Asuransi kesehatan adalah hal penting yang wajib kamu miliki. Alasannya, keberadaan asuransi berperan menjaga kondisi keuangan pribadi kamu.

Bayangkan kalau seandainya kamu nggak memiliki asuransi satu ini. Kemungkinan, kamu harus mengeluarkan uang yang besar hanya buat membayar pengobatan di rumah sakit.

Kita semua pun tahu kalau biaya pengobatan di rumah sakit itu nggak murah. Di sinilah gunanya asuransi kesehatan. Pasalnya, asuransi bisa membantu kamu meminimalkan biaya pengobatan tersebut.

Sebagai warga negara Indonesia, BPJS adalah salah satu asuransi yang kemungkinan besar dimiliki oleh semua orang. Tapi, nggak ada salahnya memiliki asuransi kesehatan lainnya demi perlindungan maksimal. Lagi pula, dengan asuransi ini, kamu nggak perlu pusing memikirkan serangkaian proses yang berlaku dalam BPJS Kesehatan. BPJS mensyaratkan anggotanya untuk berobat dulu di fasilitas kesehatan I atau faskes I, baru kemudian dirujuk ke rumah sakit.

Hal ini tentu saja kurang efisien. Apalagi, kalau kamu sudah berkeluarga, asuransi kesehatan wajib banget untuk kamu miliki. Kamu pasti ingin kelurgamu selalu terlindungi dengan maksimal kan?

Sekarang pertanyaannya adalah, asuransi seperti apa yang cocok untuk perlindungan keluarga? Nah, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya simak dulu penjelasan seputar asuransi kesehatan di bawah ini:

Apa sih, asuransi kesehatan itu?

Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis asuransi yang menanggung biaya pengobatan atau rumah sakit yang harus dibayar tertanggung. Mudahnya, semua biaya pengobatan atas nama kamu akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

Biasanya jenis asuransi ini digunakan pemberi kerja atau perusahaan sebagai benefit yang ditawarkan ke para karyawan.
Karena asuransinya diberikan oleh perusahaan, premi yang dibayarkan pun menjadi tanggung jawab perusahaan sepenuhnya. Enak, kan? Pastikan lagi apakah tempat kamu bekerja memberikan fasilitas asuransi kesehatan ya!

Kenapa perlu punya asuransi kesehatan?

Sudah dijelaskan sebelumnya mengapa asuransi kesehatan ini sangat penting untuk dimiliki. Peran utama dari asuransi ini adalah untuk membantu kamu meminimalkan pengeluaran, semisal biaya rumah sakit.

Alasan-alasan perlunya memiliki asuransi kesehatan

Selain itu, ada beberapa alasan penting lainnya kenapa asuransi jenis ini perlu banget dimiliki. Apa aja alasan-alasannya?

  • Dengan memiliki asuransi, kamu dapat terhindar dari kebangkrutan finansial karena biaya pengobatan yang besar.
  • Biaya pengobatan yang cenderung naik tiap tahun dapat diantisipasi dengan uang pertanggungan dari asuransi.
  • Memiliki asuransi merupakan bagian dari kehidupan yang bebas secara finansial.
  • Semakin bertambah usia, kamu akan semakin rentan terhadap berbagai penyakit itulah mengapa asuransi kesehatan perlu untuk dimiliki.

Manfaat-manfaat asuransi kesehatan, apa saja?

Ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan memiliki asuransi kesehatan, sebut saja:

  • Manfaat rawat inap: Adalah klausul penggantian biaya pengobatan selamat perawatan yang disesuaikan dengan ketentuan yang tercatat di polis asuransi.
  • Manfaat rawat jalan: sebagai pengganti biaya pengobatan yang nggak mengharuskan si pasien mendapat perawatan.
  • Manfaat melahirkan: sebagai pengganti biaya kelahiran sesuai dengan ketentuan yang tercatat di polis.
  • Manfaat kacamata: sebagai pengganti biaya lensa kacamata.
  • Manfaat pengobatan gigi: sebagai pengganti biaya pengobatan gigi mulai dari perawatan dasar, pengobatan gusi, pengobatan gigi kompleks, perbaikan gigi, hingga penggunaan gigi palsu. Ingat, pengobatan gigi itu mahal lho!

Jenis-jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan di Indonesia

Di Indonesia ada banyak asuransi kesehatan yang ditawarkan. Biasanya, asuransi tersebut dipromosikan sudah dalam kemasan perusahaan-perusahaan asuransi itu sendiri.

Namun, secara umum, asuransi jenis ini terbagi menjadi dua:

Asuransi kesehatan individu

Asuransi kesehatan individu adalah jenis asuransi yang bisa dibeli sendiri oleh siapa saja tanpa perlu menunggu pemberi kerja atau perusahaan memberinya. Kamu bisa membelinya secara langsung di perusahaan asuransi. Biasanya premi jenis asuransi ini lebih ringan daripada premi asuransi kelompok yang dibayarkan perusahaan. Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dengan membeli asuransi jenis ini untuk individu:

  • Asuransi jenis ini bisa melindungi pasien saat berganti pekerjaan.
  • Pasien bisa memilih manfaat-manfaat seperti apa yang pengin didapat.
  • Pasien bisa menyesuaikan premi asuransi sesuai kondisi keuangannya.
  • Asuransi kesehatan individu mencakup semua manfaat yang penting.

Asuransi kesehatan keluarga

Sesuai namanya, asuransi kesehatan keluarga adalah jenis asuransi yang menanggung lebih dari satu anggota keluarga mulai dari pasangan, anak-anak hingga tanggungan yang lainnya. Intinya, setiap keluarga disarankan banget punya asuransi ini.

Selain jumlah tanggungannya, bedanya asuransi jenis ini untuk keluarga dengan individu terdapat pada besaran premi yang dibayarkan. Sudah pasti premi asuransi jenis ini lebih besar ketimbang yang individu. Semakin banyak tanggungan, semakin makin besar pula preminya.

Meskipun begitu, besaran premi tersebut nggak semahal kalau kamu mendaftarkan diri anggota keluargamu satu per satu buat dapat asuransi yang baik untuk kesehatan ini. Masih lebih terjangkau premi asuransi untuk keluarga. Satu hal lagi yang perlu kamu tahu, pertanggungan asuransi ini tetap. Bisa dibilang kalau ada satu anggota keluarga menerima manfaat dari asuransi, besaran pertanggungan asuransi ini berkurang.

Bagaimana, sudah melihat betapa pentingnya memiliki asuransi kesehatan kan? Segera daftarkan diri kamu dengan asuransi kesehatan agar kesehatan finansial kamu tetap terjaga dengan aman!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android