Transfer uang ke luar negeri kini nggak susah karena telah tersedia jasa pengiriman uang ke luar negeri atau biasa disebut remitansiatau . yang sudah ada sejak tahun 2000 juga memiliki peranan yang sangat signifikan dalam menjadi bagian arus modal antar negara.

Masyarakat yang terbiasa mengirim uang ke luar negeri pasti sangat terbantu dengan keberadaan remittance sebab jasa pengiriman uang internasional ini akan menjamin semua transaksi keuangan kamu. Berbagai bank maupun jasa pengiriman uang pun banyak yang menawarkan layanan ini karena ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Lantas, keunggulan apa saja yang ditawarkan oleh remitansi? Berikut alasan mengapa pengiriman uang ke luar negeri lewat remittance menguntungkan masyarakat.

Remittance mudah dan cepat

remitansi

Globalisasi membuat kebutuhan pengiriman uang ke luar negeri pun bertambah tinggi. Nah, keberadaan remitansi memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan ke luar negeri. Proses pengirimannya begitu cepat karena dilakukan melalui internet. Pengiriman uang lewat remittance dapat berupa transfer dengan tujuan rekening bank maupun diambil tunai.

Nggak hanya itu saja, uang yang kamu kirimkan dari atau ke Indonesia pun bisa sampai ke penerima dengan cepat. Hal ini dikarenakan jangka waktu pengiriman dan penerimaan uang terukur oleh pihak remittance.

Bahkan, beberapa jasa pengiriman uang mampu menjamin transfer uang ke luar negeri dalam waktu hitungan menit saja, lho. Inilah yang membuat remitansi begitu dibutuhkan oleh masyarakat di era seperti sekarang ini. Kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang terbiasa dengan berbagai kemudahan dan juga kenyamanan semakin mendukung eksistensi remittance di dunia, termasuk di Indonesia.

Membantu masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan

Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 49 persen masyarakat Indonesia sudah terhubung dengan layanan perbankan. Itu artinya 51 persen sisanya belum tersambung layanan keuangan. Memang terdengar miris karena fakta tersebut seakan menunjukkan kalau masih banyak warga negara Indonesia yang belum bisa mengirim uang ke luar negeri.

Nah, untungnya ada remittance yang siap membantu masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan walau belum tersentuh layanan keuangan sekali pun. Ya, remitansi dapat menjangkau keberadaan masyarakat di daerah tertentu serta mendorong mereka untuk memiliki rekening perbankan kemudian hari. Jadi, dengan adanya remitansi, nggak ada lagi masyarakat yang nggak bisa transfer uang ke luar negeri.

Biaya pengiriman remittance yang lebih rendah

remitansi

Kalau kamu nggak mau mengeluarkan banyak uang untuk membayar biaya transfer ke luar negeri, remittance adalah solusi atas permasalahan kamu yang satu ini. Keunggulan remitansi adalah memiliki biaya pengiriman yang lebih rendah dibandingkan jasa pengiriman uang lainnya.

Biasanya, jasa pengiriman uang ke luar negeri membebankan biaya pengiriman sebesar 10 persen dari total dana yang dikirimkan. Coba bayangkan, kalau uang yang mau kamu kirim sebesar Rp1 miliar. Berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk membayar biaya pengirimannya.

Menjamin keamanan saat bertransaksi

Keuntungan lain dari remitansi adalah proses pengiriman uang yang aman. Ya, remittance memberikan keamanan yang sangat terjamin dalam setiap transaksinya. Semua transaksi pengiriman uang yang kamu lakukan bisa dipertanggungjawabkan oleh pihak remitansi. Prosedur pengiriman uang yang transparan memudahkan kamu dalam memantau proses transfer uang dari atau ke luar negeri.

Supaya lebih nyaman saat bertransaksi dengan remitansi, alangkah baiknya untuk memilih perusahaan remitansi yang sudah terpercaya. Mudahnya, kamu bisa memilih remittance yang telah mendapatkan license dari beberapa lembaga keuangan yang berwenang, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Hal tentang remittance, prosedur, dan keamanannya, semua telah tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia No.14/23/PBI/2012 tentang Transfer Dana. Untuk itu, cerdaslah dalam menentukan remitansi yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android