Pengin beli tapi masih bingung apa itu ? adalah cara mencicil rumah atau keperluan konsumtif lainnya dengan menjaminkan berupa rumah yang akan kamu miliki dengan skema biaya hingga 90 persen dari harga rumah. Pembelian rumah secara juga memberikan keuntungan tersendiri karena pembayarannya yang lebih mudah dan ringan.

Proses mendapatkan rumah dengan sistem KPR juga nggak sulit sebab developer rumah umumnya telah bekerjasama dengan bank tertentu untuk memproses pengajuan KPR. Jadi, kamu nggak perlu menunggu waktu lama untuk bisa menempati rumah impian.

Meski begitu, tetap saja kamu harus menabung terlebih dahulu untuk membayar uang mukanya. Apalagi, uang muka yang kamu berikan sangat menentukan masa tenor KPR dan jumlah uang yang akan dicicil tiap bulannya.

Berhubung ini urusan uang yang banyak, kamu juga nggak boleh main-main dalam mengumpulkan uang DP untuk membeli rumah. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sampai terkumpul jumlah yang cukup. Nah, buat kamu yang sudah berencana membeli rumah KPR dalam waktu dekat, simak tips mengumpulkan uang untuk berikut ini.

Tentukan target

Jika tujuan beli rumah sudah ditanamkan di dalam hati, kini saatnya kamu menentukan target berapa lama kamu harus menabung untuk mengumpulkan DP beli rumah. Dengan adanya target, proses menabung kamu akan jadi lebih terarah. Kamu juga jadi punya control yang baik dalam mengelola keuangan. Bahkan kalau perlu, kamu bisa menerapkan sanksi bagi diri kamu sendiri jika sewaktu-waktu kamu nggak bisa mencapai target.

Selain itu, tentukan pula jumlah yang ingin ditabung setiap bulannya. Untuk menentukan jumlah uangnya, kamu harus melakukan perhitungan keuangan terlebih dahulu. Ingat, sesuaikan uang yang akan ditabung dengan kemampuanmu.

Memang, sih, kamu pengin cepat mengumpulkan uang tapi jangan sampai kamu menentukan nominal yang nggak masuk akal karena hal itu hanya akan membebanimu. Nggak cuma itu saja, jumlah tabungan yang terlalu besar juga akan mengganggu pos-pos lainnya dalam keuangan kamu. Sisihkan saja sejumlah yang sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Membagi penghasilan

Tips Mengumpulkan Uang untuk Beli Rumah KPR

Selanjutnya, kamu harus membagi penghasilanmu berdasarkan posnya masing-masing. Misalnya, kamu bisa membagi 10 persen dari penghasilanmu untuk dana kebaikan, misalnya amal, lalu 10 persen lagi untuk dana darurat, 20 persen untuk dana masa depan yang menyangkut investasi dan tabungan untuk DP rumah, 25 persen untuk dana cicilan, dan 35 persen untuk dana konsumsi.

Kalau sudah membaginya menjadi beberapa pos, usahakan untuk nggak diutak-atik, apalagi dana untuk masa depan yang memang sebagiannya memang difokuskan untuk DP rumah. Katakan bila kamu menabung Rp1,6 juta per bulan, maka kamu bisa mendapatkan Rp24 jiuta di akhir tahun.

Biasanya syarat KPR rumah adalah menyerahkan uang muka sekitar 5 sampai 20 persen dari harga total rumah. Dengan modal Rp24 juta, kamu bisa mencari rumah dengan DP di kisaran 5 persen. Itu berarti, kamu bisa mengincar rumah dengan harga sekitar Rp400 jutaan. 

Buka rekening autodebet

Salah satu cara terbaik untuk mewujudkan mimpi beli rumah impian adalah dengan membuat rekening tabungan autodebet. Supaya memudahkanmu, sebaiknya buka rekening tabungan autodebet di bank yang sama dengan bank tempat kantor mentransfer gajimu.

Nantinya, saat membuka tabungan autodebet, pihak bank akan meminta persetujuan kamu untuk langsung menarik sebagian dari gaji bulanan kamu ke tabungan autodebet ini dan hanya bisa dicairkan pada waktu yang telah disetujui.

Jadi, jangan kaget jika tiba-tiba gaji kamu berkurang, itu karena sudah otomatis masuk ke tabungan autodebet. Jika kamu meminta jangka waktu 12 bulan, maka tabungan autodebet ini baru bisa ditarik setelah setoran ke-12. Penarikan sebagian atau seluruhnya sebelum waktunya akan mendapatkan penalti.

Jika gaji kamu dibayarkan secara tunai, kamu tetap bisa membuka tabungan autodebet. Syaratnya, kamu harus menyetor sebelum tanggal yang disepakati setiap bulannya. Jika telat, akan dikenakan penalti.

Tambah penghasilan

Tips Mengumpulkan Uang untuk Beli Rumah KPR

Supaya uang buat beli DP rumah KPR cepat terkumpul, kamu harus menambah penhasilanmu. Caranya dengan melakukan pekerjaan sampingan. Jika bingung mencari pekrjaan sampingan yang tepat untuk kamu, sesuaikan saja dengan kemampuan yang kamu punya.

Misalnya, kalau kamu punya bakat menulis, kamu bisa mencari pekrjaan sampingan sebagai penulis. Atau, kalau kamu bisa menggambar, kamu bisa mencari pekrjaan sampingan sebagai seorang illustrator. Dengan kerja keras, kamu bisa menambah penghasilan untuk bayar DP rumah KPR.

Hidup hemat

Menabung saja nggak cukup kalau ujung-ujungnya kamu nggak bisa berhemat. Kunci keberhasilan dalam menabung beli rumah KPR adalah dengan hidup hemat. Prioritaskan kebutuhan utama dan singkirkan hal-hal yang dirasa kurang begitu penitng.

Menjalani hidup hemat memang sulit, apalagi kalau kamu terbiasa hidup boros. Namun, kalau ada kemauan dan niat yang besar, niscaya kamu bisa membiasakan untuk menjalankan pola hidup hemat agar uang yang ada bisa dialokasikan untuk tabungan beli rumah.

Itu dia, tips menabung untuk beli rumah KPR. Jadi, sudah siap melakukan semua cara di atas? Selamat mencoba!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android