mungkin merupakan suatu kegiatan yang semua orang tahu kalau itu penting untuk dilakukan namun hanya sedikit yang benar-benar mempraktekkannya. Terlihat mudah, nggak akan bisa dilakukan kalau kamu nggak punya strateginya lho! Ada saja alasan yang membuat orang nggak bisa , mulai dari kebutuhan hidup yang semakin banyak hingga penghasilan yang masih pas-pasan.

Padahal, berapapun pendapatan yang kamu peroleh, kamu tetap harus menyisihkan untuk di tabung. Tentu saja, demi masa depan yang lebih aman, nyaman dan bebas secara finansial.

Sayangnya, gengsi dan gaya hidup kerap membuat banyak orang menjadi kesulitan untuk menabung. Apalagi kalau kamu tinggal di kota besar. Bisa menyisihkan uang setiap bulan aja sudah bagus kok, jadi nggak perlu muluk-muluk harus bisa menabung setengah dari gaji. Meski terdengar sulit, bukan berarti nggak mungkin dilakukan.

Ingin tahu bagaimana strategi menabung setengah dari gaji demi hidup nyaman di masa tua?

Setelah gajian, jangan langsung merasa seperti sultan

Menabung

Hayo, siapa di sini yang langsung merasa seperti seorang sultan sehabis gajian? Gajian datang, langsung pergi ke mall dan berbelanja baju, sepatu, makan di restoran hingga membeli pernak-pernik yang sebetulnya nggak kamu perlukan. Tiba-tiba saja dalam sehari, uang sebesar Rp. 1 juta melayang dari dompet kamu.

Mulai sekarang, kurangi perasaan bak seorang sultan dan biasakan langsung memasukkan setengah gaji kamu ke dalam tabungan sebelum tergoda membeli ini itu.

Beri target pengeluaran mingguan untuk diri sendiri

Strategi menabung selanjutnya adalah, menargetkan diri sendiri. Maksudnya apa sih? Ya, kamu memang perlu memberi target pada diri sendiri untuk mengerem keinginan, terutama dalam hal belanja konsumtif.

Salah satu caranya, dengan mematok pengeluaran mingguan. Misalnya, kamu menargetkan hanya boleh mengeluarkan uang sebesar Rp 200 ribu selama satu minggu di luar transportasi ke kantor.

Punya rekening khusus untuk menabung yang nggak bisa ditarik

Menabung

Membuat dua rekening tabungan yang berbeda sebenarnya merupakan salah satu cara trik jitu untuk mempermudah mengatur keuangan. Jadi, satu rekening adalah tabungan utama untuk keperluan sehari-hari kamu sementara satunya lagi memang dikhususkan untuk menabung.

Agar target menabung lebih mudah tercapai, sebaiknya pilih rekening tabungan yang nggak bisa ditarik. Salah satunya, tabungan berjangka yang menjadi program perbankan.

Selain nggak terpotong biaya administrasi, kamu justru malah mendapatkan bunga. Bisa juga uang tersebut kamu simpan pada produk-produk investasi pilihan.

Bawa bekal makanan sendiri

Menabung

Mungkin kamu nggak sadar, uang yang dikeluarkan untuk makan sehari-hari bisa menggelembung jika dihitung dalam periode 1 bulan atau 1 tahun. Misalnya, dalam sehari kamu menghabiskan Rp 50 ribu untuk membeli makanan. Berarti dalam satu bulan kamu akan mengeluarkan uang sebesar Rp 50 ribu x 22 hari yaitu Rp 1,1 juta. Ini belum termasuk jajan snack sore lho ya!

Agar lebih hemat, kamu bisa mulai membawa bekal ke kantor untuk makan siang dan juga camilan di sore hari. Dengan begitu, uangmu akan aman karena nggak tergoda untuk jajan.

Selalu manfaatkan WIFI

Berapa uang yang biasa kamu keluarkan untuk membeli paket data internet setiap bulan? Dan berapa sisa kuota yang kamu miliki di akhir bulan? Kemungkinan besar, kuota kamu masih tersisa banyak karena menjamurnya jaringan WIFI yang bisa digunakan setiap hari. Sayang kan, uang yang kamu belikan untuk kuota bulanan tersebut?

Mulai sekarang, lebih baik kamu mengurangi pembelian paket data dengan memilih yang lebih hemat. Jadi, belilah kuota yang sewajarnya aja, dan manfaatkan WIFI yang ada terutama untuk melakukan hal yang akan memakan banyak kuota. Apalagi, hampir semua kantor dan tempat-tempat nongkrong sekarang memiliki WIFI sendiri. Artinya, kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk kuota dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah ada.

Bawa uang tunai dalam pecahan kecil di dompet

Yang kerap membuat orang sering menjadi impulsif dalam mengeluarkan uang adalah karena melihat ada banyak uang, serta kartu kredit di dompet.

Dengan adanya promo cicilan 0 persen serta cashback di sekeliling kita, orang akan mudah sekali tergoda untuk menggesek kartu kredit atau beli barang ini itu karena banyak uang membawa uang tunai. Ujung-ujungnya pusing sendiri karena uang habis dan tagihan kartu kredit meledak.

Karena itu, sebaiknya mulai biasakan untuk membawa yang yang secukupnya saja di dompet dan tinggalkan kartu debit atau credit card di rumah.

Langkah itu akan membuatmu tak tergoda untuk membeli barang yang nggak perlu. Ingat, kamu nggak akan bisa belanja kalau kamu nggak membawa uang!

Beli camilan yang membuat kenyang

Hal yang lumrah jika dii sore hari sekitar jam 15.00 atau 16.00 kamu sudah kembali merasa lapar. Di jam-jam ini, biasanya banyak orang di kantor sudah ribut untuk membeli snack untuk sekedar mengisi perut atau menghilangkan rasa kantuk.

Nah, daripada membeli snack yang cuma lewat sekilas di lidah tapi nggak benar-benar mengisi perut, sebaiknya beli camilan yang benar-benar mengenyangkan seperti biskuit gandum, crackers atau roti. Selain sehat, kamu juga akan lebih hemat.

Itu dia tujuh strategi menabung yang bisa kamu lakukan untuk dapat menabung setengah dari gaji. Gampang kan? Yuk, mulai terapkan kebiasaan hidup sederhana demi hidup yang nyaman di masa depan!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android