Zaman sekarang, semua orang, apalagi anak muda, sudah pasti gemar menghabiskan waktunya scrolling lini masa Instagram. Di lain sisi, sudah menjadi rahasia umum kalau Instagram adalah tempat orang-orang pamer , baik barang, makanan, rumah dan banyak hal lainnya.

Tanpa disadari, hal ini bisa membuat mereka yang meghabiskan waktunya di Instagram menjadi konsumtif agar bisa ikutan pamer seperti teman-temannya. Sayangnya, sebagian besar orang tumbuh dan besar dari masyarakat sederhana dengan keuangan yang biasa saja.

Akhirnya, ketika mereka bekerja dan mulai mendapatkan penghasilan sendiri, muncul kebiasaan-kebiasaan konsumtif yang malah bisa merusak kondisi keuangan, baik saat ini maupun kondisi keuangan di masa depan. Nah, berikut kebiasaan-kebiasaan mahal yang bisa menghabiskan uang kamu setiap bulannya.

Beli mobil

gaya hidup

Kredit mobil sekarang memang murah dan mudah. Kapan lagi, gaji standar tapi sudah bisa punya mobil? Keren banget kan? Eits, tapi jangan lupa, mobil tetaplah barang mewah yang akan menghabiskan banyak uang. Nggak cuma dari harga mobil itu sendiri, tapi juga dari biaya perawatan setiap bulannya plus biaya bensin, bunga dan pajak.

Beli barang branded

Agar terlihat keren, barang harus yang bermerek dong pastinya. Baju harus selalu beli di mall dan handphone juga harus yang mahal. Tapi kenyataannya, kamu sebetulnya nggak butuh-butuh banget lho. Kalau nggak hati-hati, gaya hidup ini bisa bikin dompet kamu bolong setiap bulannya!

ke minimarket

gaya hidup

Berangkat kerja, mampir ke minimarket. Makan siang, mampir lagi. Malam sebelum sampai ke rumah, belanja lagi ke minimarket. Padahal yang dibeli cuma makanan dan minuman ringan aja, tapi coba kamu totalkan dalam sebulan, angkanya bisa tiba-tiba membengkak lho! Supaya nggak terlalu boros, lebih baik belanja keperluan sehari-hari dilakukan cukup satu kali setiap bulannya. Selain bisa lebih hemat karena dapat harga grosir, kamu juga nggak perlu bolak-balik ke minimarket yang bikin kamu tergoda untuk beli snack. Oh iya, akan jauh lebih hemat lagi kalau kamu belanja di pasar lho!

Menghabiskan uang untuk hobi

Hobi adalah sebuah bentuk aktualisasi diri yang sebetulnya positif karena bisa menjadi sarana hiburan untuk diri sendiri. Tapi, belanja hobi yang nggak dikontrol itu berbahaya banget. Apalagi kalau hobi kamu adalah hobi mahal seperti koleksi action figures dan membeli video games. Mending kalau memang hobi, kalau cuma agar terlihat keren? Lebih baik uangnya diinvestasikan aja deh!

Gaya hidup yang abai dengan kesehatan

Banyak yang nggak sadar kalau kesehatan badan akan berpengaruh terhadap kesehatan finansial. Padahal, biaya kesehatan itu sangat mahal dan bisa benar-benar membuat kamu bangkrut. Jadi, jangan tunda lagi jadwal pemeriksaan kesehatan berkala kamu ya! Dan jangan lupa juga untuk mengambil asuransi kesehatan supaya kamu nggak perlu terlalu khawatir akan adanya biaya berobat dadakan.

Gaya hidup nongkrong di luar

gaya hidup

Dengan banyaknya cafe-cafe Instagrammable yang terus bermunculan, tentu bisa membuat kamu ingin terus nongkrong bersama teman-teman. Tanpa kamu sadari, gaya hidup nongkrong yang rutin dilakukan setiap bulannya akan mengikikis isi dompet kamu. Padahal, nongkrong bersama teman juga bisa di rumah. Selain hemat ongkos, nyaman, kamu juga bisa hemat biaya makan dengan cara memasak sendiri. Tapi kalau memang tetap ingin pergi nongkrong, jangan lupa membuat jadwalnya terlebih dahulu supaya kantong nggak tiba-tiba jebol!

Jadi traveller dadakan

Melihat teman-teman hobi memang terlihat asik, apalagi tempatnya bagus-bagus. Sebelum kamu memutuskan untuk ikut liburan, lihat dulu kondisi keuangan kamu apakah memungkinkan untuk dilakukan. Ingat, kebutuhan kamu harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum beralih ke keinginan.

Liburan pun sekarang juga cukup mudah, apalagi kalau kamu sudah punya kartu kredit. Tapi, daripada memaksa diri sendiri untuk sering liburan, akan lebih bijaksana kalau kamu menabung terlebih dahulu. Jangan sampai liburan yang seharusnya membuat kamu lebih bahagia dan fresh malah membuat kamu stress karena mendadak ada banyak hutang kartu kredit.

Pengunjung setia acara musik

gaya hidup

Sekarang, hampir setiap beberapa bulan sekali pasti ada acara musik, entah dalam bentuk konser atau festival yang bisa kamu kunjungi. Masalahnya, acara-acara sebagian besar memang keren, asik dan kekinian! Dengan popularitasnya yang tinggi, nggak heran kalau harga tiket dari acara-acara ini juga cukup mahal.

Acara-acara ini juga berpotensi besar menghabiskan uang kamu. Ada baiknya kalau kamu ingin datang ke acara-acara musik ini, datanglah ke acara yang memang menampilkan musisi favorit kamu.

Gaya hidup di atas sebetulnya dapat dengan mudah diubah. Yang terpenting, sebelum mengeluarkan uang, pikirkan lagi dengan baik apakah pengeluaran tersebut nantinya malah akan menyulitkan kamu di masa depan. Apalagi kalau kamu masih fresh graduate, nggak ada salahnya mengatur uang dimulai dari sekarang. Yuk, lebih bijaksana dalam menggunakan uang!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android