Transfer uang ke luar negeri kini menjadi aktivitas yang dilakukan banyak orang. Hal ini disebabkan oleh peningkatan jumlah warga negara Indoensia (WNI) yang tinggal di luar negeri. Kegiatan belanja online yang saat ini juga bisa dilakukan antar negara juga menjadi alasan mengapa transaksi pengiriman uang dari atau ke luar negeri meningkat.

Untuk mengirim uang ke luar negeri pun nggak sesulit zaman dahulu di mana medianya sangat terbatas. Sekarang ini, ada banyak penyedia jasa layanan pengiriman uang yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan transaksi internasional.

Nah, buat kamu yang berencana kirim uang ke luar negeri tapi masih bingung dengan metode yang harus digunakan, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Ini dia 5 uang ke luar negeri.

Western Union

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

Bagi yang sudah sering transfer uang ke luar negeri pasti nggak asing dengan alat transaksi satu ini. Western Union nampaknya menjadi penyedia jasa layanan pengiriman uang domestik dan mancanegara paling populer di Indonesia, bahkan di dunia. Sedari dulu, sudah banyak orang yang memanfaatkan layanan Western Union untuk bertransaksi ke luar negeri.

Layanan ini pun telah hadir di 200 negara di dunia dengan agen yang tersebar di seluruh wilayah. Soal reputasi dan kredibilitasnya tentu nggak perlu kamu ragukan lagi. Uang yang kamu kirimkan bisa sampai di negara tujuanmu dengan aman dan cepat. Selain itu, alasan orang menggunakan Western Union juga dikarenakan biaya transfernya yang murah dan nggak ada batasan minimum saat bertransaksi.

Untuk melakukan transfer melalui Western Union, kamu harus mendatangi agennya terlebih dahulu dengan membawa identitas diri. Selanjutnya, kamu akan diberikan formulir pengiriman yang harus diisi secara lengkap. Kemudian, kamu tinggal mengkonfirmasi besaran uang yang akan dikirimkan.

Bank ke bank

Cara transfer kirim uang ke luar negeri juga bisa dilakukan dengan cara bank ke bank. Metode ini memang terdengar lebih rumit tapi bisa dicoba bagi kamu yang belum pernah melakukan transaksi ke luar negeri.

Untuk pengiriman uang ke luar negeri dari bank, kamu harus memastikan bank yang kamu gunakan nggak memiliki jaringan global sehingga bank yang akan kamu gunakan untuk transfer uang ke luar negeri nggak terhalang karena keterbatasan area tertentu.

Setelah itu, perhatikan pula kurs yang digunakan mengingat pengiriman ini akan dilakukan ke luar negeri. Mata uang yang digunakan pun harus disesuaikan dengan kebijakan bank. Selanjutnya, cari tahu tentang biaya pengirimannya karena masing-masing bank memberikan biaya transfer yang berbeda-beda.

Jika semua hal sudah kamu perhatikan dengan seksama, kamu tinggal datang ke bank tujuanmu. Sama seperti Western Union, kamu akan diberikan formulir pengiriman yang mesti kamu isi terlebih dahulu. Pastikan semua data telah diisi dengan lengkap biar nggak ada kesalahan saat melakukan pengiriman uang ke luar negeri.

ATM

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

Kalau nggak mau repot-repot ke bank atau Western Union, cukup datang ke ATM terdekat untuk transfer uang ke luar negeri. Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu kode swift bank yang dituju. Kode ini bisa kamu dapatkan dari pihak bank yang kamu gunakan untuk mengirim uang ke luar negeri.

Namun, metode ini mesti dilakukan secara hati-hati sebab kalau salah sedikit saja, kamu bisa rugi besar akibat salah transfer ke orang lain. Tentunya kamu nggak mau hal ini terjadi padamu, kan?

Untuk itu, masukkan kode dan nomor rekening dengan benar seperti yang tertera pada layer mesin ATM. Selain itu, pastikan juga kamu memasukkan nomor rekening dan nomor referensi dengan tepat agar transaksi pengiriman uang bisa berjalan dengan lancar. Setelah transfer, jangan lupa simpan bukti transfer dengan baik untuk berjaga-jaga bila terjadi kesalahan.

PayPal

Aplikasi ini juga cukup sering digunakan banyak orang untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri karena sifatnya yang mudah dan praktis digunakan. PayPal sendiri merupakan sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang.

Untuk transfer uang ke luar negeri dengan PayPal, kamu cukup membuat akun PayPal. Namun sayangnya, setiap pengguna PayPal harus menyimpan saldo di dalamnya. Hal ini dikarenakan belum ada bank lokal Indonesia yang memungkinkan untuk mengisi saldo PayPal sehingga kamu harus menggunakan kartu kredit untuk mengisi saldo dan melakukan transfer.

Transaksi yang digunakan pada PayPal juga lebih terbatas karena metode ini cuma bisa dilakukan dengan sesama pengguna PayPal. Meski begitu, pencairan uang di dalam saldo PayPal bisa dilakukan dengan cepat sehingga menguntungkan para penerima uang yang ada di luar negeri.

Money Gram

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

Selain Western Union, Money Gram juga wajib masuk ke dalam rekomendasi kamu. Penyedia jasa pengiriman uang internasional ini sudah tersebar di 170 negara dan 104 ribu agen di dunia, termasuk di Indonesia.

Namun sayangnya, masih belum banyak orang Indonesia yang tahu tentang Money Gram. Padahal Money Gram memberikan biaya transfer yang lebih rendah dibandingkan Western Union sehingga layak buat kamu pertimbangkan. Misalnya saja kalau kamu mau transfer Rp900 ribu, kamu hanya akan dikenakan biaya Rp90 ribu saja. Lumayan terjangkau, kan?

Itu dia beberapa ke luar negeri yang bisa kamu coba. Transfer ke Jepang, Eropa, atau Amerika semuanya bisa. Jadi, cara mana, nih, yang mau kamu coba untuk melakukan pengiriman internasional?

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android