OY! para kawula muda! Kalian semua pasti tahu kalau sekolah tidak mengajarkan skill dalam mengatur keuangan pribadi. Sayangnya, kurangnya pendidikan sejak dini berakibat pada banyaknya anak muda yang sama sekali buta tentang cara mengatur keuangan dan terhindar dari lubang hutang. Untuk membantu kamu, kami memberikan 5 tips penting dalam memahami keuangan agar kamu bisa hidup dengan nyaman.

  1. Belajar mengontrol diri

Kalau kamu beruntung, orang tua kamu sudah mengajarkan kemampuan ini saat kamu masih kecil. Jika jawabannya adalah ‘tidak’, ingatlah selalu bahwa semakin cepat kamu menguasai seni menunda kepuasan pribadi dan menahan diri, semakin cepat juga kehidupan finansial kamu akan lebih tertata dengan baik. Walaupun kamu sekarang dapat dengan mudah membeli barang keinginan kamu dengan cara mencicil kapanpun kamu mau, alangkah lebih baik jika kamu menunggu sampai tabunganmu bisa membeli barang tersebut. Bayangkan, tentu kamu nggak mau kan, harus membayar bunga hanya karena membeli barang-barang yang sebetulnya bukan kebutuhan utama seperti pakaian untuk jalan-jalan?

Kalau kamu punya kebiasaan berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, terlepas kamu bisa membayar cicilannya di akhir bulan, kamu mungkin saja masih harus membayar barang belanjaan kamu satu, dua atau bahkan tiga tahun kemudian. Kalau kamu ingin menyimpan kartu kredit karena kemudahannya, pastikan kamu membayar lunas ketika tagihannya muncul dan jangan membawa kartu lebih banyak dari yang bisa kamu pantau pengeluarannya.

2. Jaga masa depan finansial kamu

Cara Menabung Modal Nikah

Jika kamu nggak belajar cara mengatur keuangan pribadi, orang lain akan menemukan cara untuk mengurusinya bagi kamu. Sayangnya, bisa saja orang-orang tersebut mempunyai maksud yang buruk – misalnya perencana keuangan yang memberikan tarif nggak masuk akal dan malah membuat kamu kehilangan uang. Atau bisa juga orang-orang yang bermaksud baik namun sebetulnya mereka sendiri nggak paham dengan apa yang mereka bicarakan – sebut saja teman tongkrongan atau anggota keluarga yang merasa paling mengerti.

Daripada bergantung pada saran orang lain, ambil alih masa depan finansial kamu dengan membaca buku-buku yang mengajarkan dasar-dasar tentang keuangan personal. Setelah mengerti dasar-dasar tersebut, dengan sendiri kamu akan bisa mengontrol diri seperti yang sudah disebutkan di atas.

3.Ketahui ke mana uang kamu pergi

Setelah kamu membaca beberapa buku mengenai keuangan pribadi, tentu kamu akan menyadari betapa pentingnya memastikan pengeluaran kamu nggak melebihi pendapatan. Cara terbaik untuk menjaganya adalah dengan membuat perencanaan keuangan atau anggaran pribadi. Ketika kamu sudah mulai melakukan berhemat dengan melakukan perubahan-perubahan kecil dari pengeluaran sehari-hari, kamu akan melihat betapa uang yang kamu dapat dari berhemat bisa serasa naik gaji!

Selain itu, dengan menjaga pengeluaran bulanan kamu tetap kecil, dalam jangka panjang uang yang kamu simpan akan menjadi besar. Tiba-tiba saja, kamu bisa membeli rumah sendiri!

4. Siapkan dana darurat

Salah satu mantra dari mengatur keuangan pribadi adalah “bayar diri kamu sendiri terlebih dahulu”. Nggak peduli berapa banyak hutang kartu kredit yang kamu punya atau serendah apapun gaji yang kamu terima, akan sangat baik kalau kamu bisa menyisihkan uang – berapapun jumlahnya – ke dalam dana darurat setiap bulannya.

Memiliki uang tabungan yang bisa digunakan dalam keadaan darurat akan sangat membantu kamu terhindar dari masalah keuangan yang muncul tiba-tiba – tentu saja juga membantu kamu tidur lebih nyenyak dong! Selain itu, kalau kamu punya kebiasaan untuk menabung dana darurat sebagai pengeluaran bulanan yang nggak bisa diganggu gugat, dalam waktu singkat kamu nggak akan hanya punya dana darurat tapi juga dana yang bisa dipakai untuk pensiun, liburan dan lain-lain!

Tapi jangan cuma disimpan dalam celengan saja! Simpan dana darurat kamu di tempat-tempat yang menguntungkan seperti deposito atau logam mulia karena kalau nggak, inflasi akan menggerus tabungan kamu.

5. Jaga kesehatan tubuh!

Kalau membayar premi asuransi kesehatan setiap bulannya terasa sangat memberatkan untuk kamu, coba bayangkan apa yang akan kamu lakukan jika tiba-tiba harus masuk rumah sakit? Penyakit yang terkesan remehpun bisa menghabiskan biaya hingga jutaan rupiah lho! Kalau kamu belum memiliki asuransi kesehatan, segera cari produk mana yang cocok untuk kamu. Ingat, kita semua nggak tahu kapan tiba-tiba harus pergi ke dokter! Selain itu, kamu juga bisa memulai hidup yang lebih sehat. Percayalah, kamu akan bersyukur nantinya ketika kamu nggak perlu membayar biaya rumah sakit yang luar biasa mahal itu.

Dari kelima hal di atas, yang perlu kamu ingat baik=baik adalah nggak butuh gelar atau latar belakang khusus untuk bisa menjadi ahli dalam mengurus keuangan pribadi. Kalau kamu bisa menguasai 5 tips di atas, kamu juga akan bisa sesukses dan hidup makmur seperti mereka yang seumur hidupnya dihabiskan untuk sekolah keuangan. Tunggu apa lagi? Atur kehidupan finansial kamu dari sekarang!

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android