Tips Bikin Resepsi dengan Rp50 juta – Jujur, deh, kamu pasti sudah sering mendengar ucapan “Nikah itu mahal” “Nikah itu butuh ratusan juta” “Hari gini nikah Rp50 juta? Nggak mungkin!”.

Di Indonesia, menikah memang identik dengan sebuah perayaan atau pesta besar-besaran. Bahkan, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengadakan pesta pernikahan dengan biaya pernikahan termahal yang pernah ada. Tujuannya tentu saja yaitu untuk adu gengsi. 

Mengadakan pesta pernikahan sejatinya bukan hal yang salah sebab akan banyak momen berkesan yang terjadi melalui pesta pernikahan. Nah, kalau kamu dan pasangan tengah merencanakan pernikahan tapi nggak kepengin mengeluarkan biaya pernikahan yang terlalu besar, tenang saja. Kamu tetap bisa mengadakan pesta pernikahan impian dengan budget kurang dari Rp50 juta, lho.

Ini dia tips bikin resepsi pernikahan murah tapi elegan dengan biaya pernikahan maksimal Rp50 juta.

Susun anggaran biaya pernikahan

biaya pernikahan Rp50 juta

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah menyusun anggaran pernikahan yang ketat. Mengingat modal nikah yang ingin dikeluarkan nggak mau terlalu besar, kamu dan pasangan harus pintar dalam merencanakan biaya pernikahan.

Buatlah yang detail, mulai dari biaya undangan, souvenir, tenda atau gedung, dekorasi, makeup dan sewa baju pengantin, dokumentasi, catering, serta biaya tak terduga. Pembagiannya bisa mengikuti contoh seperti di bawah ini,

Tempat dan dekorasi (30 persen) = Rp15 juta

Catering (30 persen) = Rp15 juta

Makeup dan sewa baju pengantin (10 persen) = Rp7 juta

Undangan (5 persen) = Rp2 juta

Dokumentasi (10 persen) = Rp5 juta

Konsumsi di rumah (3 persen) = Rp1,5 juta

Biaya tak terduga (12 persen) = Rp4,5 juta

Adakan pesta pernikahan di rumah

Berdasarkan simulasi anggaran di atas, biaya untuk tempat dan dekorasi hanya dibatasi Rp15 juta. Maka dari itu, kamu harus memikirkan venue acara pesta pernikahan yang sesuai budget. Kalau memang nggak memungkinkan menyewa gedung, kamu bisa mengadakan pesta pernikahan di rumah.

Walau hanya di rumah, kamu tetap bisa membuat pesta pernikahan yang elegan, kok. Hal ini bisa disiasati dengan pemilihan dekorasinya. Misalnya memilih warna tenda yang nggak mencolok, seperti warna silver atau gold. Atau, kalau halaman di rumahmu cukup luas, kamu bisa membuat garden party dengan mengusung tema rustic yang kini tengah hits.

Selektif dalam memilih tamu undangan

Biaya pernikahan yang sederhana identik dengan acara pernikahan yang intimate. Artinya, kamu harus selektif dalam memilih tamu undangan. Perlu kamu ketahui bahwa salah satu faktor penentu biaya pernikahan adalah tamu undangan. Semakin banyak tamu yang hadir, semakin banyak pula biaya yang harus kamu keluarkan.

Untuk itu, undanglah hanya keluarga serta kerabat dekat saja, ditambah dengan teman dekat serta kolega dan pasangan. Pilih tamu undangan yang benar-benar dekat denganmu. Jika bingung dalam menentukannya, kamu bisa mempertimbangkan orang-orang yang punya peran penting dalam hidupmu.

Pilih undangan dan souvenir yang sesuai dengan biaya pernikahan

Harga undangan ditentukan dari jenis kertas yang dipilih serta desain yang digunakan. Kisaran harganya mulai dari Rp1.500 hingga puluhan ribu rupiah. Nah, kalau kamu memangkas budget, pilihlah undangan yang harganya Rp3.000an karena biasanya undangan dengan kisaran harga tersebut juga sudah cukup baik.

Namun, kalau memang mau memilih undangan yang agak mahalan, sesuai jumlahnya dengan budget yang kamu miliki. Sebaiknya pesan undangan hanya untuk tamu tertentu saja sebab di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa mengundang kerabat dengan undangan digital.

Masak sendiri untuk menghemat biaya pernikahan

biaya pernikahan Rp50 juta

Setelah gedung, catering adalah komponen yang memakan biaya pernikahan paling besar kedua. Bayangkan kalau harga seporsi catering Rp50 ribu dan tamu undanganmu berjumlah 400 orang, kamu harus menyiapkan budget Rp20 juta. Daripada pesan catering yang harga setiap tahunnya selalu naik, lebih baik untuk menyiapkan hidangan pernikahan sendiri.

Ya, mintalah bantuan keluarga, kerabat, atau pun tetangga yang punya keahlian dalam bidang tersebut. Nantinya, kamu bisa memberikan imbalan kepada mereka yang sudah membantumu dalam menyiapkan hidangan pernikahan.

Soal menunya, kamu bisa mencoba beberapa menu yang umum disajikan dalam sebuah pesta pernikahan. Yang terpenting, siapkan hidangan yang rasanya enak sehingga tamu undangan pun nggak akan kecewa saat mencicipinya.

Sewa baju pengantin

Demi tercapainya wedding dream dengan biaya pernikahan sederhana, pangkas budget baju pengantin. Ingat, pesta pernikahan hanya berlangsung selama 2 jam. Rasanya sayang bila kita harus mengeluarkan biaya berjuta-juta hanya untuk membeli baju pengantin.

Saat ini ada begitu banyak sanggar pernikahan yang menyewakan baju pengantin dengan model yang elegan. Harganya pun nggak terlalu mahal, biasanya dibanderol mulai dari Rp1,5 juta untuk baju pengantin sepasang. Sisa uangnya bisa kamu manfaatkan untuk menyewa baju untuk pagar ayu dan keluarga lainnya.

Susun acara pesta yang menarik

biaya pernikahan Rp50 juta

Meski sederhana, buatlah pesta pernikahan yang menarik sehingga bisa membuat tamu undangan yang hadir merasa berkesan. Misalnya dengan menyewa band atau memberikan doorprize saat momen pelemparan bunga. Pokoknya, buat acara semenarik mungkin agar suasana pesta terasa hangat dan menyenangkan.

Itu dia tips membuat pesta pernikahan impian dengan bujet kurang dari Rp50 juta. Memaksimalkan biaya pernikahan sederhan untuk menggelar pesta pernikahan yang megah tentu bukan lagi mimpi, kan? Oleh karena itu, yuk, mulai susun anggaran pestamu dengan bijak!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android