bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang baru mau mencoba berinvestasi. Keuntungan emas memang nggak sebesar jenis lainnya tapi setidaknya emas adalah jenis yang paling bisa dijangkau oleh semua kalangan. Bahkan, bagi mereka yang punya penghasilan rendah pun bisa emas.

Selain itu, investasi emas juga punya kelebihan, antara lain kebal inflasi, nggak gampang rusak, risiko minim, dan modalnya yang relatif kecil. Jenis emas yang bisa diinvestasikan pun bermacam-macam, mulai dari emas koin, perhiasan, dan emas batangan.

Nah, buat kamu yang tertarik investasi emas, tapi masih bingung mau mulai dari mana, sebaiknya ikuti tips berikut ini.

Tentukan tujuan utama berinvestasi emas

Tips Sukses Investasi Emas Bagi Pemula

Apa tujuan kamu berinvestasi emas? Setiap orang pastinya memiliki tujuan saat berinvestasi, termasuk ketika kamu memutuskan untuk investasi emas. Nah, sebelum kamu mulai investasi emas, coba, deh, pikirkan dulu tujuan yang ingin kamu kejar. Dengan mengetahui tujuan berinvestasi, kamu jadi termotivasi untuk membeli emas secara konsisten.

Cek harga emas

Tips Sukses Investasi Emas Bagi Pemula

Perlu kamu ketahui bahwa harga emas cenderung naik turun. Maka dari itu, jangan terburu-buru untuk memborong emas. Sebaiknya, cek dulu harga emas di pasaran. Nggak perlu ribet datang ke toko emas hanya untuk mencari tahu harganya karena kamu bisa mengecek harganya di internet. Apalagi saat ini semakin banyak situs-situs finansial yang menampilkan harga emas terkini.

Jadi, kamu bisa memantau harga emas setiap harinya. Tipsnya, ketika harga emas sedang turun, kamu harus segera membeli emas sebab ini adalah waktu terbaik untuk investasi emas. Pokoknya, beli emas ketika harganya turun dan jual emas saat harganya sedang naik.

Tentukan besaran gram emas yang akan dibeli

Tips Sukses Investasi Emas Bagi Pemula

Selanjutnya, tentukan besaran gram emas yang mau kamu beli untuk berinvestasi. Misalnya 5 gram di awal pembelian. Kalau kamu punya uang lebih, kamu bisa meningkatkan jumlah besaran gram emas yang dibeli. Yang terpenting, kamu harus konsisten setiap kali membeli emas. Setelah itu, tentukan juga periode waktu pembelian emas, apakah setiap bulan atau setiap 3 bulan sekali. Hal ini dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan finansialmu.

Pilih tempat penyimpanan emas yang aman

Tips Sukses Investasi Emas Bagi Pemula

Hal lain yang perlu kamu pikirkan ketika berinvestasi emas adalah bagaimana menyimpan emas tersebut nantinya. Kalau kamu lebih memilih untuk investasi emas batangan logam mulia atau perhiasan, kamu membutuhkan lemari atau brankas khusus di rumah. Tentunya penyimpanan emas dengan cara seperti ini bikin kita was-was ketika sedang meninggalkan rumah.

Kalau nggak kepengin merasa was-was setiap waktu, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Safe Deposit Box (SDB) yang disediakan oleh sejumlah bank besar. Meski lebih aman dibandingkan menyimpannya di rumah, cara ini relatif lebih mahal karena kamu harus membayar uang sewa per tahunnya dengan harga yang bervariasi tergantung ukuran kotak yang digunakan.

Sisihkan penghasilan untuk membeli emas

Tips Sukses Investasi Emas Bagi Pemula

Untuk mulai berinvestasi emas, kamu nggak perlu punya uang banyak. Setidaknya kamu punya uang senilai 1gram emas, maka itu sudah cukup. Namun, bagi orang yang benar-benar belum punya modal sebesar itu, kamu nggak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak perusahaan maupun institusi keuangan yang menawarkan program cicilan emas secara online.

Fasilitas ini bahkan memungkinkan calon investor untuk berinvestasi emas mulai dari 0,0001 gram emas. Nantinya uang yang terkumpul bisa kamu gunakan untuk membeli emas batangan dari perusahaan pembelian emas resmi dari ANTAM yang tersertifikasi London Bullion Market Association (LBMA).

Tentukan tempat pembelian emas

Keuntungan Investasi Emas Sejak Muda

Membeli emas nggak boleh di tempat yang sembarangan, apalagi saat ini semakin banyak kasus penipuan saat membeli emas. Maka dari itu, jangan mudah percaya dengan penjual emas yang menawarkan harga murah dan proses yang cepat. Sebaiknya, cari tempat membeli emas yang resmi dan terpercaya, seperti PT Pegadaian, ANTAM, PT Pos Indonesia, dan Bank Syariah. 

Memeriksa kondisi emas

Tips Sukses Investasi Emas Bagi Pemula

Kalau kamu sudah melewati semua tahap di atas, kini saatnya untuk kamu memeriksa kondisi emas yang akan kamu beli. Saat berada di tempat jual beli emas, pastikan keaslian emas tersebut. jangan sampai emas yang kamu beli adalah palsu. Teliti juga kondisi emas yang dibeli buat investasi dengan kondisi mulus atau tidak cacat.

Itu dia langkah awal investasi emas untuk pemula. Jadi, kapan mau mulai investasi emas?

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android