingga 3 hari sebelum kamu membelinya. Kamu bisa memendekkan waktu 3 hari ke 1 hari tapi hal ini nggak disarankan. Kalau sudah lewat 3 hari dan kamu masih benar-benar menginginkannya, ya sudah silakan beli barang tersebut.

Tujuan dari menunggu ini adalah untuk mencegah kamu membeli barang secara impulsif yang mungkin saja akan kamu sesali nantinya. Jadi, semakin lama kamu menunggu akan semakin baik!

Jangan langsung menghabiskan uang kamu

Kalau kamu mengikuti tips-tips di atas, kemungkinan besar kamu akan memiliki sisa uang yang bisa digunakan hingga hari gajian berikutnya. Gunakan hanya uang tersebut. Jangan menggunakan kartu kredit, jangan meminjam dan jangan membelanjakan uang tersebut secara berlebihan. Simpan uang sisa tersebut sebanyak mungkin hingga akhir bulan.

Kalau uang sisa tersebut masih ada sisanya lagi ketika kamu sudah gajian di bulan berikutnya, masukkan uang sisa itu ke dalam tabungan cadangan kamu. Ulangi cara ini setiap bulannya.

Waktu paling tepat untuk menabung adalah sekarang. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa menabung dan mencapai target yang diinginkan dalam waktu singkat. Kamu sudah menghabiskan banyak waktu dan uang untuk bersekolah, jangan sia-siakan itu semua hanya untuk hidup dari gaji ke gaji.

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android