Tips Menabung untuk Traveling – Traveling kini bukan lagi sekadar menjadi kebutuhan tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Apalagi saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial sehingga mengunggah konten yang menarik seakan menjadi sebuah keharusan. Namun, yang namanya traveling pasti nggak murah. Terlebih kalau kamu berencana untuk liburan ke luar negeri.

Untuk itu, dibutuhkan usaha ekstra untuk mengumpulkan uang demi traveling yang nyaman dan menyenangkan. Nggak susah, kok, menabung untuk traveling asalkan kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk disimpan di dalam tabungan khusus untuk traveling.

Lantas, gimana, sih, caranya agar bisa menabung untuk traveling yang nggak pake mahal? Ini dia cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan biaya liburan yang asyik dan seru.

Buat budget planning

Tips Menabung untuk Traveling

Sebelum mulai menabung untuk traveling, kamu bisa membuat budget planning terlebih dahulu. Fungsi budget planning di sini adalah untuk mengetahui berapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan setiap bulannya.

Buatlah daftar biaya yang akan kamu keluarkan selama liburan, mulai dari biaya transportasi, akomodasi, konsumsi, dan biaya lainnya. Biar liburanmu nggak pake mahal, coba susun anggaran seminim mungkin. Misalnya menekan bujet liburan dengan memanfaatkan tempat wisata yang gratis.

Setelah itu, barulah kamu bisa menentukan besaran biaya yang harus kamu sisihkan setiap bulannya atau bahkan setiap harinya. Dengan budget planning ini juga kamu bisa mengetahui berapa lama kamu harus menabung agar bisa memiliki biaya jalan-jalan ke destinasi yang diinginkan. Asumsinya kalau kamu menabung Rp20 ribu per hari,

Manfaatkan tabungan berjangka

Masih belum bisa menyisihkan uang tiap bulannya? Kalau memang merasa kesulitan untuk menabung secara manual, coba manfaatkan program tabungan berjangka. Sekarang ini banyak bank di Indonesia yang menyediakan program tabungan berjangka. Dengan mengikuti program ini, uang di dalam rekeningmu akan secara otomatis didebit untuk dipindahkan ke tabungan berjangka milikmu.

Untuk mengikuti program ini, kamu cuma harus membuka rekening terlebih dahulu di bank tersebut. Kemudian, kamu tinggal menentukan besaran jumlah uang yang akan didebit setiap bulannya. Jumlahnya pun bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Misalnya Rp500 ribu per bulan.

Selain itu, jangka waktu tabungannya juga bisa kamu tentukan. Namun biasanya rata-rata bank hanya mempunyai masa tenor maksimal 24 bulan. Setelah 24 bulan, semua uang yang berhasil kamu kumpulkan selama ini akan langsung diakumulasikan dan disetorkan kepadamu.

Dengan sistem auto-debet seperti ini, kamu jadi nggak punya alasan untuk nggak menabung, kan? FYI, cara ini sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang punya target tertentu tapi masih susah menyisihkan uang setiap bulannya.

Kurangi pengeluaran nggak penting

Cara ini memang terbilang agak sulit dilakukan karena setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda. Namun, kalau kamu sudah ada niat menabung untuk traveling, kamu pasti bisa mengontrol diri untuk nggak membelanjakan uang hanya untuk hal yang nggak penting. Misalnya kalau kamu tiba-tiba diajak nongkrong oleh temanmu di kafe atau nonton film keluaran terbaru, kamu bisa sesekali menolaknya.

Kalau pun memang pengin banget nongkrong atau sekadar ketemu teman, kamu bisa melakukan kegiatan lain yang nggak pake mahal. Daripada bertemu di kafe, lebih baik ajak temanmu untuk bertemu di rumah. Biar suasananya semakin seru, coba sekalian ajak temanmu untuk membuat beberapa makanan yang bisa dinikmati bersama. Cara ini tentunya nggak akan bikin tabungan liburanmu terganggu.

Cari penghasilan tambahan

Tips Menabung untuk Traveling

Kepengin tabungan liburanmu cepat terkumpul? Kamu bisa mencoba cari uang tambahan dengan mengambil pekerjaan sampingan. Atau, kalau kamu punya keahlian tertentu sangat disarankan untuk memanfaatkan skill tersebut guna menambah pundi-pundi rupiah. Misalnya, kalau kamu bisa bikin kue, kamu bisa menerima orderan kue ulang tahun atau aneka kue lainnya. Yang terpenting, kamu harus bisa memperkaya diri sendiri dengan mencari uang tambahan.

Investasi

Demi traveling yang nyaman dan menyenangkan, kamu juga bisa menambah penghasilan dengan cara berinvestasi. Investasi nggak harus dengan modal besar, kok, karena ada juga investasi yang nggak pake mahal. Misalnya reksadana.

Dengan modal hanya beberapa ratus ribu rupiah, kamu bisa mendapatkan keuntungan jutaan rupiah. Reksadana menawarkan imbal hasil yang lumayan besar, sekitar 10 – 20 persen. Selain itu, reksa dana juga mudah dicairkan sehingga bisa digunakan sebagai sarana menyimpan uang jangka pendek seperti liburan.

Menabung dengan reksadana juga nggak ribet karena uang yang kamu setorkan akan dikelola oleh manajer investasi (MI) yang terpercaya sehingga kamu cukup memantau pergerakan uangnya saja.

Itu dia tips jitu menabung untuk liburan yang nyaman dan menyenangkan. Selama kamu bisa konsisten melakukan cara di atas, dijamin kamu bisa mengumpulkan uang traveling yang sesuai dengan budget planning yang telah kamu buat. 

Jadi, yuk, mulai menabung untuk traveling dari sekarang!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android