Kesalahan Saat – Investasi jadi salah satu pilihan untuk kamu yang baru belajar investasi. Dengan nilai yang cenderung meningkat, nggak heran kalau selalu direkomendasikan sebagai investasi yang paling menguntungkan sekaligus menjanjikan. Keuntungan investasi lainnya adalah resiko yang tergolong rendah. Makanya, banyak orang yang berani untuk menginvestasikan uangnya di instrumen satu ini.

Meski investasi emas relatif lebih aman, kamu nggak boleh sembarangan dalam berinvestasi. Alih-alih untung, kamu malah rugi besar akibat sembrono saat investasi. Nah, biar investasi yang kamu lakukan berjalan sesuai ekspektasi, sebaiknya hindari beberapa kesalahan investasi emas berikut ini.

Nggak mengecek kemurnian emas

Buat kamu yang lebih tertarik untuk investasi emas dalam bentuk perhiasan, kamu harus mengecek terlebih dahulu kemurnian emas yang kamu beli. Sebab, emas dalam bentuk perhiasaan biasanya sudah dicampur dengan campuran logam lainnya. Hal ini dikarenakan, perhiasaan yang dibuat dari 100 persen emas murni memiliki tekstur yang lebih lembek sehingga kurang menarik untuk dipasarkan.

Lain ceritanya bila kamu investasi emas batangan. Kamu akan mendapatkan emas murni tanpa adanya campuran lain. Jadi, kalau kamu mau investasi emas, disarankan untuk mencoba investasi emas batangan ketimbang investasi emas dalam bentuk perhiasaan.

Nggak punya tempat penyimpanan

kesalahan saat investasi emas

Nggak seperti instrumen investasi lainnya, emas memiliki wujud yang bisa disentuh atau bahkan bisa dikenakan sebagai aksesoris. Oleh karena wujudnya tersebut, kamu diharuskan untuk memiliki tempat penyimpanan emas yang memadai. Entah itu sebuah brankas atau kotak penyimpanan lainnya.

Kalau merasa rumahmu nggak cukup aman untuk menyimpan emas milikmu, kamu bisa mengandalkan tempat penyimpanan emas di lembaga keuangan resmi atau di pegadaian. Penyimpanan emas di kedua tempat tersebut memang memerlukan biaya sewa, tapi demi keamanan, nggak ada salahnya mengeluarkan lebih, kan?

Sembarang pilih tempat beli emas

Saat ini ada begitu banyak pilihan tempat membeli emas. Bahkan, saat ini tersedia sejumlah platform yang menyediakan fitur jual beli emas secara online. Meski begitu, jangan sembrono memilih tempat pembelian emas karena ada saja kasus penipuan investasi emas bodong. Kasus seperti ini paling sering terjadi dalam jual beli emas online. Dikarenakan menggunakan sistem online, pembeli jadi nggak bisa melihat seperti apa bentuk emasnya meskipun diberikan sertifikat pembelian emas.

Kasus investasi bodong seperti ini sebenarnya nggak hanya terjadi pada pembelian emas secara online saja karena ada banyak juga penjual nggak bertanggung jawab yang menipu pembeli dengan berpura-pura mengatakan produknya emas murni. Alasan inilah yang membuat kamu harus teliti dalam mengecek kredibilitas tempat pembelian emas. Carilah tempat pembelian emas yang memang memiliki badan hukum, terdaftar Otoritas Jasa Keuangan, dan memiliki NPWP.  

Nggak membandingkan harga emas

kesalahan saat investasi emas

Berencana investasi emas batangan? Kalau iya, jangan terburu-buru untuk langsung membelinya. Dalam membeli emas batangan, kamu diharuskan untuk membandingkan harganya terlebih dahulu. Coba cari tahu berapa perbandingan harga emas batangan di sejumlah tempat yang terpercaya karena ada saja penjual yang menaikkan harga emas terlalu tinggi.

Makanya, jangan sampai kamu rugi hanya karena hal seperti ini. Bila perlu, pantau pergerakan harga emas setiap harinya guna mendapatkan harga beli emas terbaik dan ketika hendak dijual kembali, jangan jual emas saat harganya di bawah harga beli karena hal tersebut bisa membuatmu merugi. Jadi prinsipnya, beli emas ketika harganya sedang naik dan jual emas ketika harganya sedang turun. Dengan begini, kamu bisa investasi emas batangan dengan untung.

Salah menentukan tujuan investasi

Setiap orang pasti punya tujuan saat berinvestasi. Kalau kamu beli emas untuk dijadikan perhiasaan agar terlihat menarik di depan banyak orang, jangan lakukan. Namun, kalau kamu memiliki tujuan untuk mendapatkan timbal balik di masa depan, belilah emas dalam bentuk batangan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membeli emas batangan tentu lebih menguntungkan. Dengan investasi emas batangan, kamu nggak akan dibebankan biaya pembuatan saat hendak dijual lagi.

Nah, supaya emas batangan yang kamu beli punya nilai jual yang sangat tinggi, simpan emas batangan tersebut selama minimal dua tahun. Hal ini dikarekana investasi emas bukanlah investasi singkat, tapi butuh waktu lumayan lama sampai emas batangan jadi produk investasi yang menguntungkan.

Itu dia kesalahan saat investasi emas yang sering dilakukan. Dengan memahami kesalahan-kesalahan tersebut, diharapkan kamu sebagai investor pemula akan lebih bija

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android