Dengan berkembangnya teknologi, melakukan kebaikan kini lebih mudah dan simpel, termasuk dalam hal berkurban. Hanya melalui smartphone saja kamu bisa berkurban, membantu orang yang membutuhkan, sedekah dan lain sebagainya. Jika dibandingkan jaman dahulu, untuk melakukan kebaikan saja seseorang harus mencari sendiri siapa yang ingin dibantu dan menyalurkan bantuan secara mandiri, nah sekarang jauh lebih mudah dikarenakan terbantu oleh lembaga bantuan dan kemajuan teknologi.

Ngomong-ngomong soal kurban, keadaan ekonomi yang terus berubah sering kali membuat niat untuk berkurban seseorang menjadi terhambat. Alasan utamanya dikarenakan harga hewan kurban selalu melambung tinggi setiap tahunnya. Hal ini membuat Global Qurban dan ACT (Aksi Cepat Tanggap) tergerak untuk membuat sebuah program yang bernama Qurban Progresif.

Qurban Progresif ini bisa memudahkan seluruh umat Islam yang memiliki niat mulia untuk berkurban karena program ini mengharuskan seseorang membeli hewan kurban lebih awal dengan harga lebih ringan.

Penasaran gimana caranya untuk ikut serta dalam Qurban Progresif? Simak syarat dan ketentuan mengikuti program Qurban Progresif berikut ini:

  1. Siapkan dana sesuai harga qurban progresif bulan November 2019 sebesar Rp1.250.000
  2. Klik link pembayaran berikut ini
  3. Klik Lanjut ke Pembayaran
  4. Masukkan nama lengkap kamu atau atas nama kurban yang diniatkan (hal ini untuk mempermudah ACT menyalurkan dana qurban ke penerima yang berhak atas qurban kamu)
  5. Masukkan nomor telepon kamu atau seseorang yang ingin kamu belikan hewan kurban (hal ini untuk mempermudah ACT menyalurkan dana qurban ke penerima yang berhak atas qurban kamu)
  6. Masukkan deskripsi terkait kurban kamu secara jelas dan detail. Jangan lupa untuk cantumkan alamat email yang berguna bagi tim ACT mengirimkan laporan kurban. (Contoh: Qurban Progresif untuk Arini S. alamat email arini: arinis@gmail.com)
  7. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan
  8. Ingat! Nominal kurban harus sesuai harga Qurban Progresif bulan November yaitu Rp1.250.000
  9. Ikuti petunjuk pembayaran selanjutnya
  10. Harga sudah termasuk biaya operasional : sosialisasi, penyediaan hewan, pemotongan, distribusi, dokumentasi dan pelaporan.
  11. Global Qurban berwenang menentukan wilayah prioritas distribusi, baik di dalam maupun di luar negeri.
  12. Global Qurban berwenang mengkonversi 1/7 Sapi menjadi Kambing disesuaikan dgn ketersediaan hewan qurban di lokasi pemotongan dan distribusi.
  13. Qurban anda akan dipotong dan didistribusikan pada Hari Raya Idul Adha atau hari Tasyrik 1441 H/2020.
  14. Kamu akan mendapatkan Sertifikat Pembelian Qurban akan dikirimkan ke alamat rumah sebagai bukti bahwa Anda terdaftar sebagai pequrban 2020 di Global Qurban.
  15. Kamu akan menerima laporan dari Global Qurban berupa :
    – Laporan Pemotongan dan Distribusi melalui SMS, diberikan sesaat setelah hewan Qurban kamu dipotong dan didistribusikan.
    – Laporan lengkap melalui email atau hard copy berupa : Foto hewan Qurban kamu setelah dipotong, Foto distribusi daging Qurban dilengkapi Profil wilayah dimana Qurban anda didistribusikan dan Testimoni penerima manfaatnya serta QR code yang menggambarkan video pendistribusian daging Qurban secara umum, maksimal 30 hari setelah hari tasyrik terakhir.

Sekilas Mengenai Aksi Cepat Tanggap

Tanggal 21 April 2005, Aksi Cepat Tanggap (ACT) secara resmi diluncurkan secara hukum sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. Untuk memperluas karya, ACT mengembangkan aktivitasnya, mulai dari kegiatan tanggap darurat, kemudian mengembangkan kegiatannya ke program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf.

ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR). Sebagai bagian dari akuntabilitas keuangannya ACT secara rutin memberikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik kepada donatur dan pemangku kepentingan lainnya, serta mempublikasikannya melalui media massa.

Aksi Cepat Tanggap

Sejak tahun 2012 ACT mentransformasi dirinya menjadi sebuah lembaga kemanusiaan global, dengan jangkauan aktivitas yang lebih luas. Pada skala lokal, ACT mengembangkan jejaring ke semua provinsi baik dalam bentuk jaringan relawan dalam wadah MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) maupun dalam bentuk jaringan kantor cabang ACT. Jangkauan aktivitas program sekarang sudah sampai ke 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Pada skala global, ACT mengembangkan jejaring dalam bentuk representative person sampai menyiapkan kantor ACT di luar negeri. Jangkauan aktivitas program global sudah sampai ke 22 Negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, Afrika, Indocina dan Eropa Timur. Wilayah kerja ACT di skala global diawali dengan kiprah dalam setiap tragedi kemanusiaan di berbagai belahan dunia seperti bencana alam, kelaparan dan kekeringan, konflik dan peperangan, termasuk penindasan terhadap kelompok minoritas berbagai negara.

Dengan spirit kolaborasi kemanusiaan, ACT mengajak semua elemen masyarakat dan lembaga kemanusiaan untuk terlibat bersama. Berbekal pengalaman selama puluhan tahun di dunia kemanusiaan, kami melakukan edukasi bersama, membuka jaringan kemitraan global yang menjadi sarana kebersamaan. Semua program global ACT menjadi sarana merajut kemitraan berbagai lembaga amil zakat, komunitas peduli, artis dan publik figur yang memiliki visi yang sama untuk kemanusiaan.

Tahun 2014 menjadi awal bagi ACT untuk menjalin kolaborasi kemanusiaan dunia, bersamaan dengan visi baru: menjadi lembaga kemanusiaan global profesional, berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global, kami inginmewujudkan peradaban dunia yang lebih baik. Menghadirkan sebuah dunia yang nyaman bagi umat manusia, dunia beradab dan memiliki peradaban mulia di bawah naungan cahaya ilahi. Cita-cita ini akan menjadi nyata dengan keterlibatan semua pihak.

Download aplikasi OY!

OY! Indonesia untuk Android