Terbaik untuk Kamu yang Punya Gaji di Bawah Rp5 juta – Siapa bilang investasi harus dengan modal besar? Investasi juga bisa, kok, dilakukan dengan modal minim. Bahkan dengan modal di bawah Rp5 juta pun, kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Ingat saja prinsip investasi yang berbunyi high risk high return atau yang artinya utung makin besar tapi risiko juga bertambah besar.

Jadi, apa pun bentuk investasinya, prinsipnya tetap sama. Kamu tinggal mencari instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Nah, buat kamu yang memiliki gaji nggak lebih dari Rp5 juta, ada beberapa pilihan instrumen yang cocok dengan dompetmu. Lantas, apa saja pilihannya? Berikut instrumen investasi terbaik untuk gaji di bawah Rp5 juta.

Reksadana

Reksadana bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang mau investasi tapi cuma punya modal sedikit. Meski diawali dengan modal minim, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Nantinya uang yang diinvestasikan akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) untuk kemudian dikembangkan agar mendapat untung lebih banyak.

Instrumen investasi ini termasuk ke dalam investasi jangka panjang sehingga cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan banyak keuntungan lewat investasi. Reksadana memiliki empat jenis yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham.  

Soal keamanannya, kamu nggak perlu khawatir sbeba reksadana diawasi ketat oleh pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan. Di Indonesia, ada begitu banyak bank yang menawarkan produk reksadana dan masing-masing bank menawarkan keuntungan yang berbeda. Jadi, kamu tinggal memilih bank mana saja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Emas

Instrumen investasi selanjutnya yang cocok untuk kamu yang memiliki gaji Rp5 juta per bulan adalah emas. Dari zaman dahulu hingga sekarang emas bisa dibilang sebagai investasi yang masih eksis. Selain memiliki wujud yang bisa diuangkan kapan saja, emas juga bisa menjadi alat untuk mengangkat status sosial seseorang.

Untuk yang mau , kamu bisa memilih investasi emas dalam bentuk emas batangan atau perhiasan. Tentunya keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Namun, buat kamu yang pengin menjadikan emas sebagai investasi jangka panjang disarankan untuk membeli emas batangan.

Saat ini, harga satu gram emas batangan dibanderol dengan harga Rp700 ribuan. Dengan gaji Rp5 juta, kamu bisa membeli sekitar 1 – 2 gram emas setiap bulannya. Tipsnya, belilah emas ketika harganya sedang turun dan jual emas ketika harganya sedang naik. Jika konsisten melakukannya, dijamin kamu bakal mendapatkan untung besar dari investasi emas.

unitlink

investasi terbaik untuk gaji di bawah Rp5 juta

Asuransi nggak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengantisipasi risiko di masa depan tapi juga bisa dijadikan sebagai media investasi yang menguntungkan. Adalah asuransi unitlink, produk keuangan yang mengawinkan antara asuransi dan investasi. Jika tertarik berinvestasi di asruansi unitlink, kamu bisa dapat dua keuntungan sekaligus, yaitu proteksi diri secara finansial dan keuntungan dari peningkatan nilai investasi.

Ketika memutuskan untuk asuransi unitlink, setiap investor diharuskan untuk membayar premi secara berkala. Nantinya, premi tersebut akan dialokasikan untuk dua hal yaitu untuk investasi fund dan premi asuransi. Dengan gaji Rp5 juta tentunya investasi ini adalah pilihan yang terbaik karena kamu nggak cuma bisa proteksi diri tapi juga bisa sekalian investasi.

Obligasi negara

Alternatif lainnya dalah obligasi negara. Instrumen investasi ini nggak hanya mengajak kamu untuk berinvestasi tapi juga mengajak kamu untuk ikut membantu negara dalam membiayai pembangunan. Jika tertarik investas obligasi negara, kamu tinggal datang ke bank-bank yang ditunjuk oleh pemerintah.

Terdapat dua macam obligasi atau surat utang yang ditawarkan, yaitu Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan surat utang berbasis Syariah atau disebut Sukuk Ritel. Investasi ini sangat aman karena diawasi langsung oleh lembaga negara. Selain itu, imbal hasil yang ditawarkan juga cukup tinggi mencapai 8 persen.

Sebanding dengan keuntungan yang didapat, harga per lembar dari surat berharga negara ini juga cukup lumayan. Kamu harus mengeluarkan uang sedikitnya Rp100 ribu sampai Rp1 juta untuk membeli per lembarnya.

Cryptocurrency

investasi terbaik untuk gaji di bawah Rp5 juta

Hebohnya bitcoin pada beberapa tahun lalu membuat investasi bitcoin mulai dilirik. Peristiwa tersebut juga berhasil membuat nilai Bitcoin melonjak berkali-kali lipat. Bitcoin yang termasuk ke dalam cryptocurrency adalah mata uang digital yang dibuat dengan teknologi blockchain sehingga sulit dipalsukan.

Nilai bitcoin memang masih tinggi hingga saat ini. Angkanya sendiri berhasil menembus Rp34 jutaan per 1 bitcoin. Namun tenang saja, bagi kamu yang punya gaji pas-pasan, kamu bisa memilih jenis cryptocurrency yang nilainya lebih rendah tapi punya potensi kenaikan yang cukup besar nantinya.

Itulah beberapa instrumen investasi terbaik yang bisa dijadikan alternatif pilihan untuk kamu yang memiliki gaji tak lebih dari Rp5 juta. Jadi, instrumen investasi mana yang jadi pilihanmu?

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android