Blog OY! Indonesia

5 Jenis Tabungan Masa Depan yang Wajib Dimiliki

Memiliki masa depan sudah harus kamu rencanakan sejak dini. Masalahnya, banyak orang yang belum sadar betapa pentingnya memiliki tersebut. Alhasil, kamu hanya mengandalkan uang gaji dan kesulitan ekonomi di masa tua. 

Sebagian orang mungkin akan menyisihkan sekitar 10% sampai dengan 20% persen dari penghasilan untuk ditabung. Akan tetapi, sejauh ini belum ada standar baku atau perhitungan tertentu terkait hal itu. Kamu bisa menggunakan metode alokasi dana sesuai kebutuhanmu. 

Misalnya penghasilan per bulan Rp5.000.000. Kamu masih boleh menabung sebanyak Rp500.000 saja, karena ada cicilan dan keperluan lainnya. Lebih baik menabung walau sedikit dibanding nggak sama sekali.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan tabungan masa depan untuk menjamin kenyamanan hidup di masa depan. Berikut beberapa rekomendasi dan jenis tabungan masa depan yang wajib kamu miliki. 

Menyisihkan uang untuk tabungan

Salah satu jenis tabungan yang harus kamu punya adalah dana darurat. Tabungan jenis ini mungkin jarang diingat banyak orang, karena jarang yang memiliki. Padahal dama darurat sangat membantu saat kamu menghadapi situasi mendesak seperti untuk berobat atau tiba-tiba kena PHK.

Untuk jenis tabungan ini sebaiknya kamu menyisihkan lebih banyak dari jumlah uang yang akan ditabung. Misalnya dalam sebulan kamu hanya bisa menabung minimal 10% dari gaji utamamu. Sedangkan untuk tabungan dana darurat seenggaknya kamu harus menyisihkan sebesar 5% dari gajimu. Jadi, kamu tetap memiliki cadangan.

Menabung untuk

Salah satu tabungan yang harus kamu miliki adalah dana untuk pensiun. Tabungan pensiun bisa menjadi jaminan kamu di masa tua, ketika usia sudah nggak lagi produktif. Kamu dapat membuka tabungan pensiun sejak dini, supaya nggak memiliki masalah ekonomi kelak.

Sebelum membuka rekening tabungan pensiun, kamu sebaiknya sudah menghitung berapa jumlah dana yang akan dibutuhkan ketika pensiun nanti. Kamu harus memperhitungkan nominal uang yang selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya, sehingga tabungan tetap aman hingga hari tua nanti.

Jangan hanya mengandalkan uang dari BPJS Ketenagakerjaan, karena jumlah uang yang nggak seberapa belum tentu bisa menjamin kamu ketika tua kelak. Kamu juga harus mempersiapkan dana pensiun mandiri dengan jumlah yang lebih besar daripada BPJS Ketenagakerjaan dari uang gaji kamu tiap bulannya.

Tabungan untuk dana cicilan

Semakin meningkatnya kebutuhan hidup, kamu kadang membutuhkan kartu kredit untuk cicilan. Namun, bukan berarti kamu bisa memanfaatkan kartu tersebut untuk belanja hal yang nggak penting. Penggunaan kartu kredit sebaiknya digunakan untuk membeli kebutuhan yang memang mahal, seperti rumah atau apartemen.

Tabungan untuk dana cicilan dibutuhkan untuk membayarkan semua kewajibanmu. Masalanya jika uang tersebut nggak dipisah, maka bisa mengganggu siklus keuanganmu. Bahkan, tabungan utama yang harus nya menjadi simpanan justru terpakai untuk membayarkan utang.

Itulah sebabnya kamu disarankan untuk memiliki tabungan dana cicilan yang terpisah dengan lainnya, sehingga nggak mengganggu. Kamu bisa menyisihkan sedikit gaji kamu untuk memasukkannya di dalam tabungan ini. Kamu juga harus membiasakan diri untuk membayar utang setiap bulannya secara rutin, supaya nggak mendapatkan denda dan bunga tambahan yang semakin besar.

Tabungan jangka pendek

Bukan hanya tabungan jangka panjang yang kamu perlukan, tetapi tabungan jangka pendek juga wajib kamu miliki. Tabungan jangka pendek bermanfaat untuk membeli beberapa perlengkapan kamu dalam waktu dekat. Kamu bisa memberikan beberapa planning untuk tabungan jangka pendek ini. 

Misalnya kamu ingin kembali kuliah, artinya kamu bisa menabung selama satu tahun secara konsisten dan disiplin, supaya cita-cita tersebut terwujud. Kemudian kamu dapat mencairkan tabungan jangka pendek tersebut untuk membayar kuliah setelah satu tahun. Jadi, tabungan jangka pendek, sebaiknya harus memiliki tujuan jelas, supaya nggak terbuang sia-sia.

Tabungan untuk liburan

Kamu pasti membutuhkan liburan, bukan? Oleh karena itu, biasakan diri untuk memiliki tabungan untuk liburan. Nggak ada salahnya menyisihkan uang sedikit demi sedikit untuk memanjakan dirimu. Kamu sebaiknya membeli pesawat dari jauh hari, supaya bisa mendapatkan harga terbaik dan lebih murah.

Selanjutnya uang tersebut bisa kamu gunakan untuk liburan ke destinasi wisata yang kamu inginkan. Kamu sebaiknya memesan hotel melalui online supaya mendapatkan harga murah dan nggak menguras tabungan. Sehingga uang tabungan liburan yang kamu tabung bisa kamu gunakan secara maksimal ketika pergi nanti.

Semua jenis tabungan masa depan di atas sangat penting kamu miliki supaya bisa hidup lebih teratur dengan kondisi ekonomi stabil.