Pernah nggak, sih, kamu berada di situasi yang sudah sering menyisihkan uang tapi uangnya nggak lekas terkumpul banyak? Kalau kamu merasakan hal tersebut, itu artinya ada yang salah dengan cara menabungmu. Kesalahan ini sebenarnya umum terjadi.

Penyebabnya beragam, mulai dari banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi hingga yang paling umum adalah kesulitan mengatur keuangan. Kebanyakan orang yang sulit mengelola penghasilannya sering dikaitkan dengan perilaku konsumtif luar biasa alias boros.

Memang terdengar hal yang mustahil kalau orang yang sudah menabung malah nggak bisa mendapatkan hasilnya. Nah, kalau kamu tergolong ke dalam orang yang sering berada di situasi sepert itu, sebaiknya simak dulu ulasan berikut ini agar kamu bisa mengetahui di mana letak kesalahan menabung kamu selama ini.

Hidup dengan kartu kredit

Kesalahan dalam Menabung yang Nggak akan Bikin Kaya

Kesalahan menabung pertama yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah penggunaan kartu kredit yang terlalu sering. Promo kartu kredit memang bikin orang jadi lapar mata, apalagi kalau promonya hadir di tanggal tua di mana separuh gaji telah habis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, hal tersebut malah bikin penggunanya membeli barang-barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan. Ujung-ujungnya, mereka jadi konsumtif. Parahnya lagi, kalau kamu jarang mengecek berapa banyak uang yang telah dihabiskan dengan penggunaan kartu kredit.

Maka dari itu, jangan biarkan hidupmu bergantung dengan kartu kredit. Perlu diingat bahwa kartu kredit bukan alat untuk berhutang, melainkan alat pembayaran yang bisa memudahkanmu dalam bertansaksi. Kalau nggak mau usaha menabung kamu jadi sia-sia, sebaiknya gunakan kartu kredit dengan bijaksana.  

Hanya punya satu rekening tabungan

Kesalahan dalam Menabung yang Nggak akan Bikin Kaya

Kamu mungkin tipe orang yang nggak mau ribet sehingga berpikir kalau punya satu rekening tabungan saja cukup. Padahal hal ini justru memicu seseorang untuk kesulitan dalam menabung. Dengan mencampur seluruh tabungan dalam satu rekening, kamu nggak akan pernah tahu berapa budget yang tersisa untuk kebutuhan bulan ini.

Sedangkan, kalau kamu punya tabungan lebih dari satu rekening, kamu dapat dengan mudah mengalokasikan dana untuk berbagai macam jenis kebutuhan. Misalnya, satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening lainnya digunakan untuk menabung. Dengan melakukan cara ini, dijamin kamu nggak akan lagi melakukan kesalahan menabung.

Menabung dari sisa pengeluaran setiap bulan

Kesalahan dalam Menabung yang Nggak akan Bikin Kaya

Kesalahan menabung lainnya yang sering dilakukan kebanyakan orang adalah menabung hanya dari sisa pengeluaran setiap bulannya. Perlu kamu ketahui bahwa strategi seperti ini bukannya bikin untung malah bikin buntung. Pengeluaranmu akan membengkak, yang secara nggak langsung bisa bikin kamu belanja berlebihan.

Kalau pengin kaya dari menabung, coba, deh, sisihkan sejumlah uang di awal bulan setelah kamu gajian. Uang ini harus langsung kamu setorkan ke rekening tabunganmu. Dengan begini, kamu jadi bisa punya perencaan keuangan yang pas, mana uang yang boleh dibelanjakan dan yang nggak boleh dibelanjakan.

Menyepelekan hal-hal kecil

Membiasakan diri menabung tiap bulan memang bagus, tapi lebih bagus lagi bila kamu bisa menabung dengan nominal yang lebih banyak. Caranya tentu saja dengan menghemat biaya pengeluaranmu tiap bulan.

Selama ini mungkin kamu nggak sadar kalau pengeluaran kecil yang sering kamu lakukan justru bisa membuat tabungan nggak lekas terkumpul. Kesalahan inilah yang mesti kamu perbaiki. Sebab, seberapa kecil pun pengeluaranmu, tapi saat diakumulasikan pada akhir bulan akan menghasilkan nominal yang besar.

Menghemat juga akan membantumu lebih disiplin dalam menabung. Secara otomatis, kamu jadi lebih cermat dalam menentukan anggaran bulanan. Kalau kamu konsisten, kondisi keuanganmu bakal lebih teratur dan terhindar dari hutang.

Nggak pernah mencatat pengeluaran

Kesalahan Menabung yang Nggak akan Bikin Kaya

Buat kamu yang nggak pernah mencatat pengeluaran bulananmu, sebaiknya mulai melakukan pencatatan keuangan. Selain berguna untuk melacak ke mana saja uangmu pergi, cara ini juga dapat membantumu dalam mengontrol pengeluaran sehingga kamu nggak akan lagi melakukan kesalahan menabung.

Misalnya, di bulan ini ada banyak barang yang harus kamu beli, maka catatlah semua pengeluaran tersebut pada sebuah note. Setelah dicatat, coba lihat kembali catatan tersebut sebagai bahan evaluasi untuk menabung di bulan depan. Kalau kamu merasa sudah menghabiskan banyak uang di bulan sebelumnya, jangan lakukan hal yang sama di bulan-bulan berikutnya.

Malas mencatat keuangan di notes? Tenang, saat ini ada banyak aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu manfaatkan. Dengan bantuan aplikasi tersebut, kamu tinggal menuliskan detail pengeluaranmu setiap hari. Jangan lupa untuk menyertakan lokasi dan waktu transaksi untuk membuat catatannya semakin jelas.

Itulah beberapa kesalahan menabung yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang. Nah, kalau kamu nggak kepengin kere di masa depan, yuk, mulai kenali kesalahan apa saja yang selama ini kamu lakukan saat menabung.

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android