Dibandingkan menyiapkan , kebanyakan orang lebih memilih untuk menyiapkan dana pendidikan atau dana untuk membuat usaha. Pikiran pensiun yang masih lama seringkali membuat kebanyakan orang santai dalam menyiapkannya.

Padahal dana pensiun harus dipersiapkan sejak muda karena ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menyiapkannya lebih awal. Lantas, apa saja manfaat menyiapkan dana pensiun sejak muda?

Pengertian dana penisun

Manfaat menyiapkan dana pensiun sejak muda

Dana pensiun sebenarnya dimaksudkan agar kita bisa menikmati gaya hidup di masa tua meski nggak lagi berpenghasilan. Bahkan, kalau dana pensiun kamu masih berlebih, kamu bisa menikmati masa tua dengan liburan.

Pada dasarnya, dana pensiun adalah lembaga yang mengelola dan menjalankan program manfaat pensiun. Manfaat pensiun sendiri adalah pembayaran berkala yang dibayarkan kepada pekerja penerima pensiun pada saat usia pensiun dengan cara yang ditetapkan dalam peraturan Dana Pensiun.

Mengapa dana pensiun seringkali dikesampingkan?

Manfaat menyiapkan dana pensiun sejak muda

Bagi generasi muda yang hidupnya masih ingin hura-hura seringkali mengesampingkan pikiran untuk menyiapkan dana pensiun. Hal ini dikarenakan mereka masih mementingkan gaya hidupnya. Apalagi bagi anak muda yang baru pertama kali punya gaji pasti ingin menghabiskan gajinya demi membeli kebutuhan yang sebelumnya nggak bisa mereka beli.

Tren traveling sebulan sekali yang marak dilakukan orang juga membuat generasi muda lebih memilih untuk menabung dana traveling ketimbang menyiapkan dana penisun. Kalau sudah begini, untuk menabung pun sulit karena keinginan mengalahkan kebutuhan sehingga membuat gahji habis di pertengahan bulan.

Generasi muda cenderung menyiapkan dana untuk kebutuhan lain, seperti mencicil rumah atau kendaraan. Padahal setelah masa pensiun tiba, kamu akan lebih kesulitan untuk menikmati hidup akibat nggak punya dana pensiun. 

Jenis-jenis pensiun

Pensiun Normal

Pensiun normal adalah pensiun yang diberikan kepada karyawan pada saat usia mereka sudah mencapai masa pensiun sesuai dengan apa yang telah tertulis di dalam kontrak masing-masing perusahaan. Misalnya, usia pensiun rata-rata usia 55 tahun, tapi di beberapa pekerjaan mungkin menetapkan pensiun ada di usia 60 – 65 tahun.

Pensiun Dipercepat

Jenis pensiun satu ini hanya didapatkan pada kondisi atau situasi tertentu saja, misalnya ketika perusahaan dalam keadaan goyang. Artinya mereka tengah melakukan efisiensi karyawan atau pengurangan, yang membuat kamu harus mengalami pensiun dini.

Pensiun Ditunda

Pensiun ini hanya diberikan pada karyawan yang mengajukan pensiun sendiri. Saat kamu ingin pensiun sebelum waktunya, maka perusahaan nggak dapat mencairkan uang tersebut sebelum batas yang telah ditentukan. Karyawan tersebut tetap bisa mengundurkan diri, namun uang pensiun baru bisa dicairkan setelah waktu yang ditentukan telah tercapai.

Pensiun Cacat

Pensiun ini nggak diberikan karena karyawan telah mencapai usia yang ditentukan perusahaan, melainkan akibat adanya kecelakaan yang nggak diduga. Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan karyawan nggak mampu bekerja kembali. Pensiun akan dibayarkan sesuai dengan perhitungan normal. Jadi kamu tetap mendapatkan hak sesuai dengan masa kerjamu.

Jenis dana pensiun

Berdasarkan Undang-undang No.11 tahun 1992, ada dua jenis dana pensiun yang wajib kamu ketahui, yaitu.

Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

Jenis dana pensiun ini dibentuk atau dikelola oleh individu atau sebuah badan yang memperkerjakan seorang karyawan. Tujuannya agar dapat menyelenggarakan beberapa program, seperti program manfaat pasti dan program iuran pasti. Kedua program ini sangat berguna untuk kepentingan atau seluruh karyawannya sebagai peserta.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Jenis dana pensiun ini didirikan oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program seperti iuran pasti bagi perorangan, baik itu untuk pemberi kerja atau pun pekerjaan secara mandiri yang terpisah dari dana pensiun kerja.

Kelebihan dan kekurangan program dana pensiun

Manfaat menyiapkan dana pensiun sejak muda

Melalui program pensiun, setiap pekerja diharapkan mempunyai ketersediaan dana yang cukup untuk masa pensiunnya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup saat pensiun, di samping dapat mempertahankan gaya hidupnya. Sebelum mengikuti program ini, ada baiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya seperti berikut ini.

Kelebihan

  • Uang pensiun disesuaikan dengan besaran gaji karyawan sehingga karyawan dapat menentukan besarnya uang yang akan diterima pada saat masa pensiun tiba
  • Berlaku surut, artinya dapat mengakomodasi masa kerja yang telah dilalui pekerja apabila program pensiun dibentuk jauh setelah perusahaan berjalan

Kekurangan

  • Perusahaan menanggung resiko atas kekurangan dana apabila hasil investasi nggak mencukupi
  • Program ini relatif lebih sulit untuk dikelola dari sisi administrasinya

Manfaat menyiapkan dana pensiun sejak dini

Dana pensiun yang disiapkan sejak dini tentu akan menghasilkan jumlah yang berbeda dengan yang disiapkan pada usia 40-an. Misalnya target dana pensiunmu di usia 56 tahun adalah Rp1 miliar dan disiapkan dari usia 20-an, maka kamu hanya perlu menyisihkan Rp44 ribu per bulannya. Namun dengan catatan, kamu perlu menempatkan dana pensiun pada instrumen agresig seperti saham yang keuntungan rata-rata 16 persen per tahun.

Sementara bila kamu memulainya di usia 40 tahun, kamu harus menabung dua kali lipatnya. Belum lagi inflasi yang terus terjadi setiap tahunnya tentu akan mebebanimu dalam menabung, kan? Biasanya di usia 40 tahun, seseorang sudah berkeluarga dan memiliki banyak anak. Itu artinya, penghasilanmu akan terbagi-bagi untuk kebutuhan keluarga. Perlu diingat, bertambahnya usia akan semakin menyulitkanmu dalam menabung dana pensiun.

Maka dari itu, siapkan dana pensiun sejak muda supaya kamu bisa menikmati masa tua tanpa mengalami kesulitan finansial.

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android