Naik gaji! Yay! Mendapatkan kenaikan gaji, baik itu dikarenakan promosi jabatan atau memang ada penyesuaian gaji adalah suatu hal yang perlu dirayakan. Terlebih lagi jika kenaikan tersebut lebih besar daripada jumlah kenaikan gaji pada umumnya yang biasanya hanya ada di kisaran 10 persen saja.

Nah, daripada uang tersebut dihambur-hamburkan, lebih baik uangnya dimanfaatkan untuk hal-hal yang jauh lebih berguna. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika mendapatkan kenaikan gaji yang tinggi.

Tetapkan budget atau anggaran baru

Setelah mendapatkan kenaikan gaji, kamu mungkin tergoda untuk segera menggunakan uang tersebut untuk membeli keperluan sehari-hari yang lebih baik. Misalnya seperti menyewa apartemen yang lebih bagus, luas dan dekat dengan pusat kota, lebih sering nongkrong dan makan di restoran mahal atau mungkin membeli mobil baru.

Tapi sebelum kamu membelanjakan uang tambahan yang baru saja kamu dapatkan, sebaiknya kamu membuat perencanaan anggaran terlebih dahulu berdasarkan jumlah gaji yang bertambah. Hitung uang tambahan yang kamu dapatkan dan tentukan berapa banyak yang bisa kamu gunakan untuk keperluan-keperluan tambahan.

Gunakan uang tambahan tersebut untuk menutup kekurangan kamu

Memiliki uang tambahan memberikan kamu kesempatan yang tepat untuk mengurangi serta menambal segala kekurangan finansial yang ada. Oleh karena itu, cari dan tentukan pengeluaran apa saja yang selama ini dirasa masih kurang maksimal untuk ditutupi.

Misalnya, tabungan dana darurat kamu – yang seharusnya sejumlah minimal 6 bulan pengeluaran bulanan kamu – masih kurang dari angka minimal tersebut, maka kamu bisa menggunakan uang dari penambahan gaji tersebut untuk mengejar ketertinggalan dari dana darurat.

Nah, kalau kamu sudah memiliki dana darurat yang cukup, cek kembali apakah kamu masih memiliki utang, baik utang pribadi ataupun ccicilan. Gunakan uang ekstra yang kamu miliki untuk membayar lunas utang yang kamu miliki jika memungkinkan agar kamu bisa nggak perlu terlalu lama menghabiskan waktu membayar bunga dari utang tersebut.

Perbesar dana pensiun kamu

Kenaikan gaji adalah saat yang tepat untuk menambahkan kontribusi bulanan terhadap dana pensiun yang kamu miliki. Bila dana tabungan kamu diatur oleh perusahaan tempat kamu bekerja, kamu bisa membicarakannya dengan bagian HRD agar menyisihkan nominal yang lebih besar setiap bulannya.

Kalau kamu memiliki tabungan pensiun sendiri, nggak ada salahnya juga kamu menyisihkan sebagian penambahan gaji yang kamu terima untuk dana pensiun. Ingat, uang yang kamu sisihkan mungkin terlihat kecil namun uang tersebut akan menjadi besar ketika didiamkan selama 20 tahun lebih. Jangan lupa, taruh dana pensiun kamu di yang bisa memberikan bunga lebih besar dari inflasi setiap tahunnya ya!

Kembangkan diri kamu!

Kemungkinan besar, kamu mendapatkan kenaikan gaji bukan tanpa sebab. Perusahaan tempat kamu bekerja pasti melihat potensi pada diri kamu dan merasa kamu pantas mendapatkan kenaikan gaji tersebut.

Sekarang, setelah kamu mendapatkan uang tambahan setiap bulannya, gunakan uang tersebut untuk investasi agar kamu bisa mendapatkan kenaikan gaji lebih tinggi di masa mendatang. Ikuti berbagai kursus atau kelas yang banyak tersedia, baik offline maupun online. Dengan mendapatkan pengetahuan serta kemampuan baru, maka kamu akan memiliki kesempatan besar untuk kembali mendapatkan kenaikan gaji lagi. Selain itu, pengetahuan yang kamu dapatkan nggak akan pernah hilang dan bisa digunakan di mana saja!

Investasikan uang yang kamu dapat!

Kalau kamu memiliki kemampuan mengatur uang yang baik, kemungkinan besar ketika mendapatkan kenaikan gaji maka kamu sudah tahu akan dibagi untuk apa saja penambahan uang tersebut.

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian untuk membeli produk-produk investasi! Agar nggak terbuang dengan percuma dan memastikan kamu memiliki masa depan finansial yang aman, maka memiliki produk investasi merupakan suatu keharusan, apalagi sekarang kamu memiliki uang ekstra.

Untuk jenis produk investasinya sendiri, kamu bebas menentukan mau mengambil yang mana. Bisa dimulai dari reksadana, pasar uang, saham hingga bisnis properti. Yang terpenting, jangan biarkan uang kamu terbuang dengan percuma ya!

Dengan mengikuti beberapa langkah mudah seperti yang sudah disebutkan di atas, maka kamu sudah memaksimalkan pendapatan yang kamu terima yang dengan sendirinya akan menjamin keamanan finansial kamu!

sumber: https://medium.com/the-motley-fool/got-a-big-raise-make-these-4-money-moves-the-motley-fool-f2fcaeb67c60

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android