Bulan Ramadan merupakan bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan, semua orang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan keimanan terhadap Allah Yang Maha Esa. Khusus di bulan Ramadan ini OY! bersama bekerja sama untuk membantu seluruh pengguna OY! dalam berbuat baik dengan cara meluncurkan fitur ‘Sedekah Ramadan’. Fitur ini memudahkan pengguna bersedekah melalui satu aplikasi.

BAZNAS atau Badan Amil Zakat Nasional merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Berikut beberapa program Ramadan yang diselenggarakan oleh BAZNAS:

Program kerjasama antara OY! dengan BAZNAS

1. Paket Ramadhan Bahagia

Pemberian paket Sembako dan perlengkapan ibadah bagi mustahik di Jabodetabek melalui pengiriman ojek online atau kunjungan langsung oleh tim BAZNAS. Sasaran penerima manfaat: 3.000 kk/pack.

Donasi: Rp300.000/paket

ISI PAKET:

  • Beras 5 Kg
  • Minyak Goreng 2 liter
  • Gula pasir 1 kg
  • Teh Celup 1 pack (25 sachet)
  • Kecap 1 botol
  • Sirup 1 botol
  • Kue Lebaran 1 toples
  • Sajadah

2. Safari Dakwah Ramadhan

Safari Dakwah merupakan perluasan objek dakwah Program Muallaf Center BAZNAS pada bulan Suci Ramadhan yang terdiri dari berbagai kegiatan yang diperuntukan bagi komunitas marjinal dan komunitas mualaf dengan menghadirkan tokoh – tokoh inspiratif.
Sasaran: 850 penerima manfaat.

Donasi: Rp80.000.000/kegiatan

  • Kajian PUNK Hijrah
  • Ramadhan Camp
  • Iftar Bersama

3. Hidangan Berkah Ramadhan

Yuk, Panjat Pahala!

Pemberian hidangan sahur dan berbuka puasa selama Bulan Ramadhan untuk para mustahik dengan hidangan yang lezat dan bergizi serta kemasan yang menarik dan multifungsi. Sasaran penerima manfaat: 10.000 orang.

Donasi Rp 50.000/box

Isi box terdiri dari:
a) Nasi.
b) Lauk.
c) Sayur.
d) Buah.
e) Air Mineral.

Takjil terdiri dari:
a) Snack.
b) Kolak.

4. Masjid Cemerlang

Kegiatan membersihkan dan renovasi kecil masjid disekitar Jakarta dalam rangka menyambut dan mempersiapkan Bulan Ramadhan bersama komunitas cinta kebersihan masjid. Sasaran: 100 masjid.

Donasi: Rp7.000.000/kegiatan bersih-bersih masjid

Bentuk kegiatan:
– Aksi bersih-bersih Masjid
– Pengecatan
– Perbaikan Sound System
– Pemberian Sarana Kebersihan

5. Khafilah Dakwah Hafidz

Kafilah Dakwah Hafidz adalah program pengiriman santri Tahfizh Sekolah Cendekia BAZNAS untuk terjun langsung di masyarakat untuk menjadi Imam sekaligus Tausiyah. Sasaran: 10 masjid terlayani.

Donasi layanan dakwah: Rp2.000.000/titik

Bentuk layanan:
– Kegiatan ibadah
– Tausyiah

6. Layanan Posko Mudik

Kegiatan memberikan layanan informasi dan penyediaan hidangan berbuka, layanan charger, menyiagakan tim kesehatan dan tempat beristirahat yang nyaman bagi para pemudik yang melakukan aktivitas rutin tahunan agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman.
Sasaran: 3 lokasi layanan.

Donasi: Rp50.000.000/layanan

Bentuk kegiatan:
– Layanan Informasi
– Layanan Kesehatan
– Layanan Charger
– Layanan Hidangan

7. Sehat Ceria Ramadhan

Kegiatan layanan kesehatan berupa pengobatan massal, penyuluhan kesehatan dan penyediaan paket gizi bagi mustahik di Jabodetabek. Sasaran: 100.000 penerima manfaat.

Donasi teras sehat: Rp2.000.000/kegiatan

Bentuk kegiatan:
– Pengobatan gratis
– Cek kesehatan gratis
– Penyuluhan gratis

8. Wirausaha Muda Millenial

Kegiatan training kewirausahaan, workshop pembuatan produk, dan pameran produk santri Sekolah Cendekia BAZNAS dan warga sekitar. Sasaran: Rp30.000.000/kegiatan

Bentuk kegiatan:
– Training
– Workshop dan pembuatan produk
– Pameran produk

Kerjasama antara OY! dengan BAZNAS

Nah itu dia penjelasan program Ramadan dari BAZNAS. Yuk, buat Ramadanmu semakin berkah dengan mengulurkan tangan untuk mereka yang membutuhkan melalui OY! dan BAZNAS. Download OY! sekarang di sini.

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android