Usia 30 tahun bisa dibilang merupakan usia penting dalam hidup seseorang. Biasanya, mereka yang menginjak usia 30 sering kali dianggap sudah matang dan mandiri. Minimal, sudah punya tabungan deh.

Tapi bagaimana kalau ternyata kamu malah belum juga punya tabungan saat menginjak usia 30 tahun? Kemungkinan besar, ada hal-hal yang masih bisa dimaksimalkan lagi dari kehidupan finansial kamu. Ada baiknya kamu segera membuat tabungan dari sekarang supaya bisa memiliki masa depan yang aman secara finansial.

Sebetulnya, supaya kamu bisa memiliki tabungan itu bisa dimulai dengan melakukan hal-hal sederhana yang terlihat sepele seperti meninggalkan kebiasaan menghambur-hamburkan uang. Kebiasaan-kebiasaan sepele ini mungkin nominalnya nggak besar, tapi kalau ditambahkan semuanya serta dihitung dalam waktu yang lama, bisa menjadi besar juga lho!

Nah, simak tips menabung untuk kamu yang udah usia 30 tahun namun belum punya tabungan berikut ini.

Stop berlangganan hal-hal gak penting

Ini adalah salah satu hal yang paling sering menguras dompet tapi jarang disadari.

Contoh saja, kamu berlangganan gym tetapi jarang datang berolahraga. Memang, menjadi anggota pusat kebugaran nggak ada yang salah karena menjaga kesehatan sebetulnya juga merupakan salah satu bentuk investasi finansial. Yang menjadi masalah adalah kalau kamu berlangganan tapi nggak pernah datang. Sama aja dengan buang-buang uang, kan?

Bayangkan saja, sebulan kamu bisa membayar keanggotaan gym sampai Rp 500 ribu. Dalam satu tahun, biayanya bisa mencapai Rp 5 jutaan. Wah, kalau dana tersebut rutin disalurkan ke reksadana, kamu sudah bisa hasilkan keuntungan sampai belasan persen per tahun.

Begitu juga dengan beberapa langganan lainnya yang sebenarnya nggak butuh-butuh amat. Misalnya berlangganan Netlfix atau Spotify tapi jarang kamu gunakan untuk menonton dan mendengarkan musik. Duh, mending uangnya ditabung deh!

Bikin anggaran rutin

Kebanyakan orang merasa bahwa pengeluaran setiap harinya itu dibiarkan lewat begitu saja. Tanpa disadari, tiba-tiba di tengah bulan atau mendekati tanggal gajian, uang kamu sudah habis. Kamupun dibuat pusing dan gigit jari. Untuk menghindari hal ini, yang harus dilakukan adalah membuat anggaran rutin.

Dengan adanya perencanaan keuangan bulanan yang jelas, kamu akan memiliki pengingat untuk menahan diri agar nggak menghabiskan semua uang kamu.Untuk memulainya pun mudah, mulai saja dari catatan pengeluaran harian, anggaran bulanan sampai bahkan tahunan.

Lunasi utang dan stop utang baru

Kalau kamu memiliki utang, segera lunasi dan jangan membuat utang baru. Apalagi jika utang-utang tersebut adalah utang untuk barang konsumtif seperti handphone atau pakaian. Padahal, uang yang kamu gunakan untuk membayar cicilan setiap bulannya itu bisa digunakan untuk menabung lho.

Selain itu, utang juga memiliki bunga. Artinya, selain menyita sebagian pendapatan kamu setiap bulannya sampai utang tersebut lunas, tanpa kamu sadari kamu akan membayar jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga asli dari barang atau jasa yang kamu pakai.

Mumpung belum terlambat, jangan mulai lagi deh bikin utang baru.

Paksa diri buka tabungan berjangka

Mungkin, selama ini kamu nggak punya tabungan bisa jadi karena merasa nggak ada yang memaksa. Agar lebih konsisten untuk menabung, kamu bisa lho menggunakan produk tabungan berjangka dan deposito.

Karena uang yang kamu setorkan pada produk tabungan berjangka dan deposito nggak bisa ditarik setiap waktu, kamu ‘dipaksa’ untuk menabung. Nantinya, tanpa kamu sadari kamu akan memiliki mental untuk menabung tanpa perlu ‘dipaksa’ lho.

Berinvestasi dengan reksadana autodebet

Kalau kamu sudah bisa menabung, kamu bisa langsung mulai berinvestasi. Cara yang paling mudah adalah dengan memilih produk investasi reksadana autodebet. Dengan fitur autodebet, kamu akan “dipaksa” kembali untuk teratur menyisihkan uang.

Nggak ada lagi itu, alasan lupa menabung setiap bulan. Ingat, tabungan, dana darurat serta investasi harus dibayarkan di awal setiap bulannya, bukan dengan menggunakan sisa gaji yang sudah kamu pakai duluan.

Stop menggunakan kartu kredit sampai punya tabungan

Kartu kredit memang membantu kehidupan sehari-hari. Namun, sering kali terjadi kartu kredit dianggap sebagai “uang sendiri”. Padahal, kartu kredit adalah uang yang nggak kamu miliki. Kartu kredit akan sangat berguna kalau kamu bisa memakainya dengan baik.

Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan tabungan terlebih dahulu. Kenapa? Karena yang biasa dibelanjakan dengan kartu kredit adalah barang-barang konsumtif. Percayalah, setelah kamu bisa menabung dengan konsisten, maka kamu juga bisa menggunakan kartu kredit dengan lebih bijaksana.

Jadi, sebenarnya nggak sulit kan untuk mulai menabung? Sebelum terlambat banget, yuk segera coba lakukan enam strategi di atas untuk memperbaiki kondisi keuangan kamu di usia 30 tahun ini.

sumber
https://www.moneysmart.id/usia-30-tahun-belum-punya-tabungan-lakukan-6-tips-ini/

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android