anak harus dibuat sedini mungkin mengingat biaya sekolah yang cenderung naik setiap tahunnya. Seperti yang kita tahu, biaya sekolah bukan hanya uang pangkal atau uang gedung saja, tapi biaya iuran bulanan, akomodasi, uang saku, seragam, perlengkapan sekolah, hingga biaya tambahan seperti les dan karyawisata juga termasuk ke dalamnya.

Untungnya saat ini ada begitu banyak bank di Indonesia yang menawarkan produk tabungan berjangka khusus untuk mempersiapkan dana pendidikan. umumnya berupa tabungan berjangka yang difasilitasi dengan sistem auto-debit. Jadi, nasabah bisa disiplin dalam menabung tabungan pendidikan.

Nah, buat kamu yang mau membuka tabungan pendidikan untuk si kecil, berikut rekomendasi bank di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan dalam mempersiapkan biaya sekolah anak. Apa saja?

Tabungan pendidikan anak BRI

Bank BRI mengeluarkan produk tabungan pendidikan anak bernama Britama Rencana dengan suku bunga mencapai 3,25 persen. Tabungan pendidikan BRI ini menawarkan setoran bulanan mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5 juta.

Setoran tambahan juga bisa dilakukan sewaktu-waktu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Soal jangka waktu simpanannya, nasabah bebas menentukan jangka waktu tabungan mulai dari 1 sampai 20 tahun.

Berbeda dari bank lainnya, dana tabungan pendidikan BRI bisa dicairkan kapan saja tanpa dikenakan biaya. Jadi, kalau sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana darurat untuk keperluan biaya sekolah si kecil, kamu bisa menariknya kapan saja.

Syarat yang diperlukan untuk membuka tabungan Britama Rencana adalah mereka yang berusia 17 – 64 tahun dan punya rekening tabungan BRI BritAma, Britama Bisnis, atau Giro. Nantinya kamu hanya perlu mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.

Tabungan pendidikan anak BNI

tabungan pendidikan anak

BNI Tapenas bisa dijadikan solusi perencaan keuangan kamu, termasuk biaya pendidikan anak. Tabungan pendidikan BNI satu ini turut dilengkapi dengan perlindungan asuransi bebas premi alias gratis. Nasabah yang membuka tabungan ini pun dapat menentkan setoran rutin per bulannya, mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5 juta.

Tipikal tabungan pendidikan bank, BNI Tapenas juga menggunakan sistem autodebit. Jadi, dana yang ada di rekening akan ditarik secara otomatis pada tanggal 5 setiap bulannya. Kalau kamu ingin melakukan setoran tambahan, kamu dapat melakukannya dengan menyetor langsung ke rekening BNI Tapenas. Dana tambahan ini dapat ditarik sewaktu-waktu dengan maksimum penarikan sebesar 30 persen dari setoran tambahan.

Suku bunga pada tabungan pendidikan anak BNI mencapai 4 persen per tahun dengan biaya administrasi sebesar Rp18 ribu per tahun. Kalau ingin menutup rekening ini pun, kamu akan dikenakan biaya 1 persen dari saldo akhir. Persyaratan untuk membuka BNI Tapenas adalah WNI yang berusia 17 – 65 tahun.

Calon nasabah juga harus menunjukkan identitas diri yang berlaku, baik itu KTP, SIM, atau Paspor. Yang terpenting, setiap calon nasabah harus memiliki rekening NI Tapenas IDR yaitu BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis Perorangan atau BNI Giro Perorangan atau BNI Tapenas USD yaitu BNI Dolalr atau BNI Giro USD Perorangan.

Tabungan pendidikan anak Mandiri

Bank Mandiri juga mengeluarkan tabungan pendidikan anak yang dinamakan Tabungan Rencana Bank Mandiri. Pemberian bunga dari tabungan ini ditentukan dari lamanya jangka waktu menabung dengan bunga maksimal mencapai 3 persen per tahun. Bank Mandiri bekerjasama dengan PT AXA Mandiri Financial Services untuk memberikan perlindungan asuransi jiwa gratis senilai Rp5 juta per bulan.

Nasabah yang membuka tabungan pendidikan di Bank Mandiri bebas mengubah setoran rutin bulanan sesuai dengan keinginan. Misalnya, setoran bulan pertama sebesar Rp200 ribu, lalu di bulan keempat kamu bisa menambah atau mengurangi setorannya sesuai dengan kemampuanmu. Jadi lebih fleksibel, kan?

Syarat untuk membuka tabungan Rencana Mandiri juga mudah, kok. Kamu yang berusia 18 – 70 tahun hanya perlu mempersiapkan rekening tabungan Mandiri atau Mandiri Giro dan mengisi formulir aplikasi, pernyataan kesehatan, dan surat kuasa pendebatan otomatis.

Tabungan pendidikan anak BCA

Program Tahapan Berjangka BCA adalah terobosan bank BCA dalam memfasilitasi para nasabahnya yang ingin menabung, berinvestasi, serta mempersiapkan . Tabungan ini membebaskan nasabah untuk memilih sendiri waktu deposito, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan.

Tabungan pendidikan anak BCA juga difasilitasi dengan perlindungan jiwa dengan nilai pertanggungan hingga Rp1,5 miliar per nasabah. Suku bunga Tahapan Berjangka BCA menggunakan skema floating dengan bunga terbesar mencapai 3,75 persen. Syarat pembukaan tabungan pendidikan BCA nggak jauh berbeda dengan bank lainnya.

Syaratnya, nasabah harus berstatus WNI dan berusia minimal 12 – 60 tahun. Calon nasabah juga harus memiliki produk Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA.

Tabungan pendidikan anak CIMB Niaga

bank penjual reksadana terbaik di Indonesia

Di antara bank lainnya, bank CIMB Niaga nampaknya menjadi bank yang memberikan bunga paling besar, yakni 4,85 persen per tahunnya. Ditambah lagi ada pemberian asuransi gratis dengan jaminan hingga Rp160 juta. Tabungan pendidikan CIMB Niaga nggak menetapkan batasan waktu sehingga nasabah bebas menentukan kapan tanggal jatuh tempo tabungan. Untuk setorannya, kamu bisa memulai dari Rp100 ribu per bulan.

Untuk membuka tabungan pendidikan anak CIMB Niaga, kamu yang berusia minimal 18 tahun harus memiliki tabungan CIMB Niaga untuk digunakan sebagai sumber dana pendebetan setoran bulanan. Selain itu, kamu juga menyiapkan fotokopi KTP dan mengisi formulir pembukaan rekening tabungan.

Itu dia rekomendasi tabungan pendidikan anak yang bisa menjadi pilihan kamu. Jadi, kapan kamu mau mulai mempersiapkan biaya sekolah anak?

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android