Menikah tentu jadi dambaan setiap pasangan, apalagi kalau sudah merasa cocok antara satu sama lain. Namun, untuk mewujudkan impian tersebut dibutuhkan perencanaan panjang. Kalau restu orang tua sudah didapat, kini saatnya menyiapkan modal untuk menikah.

Meski nominalnya relatif, tapi tetap saja jumlahnya nggak sedikit. Terlebih kalau kamu dan pasangan memiliki konsep pernikahan impian. Nah, kalau rencana pernikahan kamu memerlukan yang cukup besar, sebaiknya mulai dari sekarang.

Mengumpulkan modal untuk menikah nggak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi kalau kamu dan pasangan nggak mendapat sokongan dana dari orang tua. Namun, tenang saja, menabung untuk nggak sesulit yang dibayangkan, kok. Kamu bisa sekalian mengajak pacar untuk ikutan menabung bersama.

Lantas, bagaimana cara cepat menabung untuk modal nikah bareng pacar? Kalau masih bingung harus memulai dari mana, yuk, simak 7 cara mudahnya di bawah ini!

Kumpulkan niat yang besar

Cara Menabung Modal Nikah

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah mengumpulkan niat yang besar. Modal untuk menikah yang nggak sedikit sebenarnya bisa dikumpulkan dengan cepat asalkan kamu mau bersungguh-sungguh. Kamu dan pasangan juga dituntut untuk berkomitmen yang kuat serta menyiapkan hati dan pikiran sebab proses menabung ini nggak mudah untuk dijalani.

Menyusun anggaran untuk pernikahan

Cara Menabung Modal Nikah

Selanjutnya kamu bisa langsung menyusun anggaran untuk kebutuhan pernikahan. Buatlah daftar lengkap tentang hal apa sjaa yang diperlukan untuk mewujudkan pernikahan impian. Usahakan untuk membuatnya secara detail dengan rincian harga yang pasti.

Untuk saat ini, fokus saja terhadap bujet sewa gedung, baju pernikahan, dan catering sebab tiga hal ini merupakan poin penting yang menyedot bujet paling tinggi. Setelah itu, barulah kamu bisa membuat anggaran untuk hal-hal yang terlihat kecil padahal sebenarnya juga membutuhkan biaya yang nggak sedikit, seperti undangan dan souvenir.

Pastikan kamu memiliki target tabungan yang ingin kalian capai. Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa menentukan berapa banyak uang yang harus kamu dan pasangan kumpulkan setiap bulannya.

Terapkan gaya pacaran hemat

Cara Menabung Modal Nikah

Setelah menyusun anggaran kebutuhan pernikahan dan kalian sudah mengetahui nominal uang yang harus dikumpulkan, kini saatnya untuk berhemat. Hal ini memang terdengar mudah, tapi nyatanya paling sulit dilakukan. Kamu harus bisa mengolah pendapatan (gaji) untuk disisihkan setiap bulannya.

Caranya adalah dengan mengubah gaya hidup konsumtif yang biasa kamu dan pasangan lakukan, seperti nongkrong di kafe, traveling ke luar kota, dan lain sebagainya. Daripada nonton film di bioskop, kalian bisa santai di rumah sambal membicarakan tentang masa depan.

Selain itu, cobalah untuk langsung menyisihkan sebagian gaji kamu ketika mendapatkan gaji di awal bulan. Simpanlah uang untuk modal menikah di rekening khusus yang telah kamu persiapkan sebelumnya.

Meminimalisir bujet transportasi

Cara Menabung Modal Nikah

Terbiasa pergi ke kantor dengan transportasi online? Tarif transportasi online yang semakin mahal membuat kamu harus pintar-pintar dalam memilih transportasi ketika bepergian. Kalau sudah berniat untuk berhemat, cobalah untuk beralih menggunakan transportasi umum.

Menggunakan kendaraan pribadi pun nggak masalah, tapi kamu harus tetap memerhatikan jarak yang ditempuh. Bila jarak antara rumah dan kantor terlampau jauh, sebaiknya urungkan niat untuk menggunakan kendaraan pribadi sebab biaya bensin dan parkir juga perlu kamu perhitungkan.

Mencicil kebutuhan sedikit demi sedikit

Cara Menabung Modal Nikah

Sambil menabung, kamu bisa sekalian mencicil kebutuhan pernikahan sedikit demi sedikit. Misalnya, kalau bujet untuk souvenir sudah terkumpul, kamu bisa langsung memesannya. Dengan begini, kamu dan pasangan bisa tetap fokus kepada tujuan awal, yakni mewujudkan pernikahan impian.

Membagi tanggung jawab

Cara Menabung Modal Nikah

Yang namanya mempersiapkan pernikahan nggak bisa dibebani pada satu orang saja sebab urusan pernikahan adalah tanggung jawab bersama. Baik kamu atau pasangan harus sama-sama membuat perencanaan pernikahan yang matang. Membagi tanggung jawab akan kebutuhan pernikahan juga menjadi tugas selanjutnya yang harus kamu dan pasangan lakukan.

Misalnya, kamu bertanggung jawab terhadap urusan catering dan gaun pernikahan, sementara pasangan kamu bertanggung jawab pada urusan gedung dan hal lainnya. Dengan begini, kamu dan pasangan bisa saling memantau kebutuhan apa saja yang sudah dipenuhi dan belum.

Menabung dengan investasi

Cara Menabung Modal Nikah

Selain menabung dalam bentuk simpanan, kamu dan pasangan juga bisa, lho, menabung dengan cara investasi. Investasi yang dimaksud di sini adalah investasi jangka pendek yang nggak memerlukan biaya besar untuk memulainya. Misalnya saja, kamu bisa melakukan investasi dengan instrumen emas.

Harga emas yang cenderung stabil di pasaran menjadi pilihan yang tepat bila ingin mendapatkan uang tambahan untuk modal menikah. Selain sebagai investasi, kamu juga bisa menjadikan emas tersebut sebagai mahar pernikahan.

Bagaimana, kapan kamu mau mulai menabung untuk modal menikah bareng pacar?

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android