Banyak orang yang menganggap seperti musuh dalam keuangan. Akhirnya mereka enggan menggunakannya karena takut terperangkap. Pemikiran tersebut sebenarnya nggak salah. Apalagi bagi mereka yang belum bisa mengatur keuangan dengan stabil.

Kehadiran kartu kredit memang bisa mengancam kondisi keuangan dan membuatnya semakin buruk. Namun seperti mata uang, kartu kredit atau biasa disebut CC (credit card) memiliki dua sisi yang berbeda. Pada sisi lain, kamu bisa mengambil hal positif. Beberapa pengusaha besar, sukses mengelola keuangan dengan penggunaan credit card.

Jadi, penggunaan credit card menguntungkan atau nggak semuanya bergantung pada kamu. Oleh karena itu, coba lakukan beberapa trik berikut ini saat ingin bayar tagihan kartu kredit supaya pelunasannya nggak pake mahal serta nggak pake ribet.

Bayar tagihan melalui e-commerce

trik bayar tagihan kartu kredit

Biar pembayaran CC nggak pake ribet, coba deh, bayar tagihan melalui e-commerce. Sekarang sudah ada banyak e-commerce yang menawarkan jasa pembayaran kartu kredit. Bahkan, setiap kali membayar tagihan credit card, beberapa e-commerce bakal memberikan cashback hingga ratusan ribu.

Nah, cashback atau kupon potongan diskon tersebut bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya sehingga kamu bisa lebih untung daripada membayarnya langsung melalui ATM, nggak pake mahal sekaligus nggak pake ribet bukan?

Lunasi semua tanggung jawab kamu

Hal menarik dan menguntungkan lainnya yang bisa membuat pembayaran tagihan CC lebih ringan adalah melunasi semua tagihan, tanpa mencicilnya atau membagi dua. Melunasi tagihan CC secara menyeluruh akan membuat kamu terbebas dari biaya  bunga yang dibebankan atas penggunaan kartu kredit tersebut alias gratis.

Akan tetapi, kamu bisa mendapatkan bunga jika melakukan tarik tunai, namun masih relatif kecil, yakni hanya sekitar 0,25% hingga 0,95% tergantung jenis kartu kreditnya. Selain itu, kamu bisa bebas mendapatkan bunga cicilan jika sudah tercatat, cicilan 0% nggak akan dikenakan bunga. Kamu hanya akan dikenakan biaya materai yang hanya sebesar Rp6.000 saja. Murah, kan?

Bayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan supaya bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Dengan membayarnya sebelum jatuh tempo, kamu nggak akan dikenakan beban bunga atas keterlambatan pembayaran tagihan tersebut. Jadi kamu nggak perlu mengeluarkan sejumlah uang yang seharusnya nggak perlu dikeluarkan.

Membatasi 30% maksimal penggunaan dari limit kartu kredit

trik bayar tagihan kartu kredit

Satu hal yang perlu kamu perhatikan, kenapa jangan menggunakan CC hingga di atas 30% dari kredit limit. Salah satu rumus kesehatan finansial yang aman kamu lakukan adalah mengetahui batas aman utang yang nggak boleh lebih 30% dari pendapatan.

Artinya, jika kamu hanya menggunakan CC nggak lebih dari 30% dari kredit limit, maka saat membayar tagihan pun akan nggak terlalu memberatkan. Artinya, uang gaji nggak habis hanya untuk membayar tagihan CC.

Bayar secara auto debit

Bayar kartu kredit nggak pake ribet dengan memanfaatkan fitur layanan debit otomatis. Sistem auto debit yang langsung memotong saldo di rekening bank kita tentunya akan meringankan dan menghindari kita dari keinginan untuk membayar tagihan secara minimum yang nantinya memunculkan sejumlah bunga untuk tagihan bulan depan. Jadi, kamu nggak perlu menyisihkan uang untuk membayar secara manual lagi.

Hindari terlambat membayar tagihan kartu kredit

Bukan hanya soal kartu kredit, hampir semua hal jika terlambat membayar tagihan pasti akan dikenakan denda. Pembayaran denda tersebut pasti akan merugikanmu karena yang tadinya bisa bayar tagihan nggak pake mahal, kamu malah harus mengeluarkan sejumlah uang secara percuma. Jadi, jangan pernah terlambat bayar tagihan, ya!

Jangan membayar di bawah batas minimum tagihan

Ketika tanggal cetak tagihan tiba, kamu pasti akan melihat rincian nominal penggunaan atau transaksi CC dan jumlah tagihan baru, serta pembayaran minimum yang tertera. Bahkan jumlah nominal terkecil yang harus dibayarkan ke bank tersebut juga ditemukan saat akan membayar tagihan CC, baik itu melalui internet banking maupun ATM.

Artinya, kamu harus membayar tagihan di batas minimum yang telah ditetapkan jika belum bisa melunasinya. Jika kamu membayar kartu kredit di bawah nominal yang mereka tagih, maka kita akan dianggap telat bayar, dan pada bulan berikutnya akan ditagihkan bunga sekaligus denda keterlambatan.

Jadi jangan pernah telat bayar tagihan kartu kredit lagi, ya! Gunakan kartu kredit secara bijak supaya pelunasannya nggak pake mahal plus nggak pake ribet. Selain itu, kamu juga jadi bisa lebih pintar mengatur keuangan. Jangan lupa untuk gunakan trik di atas supaya keuangan kamu semakin sehat dan nggak kesulitan ekonomi lagi. Selamat mencoba!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android