– Pernah ngerasain nggak, gaji yang baru aja masuk eh tiba-tiba habis karena bayar ini-itu? Kalau iya, berarti ada yang salah dengan cashflow kamu. Nah, kesalahan pada cashflow ini harus segera dicari tau penyebab serta solusinya. Kalau nggak buru-buru dicari, uang dari gaji akan selalu habis dan akibatnya kamu tidak memiliki tabungan atau malah membuatmu berhutang.

Bisa dibilang mengatur keuangan ini susah-susah gampang, karena mengatur keuangan dibutuhkan komitmen tinggi dan nggak gampang tergiur dengan diskon! Lalu apa saja sih cara mengatur keuangan agar cashflow pribadi kamu menjadi positif? Yuk, simak penjelasan berikut ini:

1. Perbaiki Pengeluaran Pribadi

Pernah bingung nggak sih uang kita tiba-tiba ludes meski kita tidak membeli barang apapun yang memiliki harga cukup mahal? Jika iya! Berarti ada yang salah dengan pengeluaran pribadi kamu. Contoh: selalu membeli air mineral saat berpergian, padahal jika kita membawa air mineral dari rumah, kita akan jauh lebih hemat. Nah, sekarang coba ingat-ingat pengeluaran pribadi apa yang tak terlihat namun bikin keuanganmu membengkak?

2. Jangan Berhutang Untuk Hal Yang Tidak Penting

Sering kali keuangannya yang selalu negatif disebabkan oleh hutang yang tidak ada habisnya. Gaji yang didapatkan satu bulan pun selalu terkuras hanya untuk membayar hutang. Hutang boleh saja dilakukan, namun harus hutang untuk kebutuhan yang sangat mendesak. Jangan sampai kamu berhutang untuk hal-hal yang berbau foya-foya.

3. Buat Anggaran Keuangan Untuk Masing-Masing Kebutuhan

Cara Mengatur Keuangan
Siapkan Anggaran Kebutuhan

Selain hutang dan pengeluaran pribadi, keuangan yang tidak terukur dan direncanakan dengan baik bisa mempengaruhi kondisi keuangan. Berikut contoh untuk memecahkan uang sesuai kebutuhan:
– Makan: Rp1.000.000
– Transportasi: Rp500.000
– Belanja bulanan: Rp750.00

Nah, ketika kamu budget untuk makan semisal sudah mendekati Rp1.000.000 sedangkan tanggal untuk gajian masih lama, maka kamu diharuskan berhemat.

4. Jangan lupakan Investasi

Cara Mengatur Keuangan
Jangan lupa untuk investasi

Paling penting nih! Karena investasi bisa menjadi salah satu dana darurat atau persiapan hari tua. Saat investasi pun kamu harus sesuaikan dengan pemasukan dan pastikan investasi yang aman serta minimum kerugian. Banyak macam-macam investasi yang bisa menjadi alternatifmu, seperti: emas, reksadana, saham dan lain sebagainya.

5. Hemat Biaya Admin Transfer Antar Bank

Hayo, pernah kamu memikirkan biaya admin transfer antar bank bisa membuat keuangan membengkak? Kalau dianalisa lebih dalam nih, sekali transfer kita mengeluarkan biaya Rp6.500 bagaimana jika dalam sebulan kita transfer uang antar bank lebih dari 20kali? wah lumayan banget kan!

Nah, untuk menghemat biaya admin transfer antar bank kamu bisa menggunakan aplikasi gratis biaya admin transfer antar bank! Cek fakta aplikasi transfer antar bank berikut!

6. Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Cara Mengatur Keuangan
Bijak menggunakan kartu kredit

Banyak orang bilang, kartu kredit bisa jadi boomerang untuk keuangan. Tapi, sebenarnya kartu kredit bisa menguntungkan kalau kamu menggunakan dengan baik. Contoh menggunakan kartu kredit dengan baik yaitu: menggunakannya saat membeli tiket atau barang yang mendesak karena biasanya banyak keuntungan dan diskon bagi mereka pemegang kartu kredit.

7. Hemat dan Jangan Tergiur Diskon

Poin terakhir ini butuh komitmen dan susah-susah gampang! Siapa sih di dunia ini yang nggak tergiur dengan diskon atau cashback? Meskipun ada embel-embel diskon atau cashback tetap saja ini bisa membuat keuanganmu membengkak. Ada baiknya, sebelum tergiur diskon lihat dulu keuangan, jika tidak mencukupi jangan memaksakan ya!

Itu dia beberapa cara mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan! Nah, agar semakin hemat, kamu bisa memakai aplikasi OY!, di mana aplikasi tersebut bisa menjadi personal management dan sebagai salah satu alternatif aplikasi transaksi antar bank gratis biaya admin! Download sekarang di link berikut!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android