Sekarang, menemukan tips hemat yang bisa kamu lakukan demi mencapai tujuan yang diinginkan dapat ditemukan dengan mudah. Ditambah dengan perkembangan zaman yang kian canggih, semakin mudah juga kamu mengumpulkan pundi-pundi kekayaan.

Dengan memiliki gaya hidup yang hemat, kamu bisa menyalurkan uangmu untuk ditabung dan juga investasi. Dengan begitu, kebebasn finansial pun akan dengan mudah kamu gapai.

Lagipula kebanyakan orang biasanya menghambur-hamburkan uang dengan belanja ini itu hanya sekedar untuk memenuhi keinginannya impulsifnya saja dan bukan atas dasar kebutuhan. Ujung-ujungnya hanya gigit jari karena sudah bertahun-tahun kerja tapi nggak juga punya tabungan apalagi aset.

Padahal di era yang semakin canggih, kamu bisa mengumpulkan uang dengan cara mudah. Misalnya aja menabung dengan mengikuti fasilitas tabungan auto debet yaitu tabungan berjangka. Di mana uang kamu secara otomatis akan ditarik oleh sistem di tanggal yang sudah ditentukan.

Kalau masih merasa berat juga mengalihkan uang dalam jumlah yang cukup besar setiap bulan tapi tetap ingin menabung, kamu bisa juga menyisihkan uangmu setiap hari sebesar Rp10 ribu atau Rp20 ribu.

Asal konsisten, jumlah uang yang bakal kamu dapatkan dalam sebulan lumayan banget lho. Misalnya, kamu menyisihkan uang Rp20 ribu setiap hari ke celengan. Maka, dalam sebulan kamu bisa mengumpulkan uang sebesar Rp20 ribu x 30 hari yaitu Rp600 ribu. Jumlah uang tersebut bisa langsung kamu alokasikan ke rekening tabunganmu atau investasi. Bisa kamu bagi 50 persen untuk tabungan dan 50 persennya lagi buat investasi.

Selain itu banyak tips hemat lainnya yang bisa kamu lakukan dengan mudah, seperti beli camilan yang bikin kenyang, memanfaatkan promo dan lainnya.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah dan justru melakukan tips hemat yang salah dan sebenarnya cuma bikin uangnya terkuras habis. Aneh kan, mengikuti tips hemat tapi malah jadi boros. Nah, berikut 5 tips yang sering bikin orang salah kaprah:

Belanja bahan makanan bulanan

Banyak orang yang memilih untuk mengeluarkan uang besar untuk menimbun bahan makanan di rumah dalam sebulan.

Namun, belanja bulanan itu hanya efektif kalau kamu yang benar-benar masak sendiri sehingga dapat mengurangi keinginan keluar uang buat jajan di luar rumah.

Tapi, kalau sekiranya kamu jarang di rumah karena pekerjaan yang padat. Sebaiknya, beli makanan seperlunya dan stok ketika memang butuh buat menghindari pemborosan uang. Misalnya daripada belanja langsung untuk sebulan, kamu bisa berbelanja bahan makanan untuk waktu 1 minggu saja. Sayang kan kalau sudah belanja banyak ternyata kadaluarsa atau kondisi makanannya sudah nggak bagus. Jadinya malah mubazir.

Memilih tidak ke dokter

Seperti yang diketahui kalau biaya berobat ke dokter itu memang nggak murah. Hal itulah yang membuat sebagian orang memilih untuk membeli beli obat warung atau malah nggak ke dokter demi penghematan.

Padahal, hal ini malah bisa berefek buruk lho. Selain berisiko terkena penyakit berbahaya, kamu juga otomatis akan mengeluarkan uang lebih besar karena penyakit yang semakin parah. Untuk itu, pentingnya kamu selalu menyisihkan uang kesehatan dalam pos pengeluaran ya. Jadi, saat sakit sudah ada persiapan uang.

Belanja saat diskon

Banyak orang yang memilih buat belanja saat ada diskon. Sayangnya, itu adalah yang klasik dan luar biasa menjebak lho.

Pasalnya belanja saat diskon hanya akan membuat kamu lepas kendali dan ujung-ujungnya justru kalap belanja. Bahkan bisa-bisa lupa sama tujuan awal ingin belanja apa saja. Kondisi tersebut justru membuat pengeluaranmu semakin nggak terkontrol.

Memilih menggunakan barang palsu

Tahukah kamu membeli barang palsu justru bikin pengeluaran kamu semakin meggelembung? Pasalnya, barang palsu itu sudah hampir pasti memiliki kualitas yang nggak sebaik seperti barang aslinya.

Misalnya kamu membeli sneakers model terbaru namun palsu seharga Rp200 ribu yang kini banyak dijual di pasaran maupun situs jual beli. Selain malu saat ketahuan barang yang kamu gunakan palsu, sepatunya juga pasti akan cepat rusak. Dengan begitu, kamu akan mengeluarkan uang lagi untuk membeli sepatu baru.

Lagipula sekarang sudah banyak merek lokal yang menawarkan harga murah dengan kualitas yang oke bagus. Ingat, murah belum tentu murahan. Jangan “memaksakan diri” atas nama gengsi padahal dompet nggak mendukung, ujung-ujungnya cuma bikin kantong semakin jebol.

Melewatkan waktu istirahat dan liburan

Tips hemat selanjutnya yang justru bisa merugikan kamu itu adalah dengan melewatkan waktu istirahat dan juga liburan, kenapa?

Kalau kamu kalau mengabaikan waktu liburan itu sama aja dengan mengundang stress yang bisa bikin kamu nggak sehat dari segi mental hingga dompet. Semakin kamu stress, semakin besar kemungkinan kamu untuk berbelanja hal-hal nggak penting karena dirasa bisa mengurangi rasa stress kamu.

Karena itu, jika ada waktu buat istirahat dan liburan manfaatkanlah sebaik mungkin. Kamu bisa pergi bersama keluarga maupun sahabat agar pikiran bisa lebih segar dan terhindar dari stress. Kamu bahkan bisa pergi liburan sendirian jika memang menginginkan ketenangan. Pikiran yang fresh bisa membuat kamu lebih fokus, nggak cuma ke pekerjaan tapi juga ke pengaturan uang.

Itu dia lima tips hemat yang sering membuat orang salah kaprah dan membuat kantong semakin jebol. Karena itu, sebaiknya terapkan cara berhemat yang tak hanya bikin dompet aman tapi kesehatan juga terjamin ya.

sumber
https://www.moneysmart.id/5-tips-hemat-yang-salah-dan-masih-dilakukan-banyak-orang/

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android