Gaya hidup ibukota, terutama para kelas menengah dan pekerja kantoran banyak yang bisa dibilang boros. Bisa jadi, kamu juga termasuk salah satu diantaranya. Kalau nggak dikelola dengan baik, yang ada gaji cuma numpang lewat aja. Betul kan?

Kamu harus tahu bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari bisa bikin dompetmu bolong. Mungkin kalau kebiasaan kecil nggak mungkin berasa. Tapi, kalau dijumlahkan, kebiasaan kecil yang dilakukan secara terus menerus cukup menguras isi dompet kamu lho. Bahkan, bisa-bisa nggak ada pemasukan untuk tabungan serta dana darurat. Percuma kan, capek-capek kerja sebulan tapi nggak bisa nabung sama sekali.

Kalau kamu salah satu yang tipe seperti itu, jangan-jangan kamu sudah terjebak di gaya hidup itu. Coba ingat-ingat kembali, apa saja pengeluaran sehari-hari kamu yang bisa ditekan atau diganti dengan alternatif lain. Ada banyak pastinya, tapi kamu belum menyadarinya saja.

Daripada kamu bingung, berikut contoh gaya hidup boros yang sebenarnya bisa kamu kurangi demi menyelamatkan keuanganmu.

Kebiasaan naik taksi saat berangkat kerja

gaya hidup

Naik taksi mungkin memang lebih enak dibanding transportasi umum lainnya. Di dalam taksi kalian bisa tidur dengan tenang, nggak kepanasan, dan pas bangun sudah sampai kantor saja. Tapi kebiasaan ini sebenarnya justru bisa membuat kesempatanmu untuk menabung lebih jadi hilang.

Coba saja kamu ganti dengan transportasi lainnya seperti bus, angkutan umum, atau ojek online yang tarifnya lebih murah ketimbang taksi. Mungkin kenyamanannya nggak sebanding, tapi kan tabunganmu lebih penting ketimbang kenyamanan sesaat. Kalau kamu tinggal di ibukota, transportasi umum yang tersedia juga sudah bagus lho!

Naik taksi juga nggak menjamin kamu bisa tiba di kantor tepat waktu lho, apalagi kalau setiap hari kondisi jalanannya memang macet.

Membeli kopi

gaya hidup

Gaya hidup yang seperti ini nmasih sering ditemukan di perkotaan Jakarta. Sebelum masuk kerja mampir dulu ke coffee shop untuk beli espresso atau cappuccino. Memang harganya nggak seberapa, paling antara Rp 10 ribu sampai Rp 30 ribuan. Tapi kalau terus-terusan setiap hari, harganya akan membengkak. Belum lagi dengan adanya trend kopi kekinian, baru masuk kantor 2 jam sudah pesan kopi lagi. Sore sebelum pulang, pesan 1 gelas lagi. Boros kan, kalau dihitung-hitung?

Kalau memang yang kamu cari adalah efek menahan kantuk dari kafein, kamu bisa bikin sendiri di di rumah atau kantor. Apalagi, rata-rata kantor memang sudah punya stok kopi sendiri. Coba bayangkan, biasanya kamu minimal menghabiskan Rp 10 ribu untuk segelas kopi dalam sehari, maka dalam lima hari kerja kamu sudah hemat Rp 50 ribu. Dalam sebulan, kamu bisa nabung Rp 200 ribu.

Apalagi kalau dalam sehari kamu biasa membeli kopi lebih dari 2 gelas, banyak kan, uang yang bisa dihemat?

Makan siang yang kelewat mahal

gaya hidup

Kebiasaan yang ini juga bikin kantong bolong. Masih banyak yang memilih untuk makan siang di tempat makan yang mahal, entah hanya karena gengsi atau merasa wajib memanjakan diri sendiri. Kalau sekali makan di atas Rp 50 ribu itu udah kelewat mahal. Coba deh, kurangi lagi pengeluaran untuk makan siang. Makan di tempat yang biasa-biasa saja selama tempatnya bersih dan asupan gizinya tercukupi, kenapa nggak kan?

Buatlah batasan pengeluaran makanmu sehari-hari, kalau kamu merasa Rp 50 ribu adalah batas yang proporsional jika dibandingkan dengan gajimu, ya jangan lebih dari nominal tersebut. Atau kalau kamu pikir Rp 30 ribu sudah cukup, ya buat saja patokan agar tidak makan lebih dari Rp 30 ribu.

Ingat, kamu juga tetap perlu makan di malam hari. Kalau kamu sudah mengeluarkan uang yang banyak di siang harinya, bagimana untuk makan sore atau malam?

Cara hemat lainnya adalah dengan membawa bekal sendiri ke kantor. Selain terjamin kebersihannya, kamu juga akan memiliki skill baru lho! Siapa tahu, ternyata kamu malah bisa jualan dan cuan?

Berlangganan Gym

gaya hidup

Berlangganan keanggotaan gym atau memang nggak bakal bikin kamu rugi karena tubuh kamu akan lebih sehat. Karena meskipun kamu keluar uang banyak, tapi manfaatnya untuk kesehatan sangatlah baik. Apalagi, badan yang sehat adalah salah satu investasi keuangan yang paling penting. Rajin berolahraga bisa membuat kita lebih kebal terhadap penyakit serta membuat pikiran lebih tenang.

Tapi, untuk berolahraga nggak perlu membuat dompet jebol kok. Apalagi kalau ternyata kamu jarang menggunakan fasilitas gym tersebut. Berolahraga dengan murah juga bisa, misalnya bersepeda atau lari pagi dan sore. Ajak teman-teman kantor kamu agar acara olahraganya lebih seru dan menarik!

Makan malam di tempat mahal salah satu gaya

makan mewah

Nongkrong-nongkrong sehabis kerja bersama teman-teman memang seru dan mengasyikkan. Gaya hidup yang ini dijamin bisa bikin stres kita hilang sesaat. Tapi perhatikan juga seberapa sering kamu nongkrong di luar. Jangan mengeluarkan uang terlalu banyak untuk nongkrong dan makan malam, sesekali saja sudah cukup.

Itu tadi 5 gaya hidup yang biasa dilakukan oleh para pekerja kantoran di perkotaan. Yang paling penting adalah, jangan mengorbankan tabungan dan pengeluaran wajib setiap bulannya untuk pengeluaran yang gak perlu atau gengsi semata.

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android