Ingin berinvestasi tapi masih takut dan bingung mulai dari mana? Nggak perlu khawatir, kamu bisa memulainya dengan cara melakukan investasi online tanpa perlu modal terlalu besar. Meski memiliki risiko tinggi, namun jika kamu menabung di untuk jangka panjang, maka bunga dan keuntungan yang didapatkan akan lebih besar daripada deposito. 

Supaya kamu gak rugi dan takut kehilangan uang, sebaiknya simpan investasi saham dalam jangka panjang atau cadangan ketika memiliki anak atau hari tua kelak. Artinya kamu harus memulai menabung sejak dini, supaya nilai investasi yang kamu masukan menjadi lebih besar keuntungannya. Bagi para pemula berikut beberapa cara membeli investasi saham online dengan modal kecil.

Mencari bank sekuritas online

Cara membeli investasi saham online

Sebelum membuka rekening dana nasabah, kamu sebaiknya mencari tahu dahulu mana saja bank yang memiliki sekuritas online. Sebaiknya kamu jangan asal memilih bank atau tergiur dengan investasi bodong yang menawarkan bunga tinggi, namun nggak jelas datangnya darimana. Kamu bisa memilih bank-bank besar yang namanya sudah terpercaya.

Selain itu, salah satu cara lain yang bisa kamu coba adalah mendaftarkan diri ke Bursa Efek Indonesia, kemudian membeli saham untuk menjadi broker ataupun nasabah. Jika belum paham, biasanya mereka akan memberikan saran dan tip secara detail supaya kamu memiliki gambaran ketika pertama kali berinvestasi.

Mengisi formulir secara online

Setelah memilih bank mana yang kamu inginkan, segera lakukan pendaftaran melalui online. Kamu hanya perlu mengisi semua data diri di dalam formulir tersebut. Pastikan semua data sudah sesuai dan terisi secara jujur, supaya memudahkanmu pada saat proses verifikasi nantinya.

Beberapa bank mungkin akan meminta kamu untuk melakukan print formulir setelah data lengkap dan membawanya ke bank yang bersangkutan. Namun, ada beberapa bank yang sudah menyediakan jasa secara online, hingga tanda tangan digital. Kamu nggak perlu pergi ke bank untuk mendaftarkan diri. 

Langkah verifikasi

Setelah semuanya selesai, pihak bank akan melakukan tahap verifikasi. Tahapan ini memerlukan waktu sekitar satu sampai dengan dua minggu di hari kerja. Kamu dapat menunggunya. Jika sudah selesai, maka pihak bank akan menghubungimu baik melalui telepon ataupun email. Apabila akun sudah jadi, maka kamu bisa mulai melakukan investasi saham online langsung di gadgetmu.

Mengunduh aplikasi

Cara membeli investasi saham online

Setelah semuanya selesai, kamu harus mengunduh salah satu aplikasi yang dimiliki dari bank sekuritas tersebut. Kamu dapat melakukan registrasi terlebih dahulu. Pastikan semua data sudah sesuai, sehingga nggak terjadi kesalahan. Selain itu, di dalam aplikasi tersebut biasanya ada seorang broker yang bisa memberikan kamu saran untuk memulai saham.

Kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan dasar kepada mereka jika belum memahami. Kamu dapat mengecek apa saja saham yang sedang naik dan turun. Semua grafis terlihat di dalam aplikasi tersebut. Kamu juga bisa melihat berapa jumlah uang yang telah kamu dapatkan saat ini dan perkembangannya.

Mencoba menggunakan stockbit

Salah satu aplikasi online yang bisa kamu coba adalah Stockbit. Aplikasi ini sangat membantu kamu mengerti dan memahami saham dengan cara mudah, sehingga sangat cocok untuk para pemula yang baru ingin mencoba memulai investasi. Saat ini Stockbit hanya terintegrasi dengan bank Sinarmas, sehingga kamu harus membuka rekening di tempat tersebut terlebih dahulu.

Sistem penarikan uang sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan deposito di dalam bank tersebut, kemudian lakukan transfer ke akun Stockbit. Terakhir, kamu hanya perlu membeli saham dari beberapa perusahaan yang memang memiliki grafis stabil dan mungkin memiliki prospek positif untuk waktu panjang.

Semua tip investasi saham online di atas bisa kamu coba. Jangan ragu untuk memulainya, karena sangat membantu keuanganmu dalam jangka panjang kelak. Nggak perlu investasi dalam jumlah besar untuk tahap awal, lakukan secara perlahan hingga kamu mengerti dan bisa menambahkan deposito jika sudah mulai mengerti dan tahu bagaimana cara membaca risiko yang cenderung nggak stabil.

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android