saat ini udah sangat beragam jenisnya. Kamu hanya perlu memilih mana yang paling cocok untuk rencana masa depan yang lebih baik. Biasanya, orang akan memilih menabung emas ataupun jual beli karena lebih menjanjikan. Kedua jenis inipun merupakan 2 produk yang paling sering didengar oleh orang. Tapi jangan salah! Ada banyak alternatif lainnya yang nggak kalah menarik lho!

Hal di atas didorong oleh semakin canggihnya teknologi serta semakin mudahnya informasi berkembang yang membuat sektor dunia – khususnya investasi – terkena dampak yang positif. Kini orang yang melek akan industri ini nggak hanya mereka yang sudah berumur dan memang menggelutinya dari dulu tapi juga muda-mudi generasi milenial seperti kalian.

Hal tersebut harus kita apresiasi karena artinya, angka literasi finansial masyarakat Indonesia dapat meningkat dengan pesat. Efek lainnya adalah meningkatnya taraf hidup masyarakat secara keseluruhan.

Tentu saja, kondisi seperti itu mampu memunculkan persaingan yang semakin ketat antara satu orang dengan yang lain dalam meraih keuntungan. Kalau kamu ingin mencari jenis investasi alternatif selain emas dan saham, mungkin bisa mencoba 6 hal ini yang cuannya lumayan menggiurkan.

Properti

Jenis investasi alternatif pertama paling populer yang bisa kamu coba beli adalah properti. Melihat kebutuhan tempat tinggal di kota besar yang makin banyak seiring pertumbuhan penduduk, bisnis properti bisa jadi cukup menjanjikan ke depannya. Apalagi dengan pembangunan yang sedang terjadi di seluruh negeri, kamu bisa mulai mencari properti di daerah-daerah yang siap untuk berkembang dalam beberapa tahun kedepan!

Harga rumah yang terus meningkat setiap tahunnya bisa jadi sumber kekayaan kamu dengan catatan kamu bisa menjualnya di saat yang tepat dan membelinya pada harga terbaik. Selain itu, nggak sekedar hanya bisa disimpan untuk dijual lagi, properti juga bisa digunakan sebagai tempat tinggal selama bekerja. Jadi keuntungan yang akan kamu dapatkan bisa berlipat ganda.

Tentu saja, kamu harus menyiapkan modal yang angkanya sekitar ratusan juta hingga miliaran rupiah kalau mau terjun ke investasi ini.

Tanah

Kalau kamu belum punya uang yang cukup untuk membangun atau membeli rumah bisa juga kok coba jenis investasi alternatif dalam bentuk tanah. Punya sebidang tanah keuntungannya juga lumayan besar, apalagi kalau lokasinya strategis.

Dibandingkan dengan properti, mencari pembeli untuk tanah biasanya lebih mudah karena fungsinya yang masih bisa berganti sesuai kebutuhan. Jadi nggak terpengaruh sama orang yang hanya ingin mencari tempat tinggal saja tapi bisa juga digunakan pengusaha yang ingin membangun tempat usaha.

Trading forex atau mata uang

Ketenaran trading forex memang dulu pernah melanda sebagian besar orang Indonesia yang ingin mencari keuntungan dari situasi ekonomi yang ada. Lalu, bagaimana keadaannya sekarang?

Ternyata keberadaan jenis investasi yang memanfaatkan margin mata uang ini masih lumayan banyak peminatnya lho dan tentunya menguntungkan.

Satu tips yang harus kamu perhatikan kalau mau ingin menjalani investasi trading forex yakni harus memantau kebijakan politik negara terkait yang uangnya kamu pegang. Sebab suatu saat kalau terjadi krisis kamu bakal mengalami kerugian besar. Kamu juga bisa memulainya dengan menyimpan dana di mata uang yang nilainya secara umum selalu kuat seperti Dollar Amerika.

Deposito bank

Menyimpan uang dalam jumlah dan waktu tertentu bisa menjadi investasi alternatif lainnya yang bisa dicoba. Jika kamu orangnya cukup memiliki kesabaran, maka deposito bank bisa menjadi alternatif investasi yang menarik. Bunga yang ditawarkan juga lumayan menarik, berkisar antara 4 sampai 7 persen tergantung kebijakan bank tempat kamu mendepositokan uang.

Yang perlu diperhatikan adalah, uang tersebut nggak bisa diambil dalam waktu sekitar minimal 1 tahun. Jadi sebelum memilih jenis investasi ini kamu harus pastikan segala keperluan sudah tercukupi dan mempunyai dana darurat lainnya jika sewaktu-waktu diperlukan.

Obligasi atau surat utang

Obligasi atau surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta maupun institusi negara bisa kamu jadikan sebagai investasi. Dalam kurun waktu umumnya 1 sampai 10 tahun kamu akan mendapatkan seluruh uang yang sudah dikeluarkan beserta keuntungannya dalam bentuk bunga.

Mirip seperti nilai mata uang atau trading forex, investasi surat utang atau obligasi swasta sangat bergantung pada situasi ekonomi dan politik sebuah negara.

Kalau mau aman dan untungnya pasti bertambah, kamu bisa memilih surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan negara karena sudah dilindungi oleh Undang-Undang. Artinya, keamanan investasi ini lebih terjamin.

Beberapa contohnya diantaranya adalah Surat Perbendaharaan Negara dan Obligasi Negara yang terdiri dari Obligasi Negara Ritel, Saving Bound Ritel serta Sukuk Retail.

Peer to peer lending

Jenis investasi alternatif terakhir adalah peer to peer lending (p2p lending). Bahasa sederhana dari istilah ini adalah mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan peminjam uang melalui sebuah wadah atau platform yang udah disiapkan.

Di P2P lending, keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah uang yang dipinjamkan bisa diiurkan setiap bulannya. Berbeda dengan deposito yang harus menunggu paling gak 1 tahun uang baru bisa kembali beserta bunganya. Selain itu, kamu juga berkontribusi pada perekonomian negara secara keseluruhan! Kok bisa? Karena biasanya, Uang dari pemodal pada investasi peer to peer landing akan diberikan pada pengusaha-pengusaha kecil yang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnis mereka.

Nah itulah 6 jenis investasi alternatif selain emas atau saham yang bisa kamu coba sekarang. Ada baiknya untuk mencoba berinvestasi sedini mungkin supaya hasil yang didapat bisa lebih maksimal ke depannya. Semoga sukses!

Sumber:
https://www.moneysmart.id/jenis-investasi-selain-saham-emas/

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android