Buat kamu yang sudah bekerja pastinya kepengin rajin dan memiliki tabungan yang cukup demi memenuhi target finansial di masa mendatang. Namun sayangnya, keinginan tersebut seringkali nggak didukung dengan komitmen yang tinggi dan pada akhirnya hanya menjadi angan-angan semata.

Saat ini, kebanyakan masyarakat terutama kalangan muda nyatanya lebih banyak menghabiskan uang gajinya untuk memenuhi tren gaya hidup yang sangat identik dengan hidup boros. Padahal, menyisihkan sebagian penghasilan di tiap bulannya adalah modal utama untuk mapan secara finansial di masa depan.

Nah, kalau sampai saat ini kamu masih susah untuk menabung, coba, deh, targetkan jumlah uang yang ingin kamu sisihkan tiap bulannya, misalnya Rp1 juta per bulan. Tenang, nggak susah, kok. Mau tahu cara mudah menabung Rp1 juta per bulan? Yuk, simak caranya di bawah ini!

Sisihkan di awal

Gajian itu adalah momen saat seseorang merasa tajir mendadak. Nah, momen seperti inilah yang membuat mereka langsung kepengin jalan-jalan ke mall untuk sekadar makan di restoran mahal atau berbelanja. Memang paling enak pegang punya uang banyak, tapi jangan sampai kamu lantas hambur-hamburkan uang untuk hal yang percuma.

Biar kamu nggak miskin mendadak di tengah bulan tanpa adanya tabungan, sebaiknya langsung sisihkan uang sebesar Rp1 juta saat gajian. Supaya sukses, kamu harus punya rekening yang khusus diperuntukkan untuk tabungan.

Usahakan agar rekening tersebut nggak diganggu gugat, ya.
Kamu mungkin akan merasa berat di awal-awal menabung, tapi lama-lama kamu akan terbiasa dengan cara ini. Nah, dengan begitu, kamu juga jadi bisa berhemat, kan?

Naik transportasi umum

Cara Nabung Rp1 Juta Tiap Bulan

Kalau kamu terbiasa naik kendaraan pribadi, coba mulai ganti kebiasaan tersebut dengan naik transportasi umum. Mengubah kebiasaan ini memang nggak semudah yang dibayangkan karena banyak orang yang nggak mau ribet menunggu lama atau bahkan berdesak-desakan saat berada di dalam transportasi umum pada jam-jam sibuk.

Selama kamu mengetahui triknya, kamu bisa, kok, menikmati momen naik transportasi umum. Misalnya, jalan lebih pagi. Selain nggak perlu buru-buru, naik kendaraan umum juga bisa menghemat pengeluaran karena tanpa disadari uang bensin dan uang parkir bisa menguras kantong yang cukup besar, apalagi kalau jalanan sedang macet. Lagipula, naik kendaraan pribadi akan membuatmu lebih mudah capek.

Kurangi kebiasaan nongkrong di kafe

Cara Nabung Rp1 Juta Tiap Bulan

Nongkrong di kafe memang boleh-boleh saja, malah perlu untuk mempererat tari silaturahmi atau sekadar melepas penat setelah berkutat dengan pekerjaan kantor. Namun, jangan melulu dilakukan karena dapat merugikan dirimu sendiri.

Kalau pun kepengin nongkrong dengan teman atau saudara, cobalah pilih tempat yang tidak mengeluarkan biaya besar. Tips lainnya, kamu bisa menyiasatinya dengan membawa botol minum atau makan di rumah sebelum pergi ke kafe. Dengan begini, kamu nggak akan boros dan impian menabung Rp1 juta per bulan bisa terwujud.

Bawa bekal ke kantor

Cara Nabung Rp1 Juta Tiap Bulan

Beberapa kantor memang nggak menyediakan makan siang sehingga mau nggak mau setiap karyawannya harus membeli makan siangnya sendiri. Biasanya, rata-rata harga makanan yang dijual di sekitar perkantoran dibanderol dengan harga mulai dari Rp20 ribuan.

Nah, kalau dihitung-hitung, dalam satu bulan kamu bisa menghabiskan uang kurang lebih setengah juta hanya dari makan siang. Kalau mau menabung Rp1 juta tiap bulannya, mulailah membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Percayalah, membawa bekal saat ke kantor atau bepergian akan menghemat pengeluaranmu. Selain lebih hemat, makanan yang dimasak sendiri juga lebih terjamin kesehatan serta nilai gizinya.

Konsisten dan tekadkan niat

Cara Nabung Rp1 Juta Tiap Bulan

Menabung memang terdengar sebagai langkah yang mudah tapi ternyata sangat sulit dilakukan ketika mulai menjalaninya. Apalagi dengan tren gaya hidup saat ini yang kebanyakan orang lebih senang untuk jajan es kopi susu setiap harinya akibat rasa ingin diakui di lingkungan sosialnya.

Kalau kamu benar-benar ingin mencapai impianmu menjadi seseorang yang mapan di masa depan, cobalah untuk mengubah gaya hidup boros dengan membuang rasa gengsi tersebut. Ingatlah, kegiatan menabung yang kamu lakukan ini adalah untuk masa depanmu sendiri.

Jadi, sudah siap nabung Rp1 juta setiap bulannya?

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android