Punya sifat boros tapi pengin rajin , emang bisa? Bisa banget! Sebenarnya boros atau nggak, itu hanya sebuah kebiasaan saja. Jika kamu sudah membiasakan diri untuk menahan godaan dan mengerti mana prioritas utama, dijamin pasti sifat buruk yang super boros lambat laun bisa berubah. Buat kamu yang pengin rajin dan menghilangkan sifat borosmu, coba lakukan beberapa tips berikut ini.

Lakukan evaluasi keuangan

tips supaya rajin menabung

Tahap pertama yang sebenarnya paling mudah dan bisa kamu lakukan supaya bisa rajin menabung adalah melakukan evaluasi keuangan. Setiap tahun kamu pasti memiliki resolusi untuk lebih baik. Di penghujung tahun ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi tersebut. 

Kamu harus mengingat, apa saja resolusi tahun kemarin yang sudah dan belum tercapai. Jika hal tersebut telah tercapai, kamu bisa meningkatkan kembali resolusi di tahun berikutnya dengan sedikit tantangan lebih. 

Namun, jika resolusi kamu di tahun kemarin sempat terhalang atau belum tercapai, sebaiknya selesaikan dulu. Misalnya, masih banyak cicilan kartu kredit. Artinya, kamu harus memberikan target untuk diri sendiri supaya melunasi semuanya di bulan dan tanggal yang telah ditentukan. Hal ini sangat membantu kamu mengirit keuangan, karena secara nggak langsung, kamu akan menahan godaan untuk belanja yang kurang penting dan menyimpannya demi melunasi utang.

Rajin menabung dimulai dengan komitmen dan disiplin 

Ini adalah hal yang paling penting jika ingin mulai menabung dan menghilangkan kebiasaan boros. Masalahnya, percuma rasanya jika kamu ingin rajin menabung, namun nggak memiliki komitmen dan disiplin yang kuat akan keuangan.

Kamu wajib mengubah kebiasaan burukmu yang gemar buang-buang uang tanpa hal yang jelas. Jika hal tersebut dirasa nggak penting, sebaiknya jangan lapar mata dan simpan uangmu. Sisihkan uang untuk menabung terlebih dahulu sebelum belanja. Sehingga kamu sudah memiliki pos-pos keuangan yang jelas dan nggak tercampur menjadi satu.

Kamu harus berkomitmen dengan diri sendiri. Supaya lebih mudah, kamu bisa memberikan target, misalnya apa yang ingin dibeli di tahun ini. Pastikan kamu menabung secara maksimal, supaya impian tersebut tercapai. Sehingga kamu memiliki semangat dan motivasi untuk mengumpulkan uang.

Ikut tabungan berjangka

tips supaya rajin menabung

Sekarang banyak sekali bank yang memiliki sistem autodebet dengan tabungan berjangka. Jenis tabungan ini sangat cocok untuk para pemula dan khususnya bagi kamu yang memiliki sifat boros supaya rajin menabung. Jangan sungkan untuk bertanya ke teman atau customer service di bank jika belum paham.

Sistem tabungan berjangka akan menarik uang kamu secara otomatis sesuai dengan nominal yang telah ditentukan di awal. Jumlah tersebut akan ditarik secara otomatis pada tanggal jatuh tempo. 

Kelebihan lainnya, jika memiliki uang lebih, kamu bisa langsung memasukkannya secara otomatis. Sehingga uang yang masuk menjadi lebih banyak. Nantinya uang tersebut akan cair setelah satu tahun menabung. Sebaiknya saat uang kamu cair segera masukkan di dalam deposito supaya nggak langsung habis dan masih bisa menabung.

Berani memulai investasi sejak dini

Jangan pernah takut untuk mulai berinvestasi. Pada tahap awal mungkin kamu masih takut mengambil risiko. Jadi investasi yang paling tepat dan aman adalah memilih deposito karena risikonya kecil. Namun deposito hanya memiliki bunga kecil dan harus membayar biaya admin.

Jika kamu sudah bisa berkomitmen dan disiplin dalam menabung sebaiknya mulailah investasi ke tahap selanjutnya seperti reksadana, obligasi hingga bermain saham. Bunga yang kamu dapatkan lebih besar daripada mengandalkan deposito. Bila belum mengerti betul soal saham, kamu bisa membaca beragam artikel keuangan atau mendengarkan YouTube supaya mendapatkan banyak pencerahan yang positif seputar saham.

Mencari tabungan tanpa ATM

Saat ini banyak sekali tabungan yang nggak memiliki ATM atau juga nggak bisa menarik tunai. Kamu hanya dapat menabung, tetapi nggak bisa mengambil uang secara langsung di dalam ATM. Hal ini sangat membantu kamu untuk rajin menabung.

Cara lainnya, kamu juga bisa membiasakan diri untuk memisahkan ATM. Misalnya, kamu memiliki dua jenis ATM. Gunakan satu ATM untuk jajan sedangkan lainnya untuk menabung. Sehingga keduanya nggak tercampur aduk. Jika uang di dalam ATM jajan sudah habis, kamu nggak boleh mengambil uang di dalam ATM tabungan.

Taruh atm tabungan kamu di rumah, supaya saat transaksi, kamu nggak tergoda untuk menggunakannya. Hindari penggunaan mobile banking untuk jenis ATM tabungan, supaya mencegahmu melakukan transfer melalui online.

Semua tips di atas bisa kamu lakukan untuk mulai rajin menabung dan menghilangkan kebiasaan boros dari sekarang.

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android